Apa yang Dilihat Dari Seorang Blogger?

Apa yang dilihat dari seorang blogger?

Tiba-tiba pertanyaan itu terbersit begitu saja. Sebenarnya dari seorang blogger yang dilihat itu apanya ? Menjadi seorang blogger itu gampang gampang susah. Dikata gampang-gampang susah kenapa? Dikata gampang, karena untuk mendapat julukan blogger itu sangat mudah, cukup mempunyai sebuah blog. Tak peduli itu masih pake wordpress, blogspot, atau pake domain com maka seseorang dapat disebut sebagai blogger. Dikata susah, karena menjadi seorang blogger itu memiliki tanggung jawab. Tanggung jawab besar yang bernama postingan. Kembali ke niatan awal kita membuat blog itu apa ? Apakah untuk mencari duit, mencari teman, atau sekedar buat stalking blog gebetan biar dikata perhatian? Itu semua kembali kepada tiap pemiliknya, terserah mereka mau digunakan untuk apa. Tapi kembali aspek sebelumnya, menjadi blogger itu punya tanggung jawab. Dan, tanggung jawab itu bernama Postingan. Tak peduli niatan awal buat blog untuk mencari duit, mencari teman, atau sekadar gaya-gayaan tapi toh saja semua tanggung jawab masing-masing blogger itu sama, yakni Postingan.

Postingan, menjadi sangat penting bagi seorang blogger. Karena dengan adanya postingan maka eksistensi kita menjadi nyata, dan tentunya banyak yang mengenal kita lewat apa yang kita tulis di blog. Dan mencari duit, mencari teman itu hanya secuil bonus yang didapat dari postingan yang kita tulis. Dan terkadang, isi postingan menjadi tolak ukur bagi seorang blogger.


Apa Cuma dari sisi postingan yang bisa kita lihat dari seorang blogger?
Namun, apa Cuma sisi postingan saja yang menjadi tolak ukur dari seorang blogger? Oleh karena tergelitik dengan pertanyaan tersebut maka saya disini akan menjabarkan apa saja yang dilihat dari seorang blogger.

1.                  Isi Postingan
Well, menurut saya dalam hal ini postingan memiliki nilai yang relatif besar dibanding dengan perimbangan lainnya. Karena terkadang isi postingan itu mencerminkan pola pikir dari si pemilik blog. Ya meskipun terkadang banyak juga yang masih memakai topeng dalam menulis. Memakai topeng dalam arti menyamarkan diri dan melibatkan orang lain dalam penulisan sebuah postingan. Terkadang adapula yang secara gamblang menuangkan jati dirinya dalam sebuah postingan. Terkadang memang begitu, dalam menarik pembaca maka isi postinganlah yang menjadi andalannya. Semakin bagus isi tulisan semakin banyak pula pembaca yang membacanya.

2.                  Page Rank
Dalam hal ini, page rank suatu blog akan berguna dalam mencari duit. Yap! Bener banget, page rank akan sangat berguna dalam mencari sponsor, perusahaan, ataupun produk yang ingin kita review lewat blog kita. Tak masalah page rank yang dipake http://www.prchecker.info/ ... http://www.prmonitor.net ... http://www.mypagerank.net/ ataupun pake alexa rank, semakin bagus page ranknya maka semakin besar pula kemungkinan dapat sponsor. Makin banyak dapat sponsor makin banyak pula duit yang bisa kita panen dari blog.

3.                  Jumlah Komentar
Jumlah komentar yang didapat terkadang berkorelasi dengan isi postingan. Semakin bagus isi sebuah postingan, maka semakin banyak pula komentar yang akan kita dapat. Terkadang, nilai sebuah komentar itu sangat penting. Dikata sangat penting, karena adanya sebuah komentar dalam postingan kita akan membuat eksistensi kita sebagai blogger itu diakui. Terkadang sebuah komentar itu sangat berharga bagi seorang blogger pemula, pemula dalam hal ini baru menjadi seorang blogger. Sebuah komentar akan menjadi pemantik semangat bagi sang empu untuk menghasilkan postingan-postingan selanjutnya. Saya sendiri pernah merasakan bagaimana bahagianya mendapatkan sebuah komentar, tatkala sebelum-sebelumnya jarang sekali mendapatkan komentar. Ya meskipun terkadang isi komentar itu tak penting, macam “Nice post!”, “Keren gan”, atau “Spam”. Tapi tetap saja merasa terharu, dan bangga setengah mati. :’)

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca postingan saya yang kurang penting ini, saya doakan semoga kalian diberi pahala yang setimpal untuk menggantikan waktu kalian yang terbuang karena membaca postingan saya.
Ya, mungkin itu saja dari saya. Apabila ada yang mau menambahkan, silahkan isi kolom komentar.

Sekali lagi, terima kasih.

Comments

  1. Niat gue membuat blog beberapa tahun yang lalu cuman iseng, sampai pada akhirnya gue menemukan feel yang berbeda dari sebuah blog yang gue punya, gue sadar isinya cuman cerita gue yang mungkin engga penting buat pembaca, tapi ini penting buat gue, setiap cerita gue menjadi kenangan tersendiri ditahun tahun selanjutnya ketika gue membacanya kembali, pokoknya balik lagi ke niat dari penulis blog itu sendiri, apa tujuannya... apa dia punya rasa yang ditaruh disetiap postingannya ? hmmm.. oke salam blogger, semangat ngeblognya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa justru itu menariknya jadi blogger, bisa curhat tanpa malu-malu kalo sudah ketemu lembar kosong ms word B)

      Delete
  2. tampilan blognya, kadang ada yang sedap di pandang, kadang ada yang merusak mataaa o_0

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya bener mbak, terkadang kalo tampilannya gelap buat baca susah -_-

      Delete
  3. analisa yang bagus. bagi saya blog itu tempat berbagi informasi ke publik. meskipun blog saya juga kadang sangat subjektif tapi berusaha seinformatif mungkin bagi pembaca.

    sesuai dengan Mas Dimaz, tulisan di blog juga penting bagi sang blogger. saya juga berpikir seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, blogger tercipta selain sebagai tempat curhat juga tercipta sebagai tempat berbagi informasi terbaru

      Delete
  4. kalo pengen di komentarin oleh banyak orang, bikin aja postingan blog yang kontroversial. Pasti langsung bakal rame haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satunya adalah menghina salah satu pemimpin dalam negeri HAHAHAA

      Delete
  5. gw sebel banget klo ada yang komen, nice post, dan kawan-kawannya tapi biarin lah yang penting udah mau komen dari pada silent reader

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya bener bang, tapi ya gakpapa juga lah B)

      Delete
  6. Yang dilihat dari blog biasanya update posting terakhirnya, untuk mengetahui blognya aktif atau gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yg kayak beginian biasanya buat nyari sponsor B)

      Delete
  7. Gue juga gitu. Waktu pertama kali dapet komen, gue langsung bikin slametan Nasi kuning di Rumah :V

    azizkerenbanget.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha tapi ya mau gimana lagi ya? rasanya seneng bgt dapet komentar di blog wkwkw

      Delete
  8. Kalo post kita di komen seneng banget rasanya :')

    ReplyDelete
  9. awal bikin blog postinganku juga masih suka niru gaya tulisan macem pocong, bena, alit. habis itu hiatus 1tahun lebih... ngerombak blog mulai dari awal. ganti gaya nulis postingan.. ganti tampilan blog juga.. syukurlah masih ada yang mampir ke blog walau gak serame dulu. 3 tahun ngeblog sampe sekarang dapet 1 komentar juga masih berasa "wah!" banget hahaha #duhcurhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku sih bukan meniru, tapi belajar dari gaya penulisan mbak pungky. Selain belajar dari gaya penulisan mbak pungky aku juga mengkombinasikan antara gaya penulisan sendiri. Jadinya ya kayak gini hahaa

      Delete
  10. Awalnya ngeblog cuman buat dijadikan diari perjalanan ama kuliner. Paling seneng klo ada cerita inspiratit, ilmu baru dan catatan perjalanan

    ReplyDelete
  11. BENER BANGET NIH :D EMANG GITU SEJARAHNYA DARI DULU.

    -www.fkrimaulana.blogspot.com-

    ReplyDelete
  12. BENER BANGET NIH :D EMANG GITU SEJARAHNYA DARI DULU.

    -www.fkrimaulana.blogspot.com-

    ReplyDelete
  13. Kalai gue sih gak terlali mentingin page rank, alexa, dan sejenisnya. Toh gue juga gak ngerti gituan, gue ngeblog ya emang buat nulis, seenggak itu yang jadi prioritas gue saat ini hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha ya sama kak, aku jg ngeblog cuma buat melatih nulis :D

      Delete
  14. Saya ngeblog tuk berbagi pengalaman, ilmu, pendapat/ ide, dan membuat orang terinspirasi, terhibur atau mendapatkan informasi baru dari tulisan yang saya buat. Senang rasanya ketika ada komentar yang mengucapkan "terimakasih"atas informasi yang kita berikan...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memberi inspirasi lewat sebuah postingan blog B) wusss keren

      Delete
  15. awalnya, gue ngeblog karena iseng. tapi lama2 tumbuh keinginan dan perasaan suka sama kegiatan menulis. so, saya berkeinginan untuk bisa menjadi penulis yang baik. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau jadi penulis yang baik, berubahlah menjadi pembaca yang rakus :D

      Delete
  16. Kalau saya, awalnya tertarik karena dosen bikin blog. Beliau bisa berbagi banyak ilmu lewat menulis. Dari situlah saya terinspirasi juga untuk membagi ide lewat blog. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha sama kak, aku juga dulu bikin blog gara2 maslaah tugas kuliah

      Delete
  17. Sip, saya setuju.
    Statistik blog juga harus diperhatikan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya statistik perlu diperhatikan buat melihat seberapa perkembangan blog kita

      Delete
  18. Sempet nyesel dulu gue cuma "punya blog". tapi nggak aktif.
    tapi gue udah memutuskan buat aktif dan ngepost minimal 6 kali dalam waktu sebulan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ya sama, aku juga nyesel baru aktif ngeblog setelah tahun baru 2014

      Delete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Gue dulu niat bikin blog pengen dapet duit, haha.
    Tapi makin ke sini, makin ngerasa asik walau pun belum dapet duit. Bisa belajar ini itu, dapet temen sesama blogger. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha aku malah bikin blog gara2 tugas kuliah -_-

      Delete
  21. Ada yang liat kalau blogger itu kurang kerjaan, tapi menjadi blogger itu yang paling penting berbagi, sisanya adalah bonus kerja keras dari rajin menulis :D

    ReplyDelete
  22. Kalau menurutku sih ngeblog itu cuma hobi.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Politik Kekerabatan : Studi Kasus Politik Dinasti di Indonesia