Jangkung? Anggap Saja Berkah

Jangkung, apa itu jangkung ? Jangkung kan temennya mbah dukun ? Itu Jelangkung! -_- 
Oseng jangkung kayaknya enak nih? Itu Kangkung!

Jangkung, menurut pak dokter adalah sebutan untuk suatu keadaan dimana seseorang memiliki tinggi tubuh yang jauh di atas rata-rata dari tinggi kebanyakan orang. Jangkung, menurut orang indonesia adalah kondisi dimana seseorang memiliki tinggi orang eropa (lebih dari 185 cm) namun lahir dan besar di lingkungan masyarakat Indonesia yang umumnya memiliki tinggi bekisar antara 165-175 cm. Dan, secara tidak langsung terlihat tak normal, namun meskipun dikatakan "tak normal" namun sewajarnya bersifat normal seperti orang-orang pada umumnya, yang membedakan itu cuma Postur Tubuh

Umumnya orang jangkung tercipta akibat adanya faktor lain, misal faktor keturunan misalnya, namun adapula akibat alat. Alat peninggi badan, namun ini terkadang tak resmi eh maksudnya tak murni dan tidak alami. Namun, ada pula faktor lain.. salah satunya adalah efek aktivitas olahraga yang diatas normal sehingga merangsang pertumbuhan tinggi badan, semisal bersepeda, berenang, bermain volly, bermain basket, dsb.
Alhamdulillah, saya sendiri merupakan salah satu dari spesies orang jangkung yang ada di Indonesia. Saya sendiri saat ini memiliki tinggi tubuh yang “sedikit tidak normal”. Postur saya lebih tinggi dibanding dengan tinggi laki-laki indonesia pada umumnya, ehmm for your info tinggi saya saat ini sekitar 196 cm (survey terakhir) lumayan tinggi bukan ? *lumayan tinggi Nenekmu!! itu sih ketinggian mas!* iyadeh -____- 

Banyak orang bilang punya badan jangkung itu menyenangkan. Iya menyenangkan, menyenangkan sekali kalo pas lagi musim rambutan, mau nyolong rambutan tetangga sebelah pun akan terasa sangat gampang, tak perlu pakai galah cukup berdiri saja sudah cukup. haha

Tapi andai mereka tau betapa susahnya jadi orang jangkung, mungkin mereka bakalan mikir 45 kali kalo sudah tau betapa susahnya jadi orang jangkung. Yah, tapi terkadang mereka saling konspirasi, sama sama menutup mata dan telinga akan susahnya jadi orang jangkung.

Pertama, mau nyari ukuran baju, celana, sepatu, dsb itu susahnya bukan main tak ada yang pas. Ya diibaratkan ukuran kaki eropa nyari ukuran kaki Indonesia di toko china itu ibarat kayak nyari nasi padang di restoran prancis, itu susah komandan! Kalo pun ada, semua serba kekecilan dan kependekan. Alhasil mau ngikutin tren mode pun jadi susah. Ah konspirasi pasar!

Kedua, kalo mau bertamu ke tetangga atau masuk ke rumah sodara jauh harus pake gaya seikerei (salam hormat ala jepang) mesti menunduk, kalo nggak dijamin deh kepala kejedot pintu saking tingginya. Ah kali ini pintu yang melakukan konspirasi terhadap saya.

Ketiga, kalo mau tidur itu susah, jauh lebih susah kalo ranjang yang kita pakai tidur itu ranjang ukuran kecil, ibarat kata kaki ukuran "kapal selam" suruh pake sendal ukuran kapal api. Kekecilan. Kali ini ranjang yang jadi penghalang.

Dan yang Keempat, ini yang terakhir sekaligus yang paling sulit, cari Pacar alias Kekasih, syukur-syukur sekalian nyari istri. Tau sendiri kan ? Hampir sebagian mayoritas wanita yang dekat sama saya rata-rata pada minder pas lagi jejeran sama saya, katanya mereka rasanya kebanting sama tinggi saya. Alhasil mereka pun enggan untuk jalan bergandengan beriringan dengan saya. Mereka lebih suka duduk-duduk untuk memanipulasi perbedaan tinggi yang terlihat. Alhasil saya pun hanya bisa memaklumi dan lebih sering untuk mengalah dan mengikuti mereka. Terkadang tak ada gunanya untuk terus-terusan mengeluh. Alangkah baiknya untuk mengalah. :')

Dan orang orang di lingkungan saya sekitar “Alhamdulillah” suka meledek tinggi badan saya, yang kata mereka itu abnormal untuk ukuran tinggi orang Indonesia. Tak hanya orang dewasa yang suka meledek, anak kecil pun seolah tak ingin ketinggalan untuk meledek, dapat sebutan "Jerapah", "Raksasa" sudah biasa saya terima dari mereka. Ah tapi kata pepatah bilang anjing menggonggong timpuk pake batu. Saya sih tak ambil pusing. Hitung-hitung bonus. Mendadak jadi orang terkenal di kampung muehehe :’)

Bagi saya sendiri jangkung itu, kalo mengutip kata Peter Parker, "Sebuah karunia sekaligus sebuah kutukan" bagi saya. Di satu sisi sebuah keuntungan, namun di satu sisi sebuah kerugian. Coba tanyakan sendiri kepada Jose Mourinho perihal keputusannya melepas seorang Juan Mata ke Manchester United. Di satu sisi baik dalam hal pemasukan, namun di satu sisi merupakan penggembosan kekuatan Chelsea dalam sisi penyerangan. Loh? Kok jadi bahas soal bola ? -__- 

Ada plus ada minus, begitulah hidup. Dan, berhubung saya ini adalah seorang atlet, Atlet gundu Volly, punya tubuh Jangkung itu memudahkan saya dalam bermain volly. Yah bisa kalian bayangkan sendiri lah saya kalo di depan net volly itu gimana? haha

Nih liat saja sendiri :

Liat Nomer 6

Memiliki tinggi tubuh yang tak normal itu bagi saya sebuah karunia sekaligus kutukan, ada sisi negatif ada pula sisi poistif. Tapi bagi saya itu sebuah keunikan yang harus saya syukuri. Karena keunikan ini telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada saya, dan saya mesti memanfaatkannya untuk hal-hal yang baik, seperti nyolong mangga tetangga #eh 

Intinya dalam hidup itu kita harus mensyukuri apa yang kita punya, karena umumnya manusia yang tak pernah puas adalah manusia yang tak pernah bersyukur dengan apa yang sudah mereka miliki saat ini. Berani bersyukur itu baik. Be Thankful!

Comments

  1. tinggi gue juga sekitaran gitu bang, susah banget nyari cewek :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ternyata ada juga yg tingginya sama kayak saya :o

      Delete
  2. wah saya malah pengen tinggi .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ya olahraga yang teratur mas, sama minum susu :))

      Delete
  3. tenang om, kalau di kampus saya tinggi segitu cukup banyak, dari 120 siswa sejurusan 10 org tingginy segitu.
    110 orang sisany juga tinggi kok: 180cm-an.

    satu lagi masalah orang tinggi yang gue alamin: KALAU NAIK BIS KAKI GAK PERNAH MUAT
    mau gak mau harus duduk miring atau ngangkangin satu kaki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget mas, kalo naik bis nggak bisa duduk selonjoran -__- kaki mesti ditekuk

      Delete
  4. Wih, tinggi juga ya.
    Tapi tinggi itu keren sih, jadi pengen tinggi nih :v

    ReplyDelete
  5. Lu punya anugerah yang selama ini pemain basket indonesia idam-idamkan :D

    ReplyDelete
  6. membaca tulisan ini gue jadi ingat suatu hal, bahwa sesuatu yang di anggap baik bagi manusia belum tentu di anggap baik bagi tuhan. dan juga sebaliknya. dan percayalah setiap ciptaan tuhan pasti ada berkah, dan hikmahnya.

    kalau boleh gue minta tolong nih, kunjungi blog gue :
    http://nafarinm.blogspot.com/2014/03/mohon-doa-agar-sukses-uas-dan-un-2014.html

    bantu doa dan beri komentar aamiin ya, thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bener, terkadang mengeluh saja tak ada gunanya.. bersyukur jauh lebih baik :))
      iya sudah

      Delete
  7. Hampir dua meteeer. :o
    Gue malah kebalikannya, dulu agak 'sdikit tidak normal' tapi kuntet. -__-
    Alhamdulilah sekarang sudah normal. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya ini alhamdulillah udah hampir 2 meter :D

      Delete
  8. tapi loe bisa memanfaatkan kelebihan tinggi loh buat hal positiv macam voly bang keren :)

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. hahaa iyaa, alhamdulillah... anggap saja berkah :))

      Delete
  10. ebusseehh tinggi amat kayak pohon palm. gpp mas. disyukurin. lanjutkannnnnnn

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Waduh.. Tinggi banget ya, Fan.. Haha.. Kamu jadi kayak bapak dari anak-anak yang berdiri dipinggirmu. Haha ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaa ya kagaklah -__- masa aku jadi bapak? terlalu muda -__-

      Delete
  13. Ebuset -_-
    kalo mau smash ga perlu loncat udah bisa itu mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ya perlu lompat juga lah haha biar bebas block :D

      Delete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. Situ enak bang . . tinggi tapi badan berisi . . Nah ane . .???

    Thanks udah visite http://azkativity.com/ . . boleh dong difollow . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ya makanya olahraga mas, push up sit up diperbanyak haha biar berisi... aku juga gitu

      Delete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Politik Kekerabatan : Studi Kasus Politik Dinasti di Indonesia