Tips dan Pertimbangan Sebelum Membeli Harddisk Eksternal


Kapasitas penyimpanan dalam sebuah perangkat teknologi memang berbeda-beda, tak jarang diantaranya yang dibekali dengan ruang yang besar, namun memang lebih banyak diantaranya yang dibekali dengan kapasitas penyimpanan yang kecil, misalnya adalah pada sebuah laptop, kapasitas memorinya memang lebih sedikit jika dibandingkan dengan komputer, bukan tanpa alasan, produsen sengaja membuat dalam ukuran tersebut untuk mencegah agar perangkat tersebut tidak mudah terbebani atau jadi gampang lemot ketika digunakan. Lalu bagaimana cara untuk menyiasatinya agar dapat menyimpan lebih banyak file? Cukup mudah, kamu hanya perlu membeli hardisk portable terbaik sesuai kebutuhan.

https://www.bukalapak.com/p/komputer/aksesoris-226/portable-hd/8r08sv-jual-hdd-portable-4tb-wd-my-passport-external-usb-3-0-3-years-warranty?dtm_section=top_promoted&dtm_source=list-product&from=&product_owner=normal_seller

HDD Portable 4TB WD : Sumber (Link)

Pastinya kamu tidak begitu asing lagi dengan Harddisk Eksternal, yang mana umumnya digunakan sebagai penyimpanan tambahan untuk berbagai macam file, diantaranya adalah gambar, video dan file yang lainnya dengan kapasitas besar yang tidak memungkinkan untuk disimpan semuanya di dalam laptop milikmu. Jadi jauh lebih aman memiliki harddisk eksternal. Di pasaran bukanlah hal yang sulit untuk mendapatkan Harddisk Eskternal dalam berbagai macam merk dan pilihan kapasitas sesuai kebutuhanmu.


Mulai dari yang kapasitasnya masih tingkat Gigabyte sampai dengan Terabyte, semuanya dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Ada beberapa tips untuk kamu yang ingin membeli harddisk eksternal terbaik agar tidak salah pilih atau menyesal nantinya. Untuk itu alangkah baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal ini:

Merk, merk produk memory tambahan ini menjadi salah satu bagian yang sangat menentukan kualitasnya. Ada banyak sekali pilihan merk harddisk terkenal yang ditawarkan di pasaran, tentunya semakin terkenal merk tersebut membuat tawaran harganya juga jadi semakin mahal jika dibandingkan dengan yang tidak begitu terkenal. Dan, merk yang terkenal bisa memberimu jaminan barang yang berkualitas dan tidak adakn membuatmu kecewa. Ibarat kata, Ono Rego Ono Rupo.

Kapasitas, menentukan kapasitas tertentu pada harddisk eksternal pilihan umumnya didasari atas kebutuhan tertentu. Misalnya, apabila kamu memiliki lebih banyak koleksi file yang terdiri film atau video dibandingkan dengan bentuk file yang lainnya, secara otomatis kamu membutuhkan harddisk eksternal yang lebih besar, maka pilihlah Harddisk Eksternal yang kapasitas penyimpanannya sampai dengan Terabyte. Jika memiliki uang lebih, akan lebih baik membeli yang kapasitasnya tinggi sekalian dibandingkan dengan yang berkapasitas rendah, karena jika dihitung-hitung nilainya akan jauh lebih murah.

Sistem operasi, setiap perangkat teknologi dibekali dengan sistem operasi yang berbeda-beda, ada diantaranya yang menggunakan Windows, iOS ataupun Linux dan yang lainnya, tidak semua harddisk akan kompatibel terhadap OS tersebut. Jadi kamu harus mempertimbangkan jenis gadget yang kamu gunakan dengan jenis harddisk yang akan dibeli.

Kecepatan rotasi, sering kali ini tidak dipertimbangkan oleh konsumen, padahal sebenarnya sangat penting. Kenapa? karena hal ini nantinya akan sangat mempengaruhi kecepatan dalam memproses data dari dalam harddisk ke komputer atau laptop yang dipakai. Hal ini juga akan berpengaruh kepada kecepatan ketika sedang mentransfer data, baik itu dalam jumlah besar maupun kecil.

Fitur tambahan, faktanya sekarang ini harddisk tak hanya bisa dijadikan sebagai media penyimpanan, melainkan banyak diantaranya yang sudah dilengkapi adanya fitur tambahan, misalnya juga bisa dijadikan sebagai media penyimpan daya, tambahan fiture lain untuk backup data yang sudah hilang agar kembali lagi.

Harga, pertimbangan harga ini tak lepas dari budget yang kamu miliki dan juga kualitas yang diinginkan. Semakin bagus produk harddisk eksternal yang kamu inginkan maka tak memungkiri jika kemudian harganya juga kian mahal.

Jadi, alangkah baiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum membeli harddisk eksternal terbaik. Hal ini dilakukan agar nantinya kamu bisa mendapatkan harddisk eksternal terbaik sebagai media penyimpanan tambahan yang sesuai dengan pilihan merk, kapasitas penyimpanan, sesuai selera, dan tentu saja sesuai dengan budget yang kamu miliki.


Comments

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Pada Akhirnya, Manusia Hanya Bisa Berencana