Posts

Showing posts from January, 2014

Randomization

Image
(Kata-kata di bawah ini saya kutip dari berbagai macam lagu)
(Kata-kata di bawah ini adalah murni sebuah kutipan lirik lagu yang akan saya rangkai dan akan saya jadikan sebuah cerita)
(Cerita tak penting namun penting)
(Cerita tentang sebuah cerita seseorang dengan sebuah fenomena di belakangnya)
(Seseorang yang tak jelas, tetapi sangat berpengaruh dalam ketidakjelasan)
(Ketidakjelasan yang semakin nyata dengan tingkah polah acak yang menjadi ciri khas hidupnya)

(Ilmu acak menurut para ilmuwan Uganda disebut ilmu "Randomisasi")
(Randomisasi, saya persembahkan sebuah Randomisasi atau Randomization)

Romansa Di Penghujung Januari

Sekuntum senyum mengembang dalam aliran rasa Rahasia apa yang diam dalam deburan Saat kau seperti kijang mas Meloncat-loncat di hadapanku Hendak kutangkap Lalu lenyap
Kusimpan wujudmu dari sepi ke sepi Kutoreh hatimu dengan pisau naluri Kuraih tanpa kata Diammu sendu Hangatmu rindu
Merengkuh mentari menawan sepi Diam tanpamu seorang diri Hanya bisa tertawa Tertawa dalam sebuah elegi

Mendung mana yang tak malu Malu melihat cahaya pesonamu Pesona yang membawa duka di hatiku Hatiku yang tak pernah jemu menyapa bayangmu

Engkau bagaikan fatamorgana Yang indah dengan sinar merona Merona seolah berkata Dekatilah aku, tangkap aku Aku mendekat, engkau pun lenyap

Seputar Ask.fm

Image
"Ask.fm? apa itu ask.fm?" mungkin sebagian anak muda jaman sekarang belum terlalu kenal dengan yang namanya ask.fm atau justru sudah kenal, atau malah sudah kenal dekat dengan dia? oke dah, untuk yang belum kenal dengan apa itu ask.fm mari ikuti penuturan ahli ngasal ngomong, iya ngomong doang ahlinya, yang lain? kagak ada guna #ngenes -_-
Ask.fm adalah sebuah akun media jejaring sosial terbaru yang isinya cuma kepo-meng-kepo orang. Ask.fm saat ini mulai digemari di kalangan anak muda, khususnya ABG-ABG labil yang butuh asupan kasih sayang dan sukanya ngepoin orang. Nah ask.fm disini adalah sebuah akun yang sukanya bertanya kepada seluruh pengguna ask.fm tapi yang jadi keunikan disini adalah fitur anonim. Maksudnya, fitur anonim itu fungsinya sebagai kamuflase biar si penanya (kepo'er) tidak ketahuan siapa identitasnya dan tidak juga menampilkan namanya seperti yang ada di twitter. Itulah salah satu keunikannya, dan mungkin beberapa tahun kemudian media jejaring sosial i…

Kelakuan Ketika Gempa

Terkadang ketika terjadi sesuatu hal yang menggemparkan dikata jauh lebih baik kalo dilakukan terlebih dahulu dengan cara yang terbaru, update status misalnya. Iya, update status. Misal seperti kejadian akhir pekan, tepatnya di hari sabtu (25 Januari 2014). Kala itu daerah Jawa Tengah, khususnya wilayah pantai selatan dilanda gempa yang cukup kuat, dengan kekuatan 6,5 Skala Richter. Cukup kuat untuk merobohkan dinding. Dan ketika terjadi gempa bumi harusnya hal pertama yang dilakukan adalah dengan cepat-cepat menyelamatkan diri, iya menyelamatkan diri. Tapi itu dulu, kalo sekarang lain lagi. Ketika terjadi gempa bumi hal pertama yang dilakukan oleh orang-orang khususnya anak muda jaman sekarang, itu cuma satu: Update Status. Iya, update status di semua media sosial yang dia punya, baik itu lewat BBM, Whatsapp, Line, Facebook, Twitter, bahkan Friendster (oke ini mungkin termasuk orang ketinggalan jaman). Menggelikan memang, ketika nyawa dipertaruhkan demi sekeping status tak bermakna …

Hidup Adalah Cobaan

Hidup adalah cobaan, ya seperti judul tulisanku hari ini, Hidup adalah cobaan. Ungkapan ini ada benarnya juga, karena selama proses kehidupan, kita tak pernah lepas dari yang namanya cobaan, cobaan hidup. Cobaan hidup datang silih berganti, ibarat kata peribahasa mati satu tumbuh seribu, ya begitulah dan ini akan terus berlangsung selama kita hidup di dunia ini.         Kita sebagai manusia, tidak mampu menghindar dari yang namanya cobaan. Selalu saja cobaan itu datang dari arah yang tak pernah kita duga. Cobaan tak selalu berupa kesedihan, kemalangan, ataupun permasalahan, bahkan kegembiraan, kesenangan, maupun kemakmuran bisa juga disebut dengan cobaan, cobaan hidup.         Tidak ada satu pun dari kita yang mampu menghalangi ataupun mencegah datangnya cobaan. Dalam setiap menghadapi setiap cobaan yang datang, haruslah kita memiliki kesabaran ekstra, kesabaran yang berakar kuat di dalam keyakinan, dan keimanan kepada-NYA. Kesabaran membuat kita mampu berfikir secara jernih dan mengh…

Celotehan Hari Ini

Terkadang, saat kita memandang sesuatu secara sekilas dan menciptakan persepsi secara sepihak, kita memang nggak bakal tau sepenuhnya akan hal itu. Sampai saatnya kita benar-benar berinteraksi secara langsung sehingga kita benar-benar mengenalinya. Terkadang dalam hidup kita memandang sebuah persamaan itu adalah hal yang penting dan mendasar, termasuk dalam menyikapi kesamaan dalam suatu hubungan percintaan. Mungkin banyak yang mengira, awal dari sebuah hubungan yang langgeng itu adalah pasangan yang memiliki banyak kesamaan, kesamaan baik dalam hal karakter, minat, gender dan sebagainya. Tapi, tahukah kalian ? sebuah hubungan yang didasari dengan banyak kesamaan itu menyenangkan, menyenangkan pada awalnya. Tapi saat segala kesamaan itu menjadi konsumsi sehari-hari, maka hubungan itu akan menjadi sangat membosankan karena tidak adanya perbedaan yang membuat hari-hari menjadi lebih variatif. Terkadang Cinta itu seperti sihir, yang bisa merubah sesuatu yang nggak mungkin menjadi mungkin.…

Panggil Aku, Si Pembuat masalah!

Paris, 12 Oktober 1897
Aku salah apa?! Terlahir sebagai seorang cacat, tanpa kedua kaki. Terlahir dari sebuah keluarga berpola pikir primitif. Yang hanya memandang kesempurnaan dari segi tampilan. Aku hanyalah seorang lelaki yang mempunyai ribuan kelemahan, dan sebuah kelebihan, membuat masalah. Iya, itulah kelebihan yang aku punya. Keluargaku memandangku sebagai sebuah tragedi, tragedi keluarga. Keluargaku menganggapku sebagai sampah, sampah keluarga. Sampah yang hanya bisa membuat kotor citra keluargaku. Aku dicampakkan, dan tak ada yang peduli. Bagai ungkapan mati enggan hidup pun sungkan, itulah aku. Sejak kecil sudah terbiasa akan terpaan hawa dingin malam, dan teriknya mentari siang. Terkadang, di kala hujan yang bisa ku lakukan cuma satu berteduh di pepustakaan tua. Perpustakaan tua, dengan seorang nenek baik hati yang menjadi penjaganya. Baik hati karena mengijinkanku tuk tinggal sebentar tuk sekedar mencari selamat dari percikan hujan. Aku yang terlahir dengan ribuan kelemahan h…

Celotehan Kemarin Malam

Menjadi pintar tak hanya pintar bicara dan berteori, buat apa mengaku pintar kalo karya tak pasti ?

Lebih baik mengaku tak pintar, tak pintar dalam teori tapi dunia mengakui dan mengapresiasi karya yang telah dibuatnya.

Membicarakan kepintaraan seseorang memang tak akan ada habisnya. Mereka dengan bangga membicarakan kepintaran dengan menjatuhkan orang lain.

Mencari di atas rerumputan ibarat mengayuh dalam riak. Tak berbekas tanpa arah. Hanya tersisa cuma jejak, jejak yang terpetak. Masa Lalu.

Ah aku memang tak pintar dalam merangkai cinta. Jangankan merangkai cinta, merangkai kata pun terkadang aku masih terbata-bata.

Memang benar, terkadang malam adalah pelampiasan yang tepat untuk menghapus kekecewaan akan pagi. Pagi yang terlalu cepat pergi.

Mana yang benar, dan mana yang salah. Itu bukan jadi masalah. Yang jadi masalah adalah ketika kamu tak bisa membedakan bedanya.

Malam dan pagi, tak akan pernah menyatu. Bagaikan rindu di atas jerami, jerami yang terkobar bara api.

Lilin membantuku ter…

Banjir!

Akhir-akhir ini berita banjir Jakarta sedang membanjiri halaman depan berbagai berita, baik berita koran, maupun berita televisi. Kalo kita membicarakan kota Jakarta, hal pertama yang muncul di benak kita adalah MACET, kemudian diikuti masalah BANJIR, iya banjir. Dan, untuk tulisan ini yang akan saya bahas adalah masalah Banjir.           Bagi kota Jakarta, banjir adalah masalah klasik. Masalah klasik dari tahun ke tahun yang tak kunjung terselesaikan justru semakin parah. Berganti-ganti gubernur yang memimpin Jakarta, dan berganti-ganti pula kebijakan yang dikeluarkan untuk menangani masalah banjir. Namun hasilnya, masih belum memuaskan. Selalu saja, setiap datang hujan deras ah jangankan hujan deras, hujan gerimis saja bisa membuat Jakarta menjadi banjir. Sebegitu rumitkah masalah banjir, sampai-sampai tak kunjung bisa terselesaikan?           Baiklah, untuk pertama-tama kita liat masalah banjir dari sisi ilmu alam. Banjir umumnya terjadi karena ketidakmampuan sungai dalam menampung …

Hujan

Image
Jika hujan adalah kamu, aku sama sekali takkan mencari peneduh jerami. Aku ingin kau menyentuhku tanpa penghalang sama sekali.
Jika kamu adalah hujan, aku adalah fase mendung yang akan mengiringimu datang.
Jika kamu adalah hujan, aku adalah bumi yang akan menampungmu seikhlas hati. Tak seperti langit yang melepaskanmu.
Jika hujan adalah kamu, aku tak akan berlari menghindarimu. Aku ingin menari bahagia bersamamu.
Jika kamu adalah hujan, aku adalah gurun gersang, yang selalu merindukan kedatanganmu, yang membasahiku dengan segala kebahagiaan.
Jika hujan adalah kamu, Aku yang paling bahagia menyambutmu, Aku yang bersorak hore melihatmu. Aku yang berkata hai saat kamu datang.
Jika kamu adalah hujan. Aku adalah Sumur, Sumur kering yang selalu setia menunggu kedatanganmu untuk mengisiku kembali dengan kebahagiaan yang dulu hilang.
Jika kamu adalah hujan. Aku adalah Laut tempatmu berasal dan tempatmu kembali, kembali menjadi nol. Nol derajat.
Jika hujan adalah kamu, aku takkan mengeluh jik…

Mendung masih terus menggelayut

Sore yang mendung. Sengaja ku pilih kalimat tanpa majas, biar dianggap tulus. Tulus dalam berkarya, meskipun mereka tahu bahwa hati dan raga tak ada untuknya. Mengepak sayap menembus awan mendung ibarat sebuah kemustahilan, kemustahilan untuk berhasil tapi alangkah bijaknya kalo mencoba, meskipun itu gagal dan jatuh tersambar petir. Pahit memang. Toh, kita bisa apa ? Manusia diciptakan memang untuk berjuang, berjuang melawan kekalahan, berjuang melawan takdir, dan berjuang melawan masa lalu. Iya, Masa lalu. Kenapa aku pilih masa lalu? Karena terkadang, berjuang melawan masa lalu adalah perjuangan yang tanpa batas, namun tentu selalu ada akhirnya. Dan, kita diciptakan untuk memilih akhir dari perjuangan tadi, mau bahagia atau menderita itu pilihan kita. Semua ada di tangan kita, termasuk kebahagiaanmu. 
Ah aku memang tak ahli, tak ahli dalam merangkai cinta. Jangankan merangkai cinta, merangkai kata pun terkadang masih terbata-bata. Mencintai dengan tulus terkadang bukan jaminan bahwa…

Nyunyu.com We Love You!

Image
"Apa itu www.nyunyu.com? www.nyunyu.com itu temennya www.facebook.com ya mas? itu website apaan? -_-" Begitulah sekiranya jawaban yang aku dapat dari temen-temen yang ngakunya anak muda. Oke, langsung saja, apa itu nyunyu.com?

Apa itu Nyunyu.com?
Nyunyu.com adalah sebuah website anak gaul yang dilaunching pada bulan Februari 2012 yang mana isinya kayak supermarket, macem-macem. Bedanya sama supermarket itu cuma satu menn, nggak ada yang bisa dibeli, itu aja. Nyunyu.com adalah Sebuah website yang berlambang burung hantu. Iya, berlambang tepatnya Indra Berlambang. Itu Herlambang woyy!


Nyunyu.com tempat bagi anak muda dan anak yang mengaku masih anak muda untuk mencari ilmu, menyalurkan hobi menulis, dan mencari jodoh. Website www.nyunyu.com berisi postingan-postingan yang penting nggak penting tapi seru untuk dibaca. Di dalam Nyunyu.com banyak jagoan blogger yang bisa kita rampok, jarah, dan peras ilmunya. Dan mereka Adalah :
1. Raditya Dika (@radityadika) Penulis buku terkenal sea…

Perjalanan Hidup Seorang Blogger Amatiran

(Apapun yang kita percaya tentang diri dan kemampuan kita, akan menjadi nyata bagi kita. - Susan L. Taylor)
Terkadang hidup itu seperti roda berputar, kadang di atas kadang di bawah, kadang kita dipuja kadang pula  kita dihina. Dalam hidup terkadang tidak kepastian, meskipun terkadang ada kepastian namun itu hanyalah sebuah kepastian semu. Kepastian semua yang memberi sebuah mimpi yang mana belum juga bisa menikmati mimpi tersebut langsung dibangunkan oleh sebuah kenyataan, kenyataan pahit. Kenyataan pahit yang membangunkan mereka dari mimpi-mimpi kosong mereka, yah tapi begitulah hidup. Suka memberi mimpi namun sedikit yang bisa mewujudkan mimpi itu. Namun hanya segelintir orang yang berjuang dan sukses dalam meraih mimpi-mimpi mereka. (Orang yang menginginkan impiannya menjadi kenyataan harus menjaga dirinya agar tidak tertidur - Richard Wheeler)
Dan berawal dari mimpi itulah maka saya akhirnya sampai di posisi sekarang, sebagai seorang (calon) sarjana. Iya calon sarjana, maklumlah l…

Sebuah Pengakuan Dari Seorang Blogger Amatiran

Pertama kali yang ada di benak saya ketika akan membuat blog ini adalah sebuah baris kata-kata yang diucapkan oleh Emanuel Swedenborg : "Awal yang sesungguhnya adalah keinginan untuk berguna bagi orang lain tanpa pemikiran akan imbalan". 
Dan, kemudian itulah yang menjadi niat saya. Maka terciptalah blog ini. Awalnya tujuan saya membuat blog ini adalah untuk menyebarkan informasi-informasi yang dibutuhkan orang-orang. Oleh sebab itu, saya kemudian mengumpulkan berbagai macam data-data yang kemudian saya kumpulkan dan saya sebarkan melalui blog saya ini dengan harapan agar orang lain yang awalnya belum tahu menjadi tahu akan suatu informasi yang dicarinya. Namun, satu kesalahan besar yang saya lakukan dan ternyata masalah ini akan berbuntut tak mengenakan buat saya, yakni ketika saya TIDAK MENCANTUMKAN SUMBER REFERENSI di postingan blog saya. Ya, memang begitulah adanya dan saya akui itu telah terjadi dan terjadi tanpa saya sadari sampai waktu ini tiba, iya malam ini lebih t…