Menulislah, Seolah-olah Besok Kamu akan Melupakannya

Friday, May 26, 2023

Sungguh Tidak Jelas Sekali

Terkadang tengah malam bisa menjadi waktu yang salah untuk berpikir, karena akan ada banyak sekali pemikiran yang bermunculan. Mulai dari yang jelas sampai pemikiran yang tidak jelas. Salah satunya adalah memikirkan makna tentang lagu Someone Like You-nya Adele.

Sungguh pemikiran yang tidak jelas sekali, Ketika menyadari bahwa lirik lagunya Adele yang berjudul “Someone Like You” itu bisa dibilang seperti lagu untuk kawan lama yang tiba-tiba datang untuk meminjam uang. Dan, brengseknya lagi, aku pun iseng mencari liriknya dan mendengarkan lagunya, dan memang benar adanya. Di beberapa bagian, lirik lagunya memang seperti orang yang hendak meminjam uang.

I heard that you're settled down
That you found a girl and you're married now.
I heard that your dreams came true.
Guess she gave you things I didn't give to you.

Pada bagian ini, Adele seolah hendak menyindir kawan lamanya, sebut saja Namanya Ridwan, Perihal dia yang tidak diundang ke acara pernikahannya. Ditambah kenyataan bahwa ternyata si Ridwan ini berhasil menikahi Wanita dari keluarga kaya raya, seperti mimpi dia. Ditambah dengan keberhasilan mendapatkan sesuatu yang tidak pernah dia dapatkan darinya, yeah you know lah what I mean "". (tanda kutip)

Adele be like: Denger-denger kemarin lu abis nikahan ya? Kok gue kagak diundang?

Old friend, why are you so shy?
Ain't like you to hold back or hide from the light.

Lalu pas bagian keduanya, Ketika tiba-tiba si Ridwan ini ngechat Adele untuk ngajak ketemuan. Nostalgia SMA, kata si Ridwan. Pas ketemuan, Adele bingung sama kelakuan Ridwan, yang tiba-tiba kikuk, malu-malu, tidak langsung to the point perihal maksud ajakan ketemu ini apa. Mau minjam uang atau mau ngajakin gabung MLM?

I hate to turn up out of the blue uninvited
But I couldn't stay away, I couldn't fight it.
I had hoped you'd see my face and that you'd be reminded
That for me it isn't over.

Di bagian ini, brengseknya aku malah mikir kalau si Ridwan ini dulunya pernah pakai akun pinjolnya Adele, lalu dia kabur, setelah bawa duitnya, tapi kagak mau bayar angsuran per bulannya. Wajarlah kalau Adele jadi kesel. Eh udah begitu, belum juga bayar, eh dia dapat info kalau dia nikah sama anak orang kaya. Pas ketemu mukanya si Ridwan, Adele tiba-tiba teringat sama akun Pinjolnya yang dipakai berhutang sama dia. Makin kesal jadinya.

Pas Ridwan menjelaskan maksud dia ngajak ketemuan, ternyata mau minjem duit lagi, Adele makin kesal dong. Lha wong urusan hutang yang lama aja belum diberesin, mau ngutang lagi. Kadang banyak nih orang kek gini. Urusan minjem duit mah cepet banget, tapi kalau urusan balikinnya sulit. Malah kadang suka lebih galak daripada si debitur. Orang-orang kek gini tuh enaknya dicor bareng pondasi bendungan. Nyusahin doang hidupnya.

Never mind, I'll find someone like you
I wish nothing but the best for you too
Don't forget me, I beg
I'll remember you said,
Sometimes it lasts in love but sometimes it hurts instead

Jujur saja, pas membayangkan bagian ini, aku pun ikut kesal juga sama si Ridwan. Ya gimana gak kesal, dia dengan muka datar seolah tanpa dosa, berkata kepada Adele bahwa: dia akan mencari orang lain yang seperti dia, seperti Adele di masa lalu, yang bisa dikadali, ditipu, diambil duitnya, lalu pergi begitu saja, tanpa peduli. Dan, brengseknya lagi dia masih bisa berkata, untuk tidak melupakannya, dan bertingkah selayaknya korban, bahwa dia mengingat segala hutang dia dan terkadang memang begitulah adanya. Tidak ada yang selamanya dalam cinta, sekalinya bertahan malah menyakitkan, sungguh tai kucing sekali.

Selamat mendengarkan

Dan, apabila kalian menanyakan perihal kelanjutannya, sungguh disayangkan sekali, karena aku pun sebenarnya ingin melanjutkan angan-angannya. Tapi, ternyata semalam aku terlanjur ketiduran, dan Ketika sadar di pagi hari, segala angan-angan yang sudah dirakit semalaman, semuanya bubar jalan. Tidak tahu perginya entah kemana.

Sungguh tidak jelas sekali kek hidup. Yah namanya juga hidup.

Namun, yang pasti, segala sesuatu yang sudah ditulis di atas hanyalah sekadar tulisan iseng belaka, tidak ada maksud apa-apa, dan apabila ada kesamaan nama atau tokoh, itu hanyalah kebetulan semata, jadi mohon dan harap dimaafkan.

Sekian, dan terima kasih.


Jakarta, Jumat, Tengah Hari

22 comments:

  1. Haha bisa juga kali ya lagu Adele ini mengenai teman yang berhutang. Ngga pernah kepikiran karena lagunya ini seperti lagu gagal move on alias denial pengen lupain tapi belum

    ReplyDelete
  2. tulisan dengan sudut pandang yang unik dan reflektif di dalamnya. Meskipun tidak jelas secara eksplisit, hal itu menimbulkan misteri dan memancing rasa ingin tahu.

    ReplyDelete
  3. Aaaah aku masih nyimak looh ini, nunggu part 2 apa gimana nih kak?
    Dan itu Ridwan kok ya tega banget pengen ditampol rasanya! kalo istrinya kaya yawes sana, ngemis ke istrinya aja kan
    bisa!

    Tapi aku jadi keingetan sosok seleb RB yang kemaren sungguh sok kaya, katanya hidup sesungguhnya dia juga begitu, terlihat kaya sehingga LK mau

    ReplyDelete
  4. Astaga... Iya sih. Urusan hutang tuh emang kadang semenjengkelkan itu. Terlebih kalau kita yang menjadi debiturnya. Bisa kayak terduga bersalah dong kita karena menagih duit sendiri. Lebih galakan yang minjem. Dia tuh seolah lupa, dulu pas mau minjem duitnya tuh melasnya kayak gimana. Hehehe

    ReplyDelete
  5. Huahahah kirain lagu itu tentang si ex dan Adele bilang i will find someone like u. Ternyata bisa juga diartikans ebagai teman yg mau utang.

    Tapi emang bikin kzl kalo ada orang yang ingat kita pas butuh atau pas mau pinjam uang aja. Kayak gimanaa gitu kesannya.

    ReplyDelete
  6. ga berhenti ketawa nih aku dari awal baca sampe akhir tulisan haha. Bisa aja sik kak, sudut pandangnya kreatif banget

    ReplyDelete
  7. Aku ngebayangin kalau bener itu Ridwan minjem dan makai akun Adelle untuk meminjam dari pinjaman online. Itu Adelle hidup jaman mana ya? Hihi...

    ReplyDelete
  8. Adele selalu hadirkan lagu yang magis ya seperti sastra yang melankolis dengan itu hidup akan terus dinamis

    ReplyDelete
  9. Andaikan tidak tertidur, si Ridwan itu pasti ceritanya udah dikejar-kejar debt collector. Terus berusaha sembunyi di satu rumah, eh ternyata itu rumah milik Adelle.

    ReplyDelete
  10. Benar, malam2 selalu bisa mengaduk” pikiran yaa… Nah, dari lagu Adele aja dapat dipetik kisah jika hidup tidak dapat diprediksi, ada naik dan turunnya..

    ReplyDelete
  11. Asli abis baca ini aku jadi ngakak bagian si Ridwan ngutang sama Adele terus Adele jadi kesel.. :D Imajinatif banget kak.. :D

    ReplyDelete
  12. Aku ngakak dikit sih saat baca angle artikel ini dikaitkan dengan utang dan MLM. Dua hal yang ngeselin dan dihindari banyak orang. Btw suka sih lagu ini, englishnya level tertinggi.

    ReplyDelete
  13. hihi bisa aja nih interpretasi lagunya yang aslinya galau malah ke cerita teman yang suka ngutang

    ReplyDelete
  14. Asik juga tulisan ini, ditulis dengan cara yang unik, POV yang berbeda. Menarik, Kak. Membaca setiap barisnya membuat tertarik untuk menyelesaikan

    ReplyDelete
  15. Kocak banget sih... Keren deh, malem-malem bisa kreatif gini mikirin lirik lagunya adele...

    ReplyDelete
  16. Jangan ditemeni mah si Ridwan, biar kapok. Tapi si Ridwan pinter bersilat lidah, manipulatif, jadi ya do'ain aja dia tobat. Ada nggak sih org kaya' Ridwan di dunia nyata? Ada.

    ReplyDelete
  17. sumpahhh aku di awal-awal baca tadi kaget banget, wihh penjelasannya detail banget, ehh pas tengah tengah terhibur juga dengan deskripsi dari lirik versi pinjol ini hahaha

    ReplyDelete
  18. Kreatif cara menyambungkannya kak haha.
    Lanjutnya jangan cerita tentang lagu Adele yang ini, yang lain aja. Lah jadi request of the day hihi

    ReplyDelete
  19. Wah, unik ya tulisannya. Kalau menurut saya sih tak perlu juga minta maaf di akhir bagian, toh ini kan hanya sekedar cerita pemisalan. Ditunggu part duanya, kak. Wkwkwk.

    ReplyDelete
  20. Ya ampun aku sampai ngira lagunya beneran tentang hutang euy. Saking ga ngehnya dengan arti lirik lagunya Adele😅

    ReplyDelete
  21. Hahahahahaa. Aku izin ngakak ya, Kak. Tapi ini tulisannya unik banget sih. Saya juga sering kok mikir ala-ala random dan weird begitu. Wkwkwkwk. Tapi Adele memang lagu-lagunya sebagus itu!

    ReplyDelete
  22. 🤣🤣🤣🤣 mas Dandhy kok bisa2nya bayangin lagu Adele jadi orang berhutang 😂. Duuh kocak, inj kayaknya pengalaman pribadi ya mas 😄.

    Memang udah paling bener, siapa yg mau pinjem duit, langsung tolak aja. Dia marah, bodoh amat..drpd ntr kita yg ujung2nya marah Krn ga dibayar yeee kaaan 😄

    Eh tapi cara ini BGS sih buat cepet tidur kalo lagi susah tidur malem2 😅

    ReplyDelete