Kampanye Gemar Membaca


Kampanye Gemar Membaca

Apa itu Membaca ?
Membaca merupakan kegiatan melihat serta memahami isi/materi dari apa yang ada dan yang tertulis di dalam suatu buku, maupun dokumen-dokumen tertulis.
Membaca itu Penting!
Membaca itu penting, khususnya bagi adik-adik semua, sebagai seorang pelajar kita wajib rajin rajin dalam membaca, entah itu membaca materi pelajaran, buku, majalah pendidikan, ensiklopedia, dan sebagainya.

Membaca itu sangat penting, karena membaca bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita. Membaca juga bisa menambah pengetahuan dan ilmu-ilmu yang tak kita dapat dari sekolah, tergantung dengan seberapa banyak buku dan jenis buku apa yang kita baca.
Alangkah baiknya ketika kita Membaca, kita mampu memilih waktu yang tepat. Hal ini dilakukan agar materi yang ada dalam bahan bacaan mampu diserap dan dipahami secara maksimal oleh kita. Buku adalah jendela dunia, jadi perbanyak-banyaklah kita buat membaca buku-buku pengetahuan. Karena semakin banyak kita membaca buku, maka semakin banyak pula pengetahuan dan wawasan yang kita miliki.

Adapun waktu yang efektif dalam membaca, antara lain :
1) Di waktu pagi hari, setelah shalat shubuh.
            Waktu yang paling efektif untuk membaca adalah setelah shalat shubuh, karena pada saat pagi hari otak kita masih dalam keadaan bugar dan segar sehingga akan dengan mudah memahami materi pelajaran yang kita baca dan kita peroleh dari bapak/ibu guru maupun memahami materi yang ada dalam buku yang kita baca.
2) Di waktu luang,
Seperti di saat istirahat, saat jam pelajaran kosong, maupun waktu kosong ketika sedang di rumah. Alangkah baiknya kalo kita memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan yang bermanfaat, seperti membaca buku-buku pelajaran, daripada hanya untuk main-main, dan bersenda gurau. Ibarat kata sambil menyelam minum air, sambil mengisi waktu luang sambil menambah wawasan kita dengan membaca.
3) Waktu menjelang mau tidur di malam hari
            Waktu menjelang tidur pada malam hari dapat kita manfaatkan untuk membaca dan mengingat lagi pelajaran yang sudah kita terima hari ini. Hal ini bermanfaat untuk mencegah agar kita tidak mudah lupa dengan materi yang telah diberikan oleh bapak/ibu guru kepada kita.
Jadikanlah membaca sebagai kebiasaan, karena membaca itu banyak sekali manfaatnya bagi diri kita sendiri. Membaca itu menyenangkan! J 

Manfaat Membaca
Manfaat yang kita peroleh dari membaca buku-buku materi, pelajaran, maupun ensiklopedi sangat banyak, antara lain :
  1. Membaca mampu menambah pengetahuan dan wawasan kita.
  1. Membaca mampu membuka pola pikir kita agar berpikir maju, cerdas, dan kreatif.
  2. Membaca memudahkan kita untuk memahami materi-materi pelajaran yang telah kita terima dari bapak dan ibu guru di sekolah, dan lain lain.

Biasakanlah membaca, karena membaca itu menyenangkan J



Comments

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Politik Kekerabatan : Studi Kasus Politik Dinasti di Indonesia