Penginapan Dekat Lawang Sewu di Semarang

Jika kamu penyuka sejarah, tentunya tahu tentang sebuah gedung yang selalu ramai dibicarakan sebagai tempat angker di Semarang, Jawa Tengah. Konon, setiap yang datang akan mendengar suara aneh atau perasaan seperti diikuti sesuatu. Anehnya, cerita seram yang beredar justru membuat wisatawan ingin berkunjung ke gedung tersebut. Ada yang sekadar penasaran, ada pula yang memang ingin membuktikan rumor tersebut. Yap, betul. Kita mengenalnya sebagai Lawang Sewu.

source : www.tutorialoka.com

Dulunya, bangunan tersebut merupakan sebuah perusahaan kereta api swasta yang disebut dengan Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS, di mana Lawang Sewu dijadikan sebagai kantor pusatnya. Bangunannya sangat artistik, dan bentuknya yang tinggi pun dipenuhi banyak pintu, membuat sirkulasi udara berjalan baik. Sehingga, suhu ruangan selalu jauh dari rasa panas.


Pada masa penjajahan Jepang, gedung tersebut pernah menjadi lokasi pertempuran antara pemuda Angkatan Muda Kereta Api (AMKA) melawan Kempetai dan Kidobutai Jepang selama 5 hari (14 Oktober -19 Oktober 1945). Nah, bagian bawah di Lawang Sewu sempat digunakan para penjajah Jepang untuk memenjarakan tawanannya. Kini bangunan bawah tanah tersebut menjadi perhatian banyak orang. Itu jadi salah satu yang membuat Lawang Sewu terkesan angker, dan bangunannya yang unik penuh pintu, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.
Di masa sekarang, bangunan tersebut kita kenal sebagai Lawang Sewu yang terletak di Semarang. Bahkan, Pemerintah Kota Semarang menjadikan Lawang Sewu sebagai salah satu bangunan bersejarah di Kota Semarang, lho.

sumber : https://febbiasiheka.wordpress.com

Tempat tersebut memang terkesan angker, dan keseramannya semakin diperkuat karena banyak film seram yang mengambil latar di sana. Namun, sejak mantan Ibu Negara, Ibu Ani Yudhoyono melakukan pemugaran, Lawang Sewu jadi terlihat apik dan semakin banyak dikunjungi wisatawan.

Untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan ke kota Semarang, ada banyak ragam kuliner dan tempat wisata yang bisa dikunjungi, dan jangan lupa untuk memasukkan Lawang Sewu sebagai salah satu destinasi kamu. Selain dapat memelajari sejarah masa lalu, kita juga dapat melihat bangunaan gaya Belanda melalui Lawang Sewu. Dan meskipun tempat ini sudah tidak terlihat menyeramkan, pastikan kamu melakukan hal di bawah ini sebelum mengunjungi Lawang Sewu :
1. Memakai pakaian yang rapi dan sopan.
Sebagai wisatawan, kamu harus paham budaya di Semarang dan juga cara berpakaian di sana yang berbeda dengan pakaian kesehharian orang-orang di Ibukota Jakarta. Karenanya, pastikan kamu memakai pakaian yang sopan dan rapi untuk menghormati penduduk sana.
2. Tidak membuang sampah sembarangan.
Dilarang membuang sampah sembarangan memang menjadi slogan yang sering kita dengar atau lihat di mana-mana. Namun, ketika Mengunjungi Lawang Sewu, pastikan tidak membuang sampah atau apa pun di sana agar tidak mengotori tempat yang sudah dijaga kelestariannya.
3. Menjaga ucapan dan perbuatan selama di Lawang Sewu.
Terlepas dari kisah mistis dan rumor angkernya, Lawang Sewu memiliki tempat unik. Di sana, kita tidak tahu apa benar hannya ada kita atau ada yang lain yang tidak bisa dilihat secara kasat mata. Untuk menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan, lebih baik kita menjaga ucapan saat berkujung ke sana.
4. Mencari tempat menginap yang tidak jauh dari Lawang Sewu.
Tentu saja penginapan di Semarang jadi perhatian paling penting saat kita berkunjung ke Lawang Sewu. Selain untuk memanjalan kaki, kamu yang akan atau sudah mengelilingi Lawang Sewu harus mengistirahatkan badan agar tidak kelelahan dan siap untuk perjalanan berikutnya.

source : www.traveloka.com

Bagaimana, sudah pernahkah kamu datang ke Lawang Sewu? Letaknya yang berada di jantung kota Semarang dapat memudahkan para wisatawan yang ingin berkunjung ke sana. Kalau kamu pengunjung yang datang dari kota yang jauh dari Semarang, jangan khawatir. Di dekat Lawang Sewu, kira-kira 1.50 m dari sana, ada Quest Hotel Semarang yang dapat kamu pakai sebagai tempat inap. Tidak perlu khawatir dengan akses internet. Di Quest Hotel, tersedia fasilitas Wifi yang bisa dipakai kapan saja dan kamu bisa bermalam sepulang atau sebelum berkunjung ke Lawang Sewu dengan harga terjangkau!

Comments

  1. lawang sewu itu kadang menyeramkan ya..bayangin aja di setiap balik pintu itu terdapat anu..

    ReplyDelete
  2. Bisa buat referensi nih penginapan :)

    ReplyDelete
  3. Lawang sewu kayaknya sekarang udah agak kehilangan sentuhan mistisnya bang. Beda banget waktu pertama kali aku study tour ke sana, Doktrin di perjalanan lawang sewu waktu di Bis, sempet membuat anak2 down masuk kesono.

    Kalo sekarang mungkin malah foto2 cantek, ehm tampan.
    Ya sama kasusnya kayak alun2 Yogya yang ketika kita merem, tidak bisa berjalan arah lurus melewati antar pohon.
    Sekarang sudah banyak yang bisa, jadi kayak kehilangan eksensi mistisnya ajaaa.
    Huhuhuuu

    Tapi lawang sewu emang instagramable sih. :p

    ReplyDelete
  4. Kalo saya gk perlu nginep lagi.. soalny deket situ sih rumahnya..wkwk.. tapi bukan deket banget.. serem ntar jadinya deket dengan tempat kosong.. haha.. penginapannya buat yang lain aja yang dari jauh2.. yg deket juga boleh kalo mau mah... disana juga deket sama Kebun Binatang Margasatwa Fauna.. Bagus loh tempatnya.. lumayan sih..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Politik Kekerabatan : Studi Kasus Politik Dinasti di Indonesia