Menulis Blog, Untuk Apa ?

Menulis blog? Hmm sebagian orang mungkin merupakan hal yang tabu. Begitu pula dengan saya, awalnya aku punya blog bukanlah karena hobi, tapi karena terpaksa. Ya, terpaksa. Gara-garanya ada tugas kuliah yang harus aku kirim lewat blog, dan terpaksa mau dan mau aku pun membuat blog. Ya, meskipun awalnya yang aku posting di blog itu cuma tugas-tugas super penting (baca: tugas kuliah). Jadi, ya maklum kalo di awal-awal berdirinya blogku masih sepi jarang ada pengunjung.

http://funnie.blogdetik.com/files/2011/05/menulis142.jpg
Menulis blog? Masih dalam pemikiran yang sama, aku menulis blog untuk apa? Untuk jadi tempat curhat? Untuk jadi tempat informasi atau tempat pacaran? Eh tunggu, aku belum punya pacar. -_- Jadi, untuk apa aku menulis blog? Awalnya aku pikir, blogku akan ku jadikan tempat untuk menyebarkan informasi dan berbagai fenomena yang ada. Mulailah aku nyari data, ambil sana ambil sini demi postingan blog. Dan, sampai tiba yang namanya BLUNDER BESAR (lengkapnya baca disini).
http://3.bp.blogspot.com/-oZm9QhMos6w/UJYaG2F_KXI/AAAAAAAAAGw/r4a3pk_1PCQ/s1600/Belajar%2BMenulis%2BBlog.jpg

"Menulis blog? Untuk apa? Buang-buang waktu saja" Ya mungkin begitulah komentar-komentar orang yang aku dapat pas aku ajak untuk memulai menulis blog. Bagi mereka menulis blog itu hanya buang-buang waktu, dan satu lagi kata mereka blog tak bisa menghasilkan uang. Ah itukan cuma opini mereka saja, padahal banyak loh manfaat-manfaat yang akan kita dapet dari yang namanya MENULIS BLOG! 


Apa saja manfaat menulis blog. Mari kita simak bersama :

1. Menulis Blog itu mampu melatih kita dalam hal menulis, menulis skripsi misalnya. Karena aku sudah terbiasa menulis di blog, maka menulis skripsi akan terasa lebih mudah dalam hal pengolahan kata-kata dibanding orang yang jarang menulis, khususnya menulis blog. Dan, siapa tahu dari awalnya iseng-iseng menulis blog, hasil kita ngeblog bisa dijadikan sebuah buku? Seperti blognya Raditya Dika, yang sukses besar ketika dijadikan sebuah buku, dan kemudian diangkat jadi sebuah film layar lebar. 
http://www.maxmanroe.com/wp-content/uploads/2013/01/Tips-Cara-Menulis-Artikel-Yang-Baik.jpg

2. Menyandang Gelar Blogger. Haha akui sajalah memiliki gelar blogger jauh lebih prestise dibanding memiliki gelar JONES alias Jomblo Ngenes.

3. Memiliki Teman. Menulis blog selain menambah keahlian kita dalam menulis, kita juga bisa mendapat teman baru dari yang namanya ngeblog, ya tentunya teman seperjuangan, teman sesama blogger. Namun, siapa tahu dari menulis blog, nantinya kita dapat teman blogger yang nantinya bakal jadi pendamping hidup kita. Duileeehhh~ Eh siapa tahu? Apa salahnya kita mencoba, toh ngeblog itu gratis? :))
http://4.bp.blogspot.com/_xcD4JK_dIjU/S0q2WfOmkVI/AAAAAAAADwE/J4d8hG16OZs/s800/menulis+artikel+blog.jpg

4. Memiliki kesempatan untuk menjadi seorang Penulis. Ya seperti yang aku tulis di nomer 1, menulis blog memberi kita motivasi untuk menulis buku. Siapa sih yang tak kenal seorang Raditya Dika, seorang blogger yang menjadi terkenal lewat tulisannya di blog. Ya itu contoh yang sukses. Ya meskipun, terkadang tak selamanya buku yang dari blog itu sukses. Tapi, apa salahnya kita mencoba? :)

5. Bisa menghasilkan Uang. Ya, mungkin orang masih kurang tahu tentang blog, Blog juga bisa menghasilkan uang. Ya meskipun dalam hal ini aku belum pernah dapet duit dari blog. Ya, apa salahnya mencoba. Selain dari hak royalti hasil blog yang dijadiin buku, blog juga bisa menjadi tempat untuk memajang iklan-iklan yang nantinya kita akan dibayar dari orang yang memasang iklan di blog kita.
http://www.anneahira.com/images/menulis-dapat-uang.jpg

Kesimpulannya, menulis blog itu tak seburuk anggapan yang orang kira. Menulis blog itu memiliki banyak manfaat yang akan kita dapat. Ya, meskipun terkadang manfaat yang kita dapat itu tak bersifat instan, namun manfaat berjangka panjang.
http://4.bp.blogspot.com/-xHVJHf8cydE/UKIPsQwxQEI/AAAAAAAAAQM/Bp6PiAON6Pw/s1600/tips+menulis.jpg
Ya sekian dari saya, jika ada yang ingin menambahkan silahkan jawab di kolom komentar. Terima Kasih.

Comments

  1. Wah saya juga habis merenungkan manfaat blog juga .. :D
    Yuk menulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya kah? ya tulis aja mas, mumpung ide masih hangat :)) ayo menulis

      Delete
  2. Jaman saya ngeblog dulu di tahun 2005 belum sepopuler sekarang. Waktu itu saya belum kepikiran buat ngeblog. Waktu itu sembari kuliah saya belajar mandiri bahasa PHP dan database MySQL. Beruntung universitas ngasih jatah web hosting gratis 10 Mb ke mahasiswanya dan itu saya pakai buat sarana belajar. Alhasil, saya akhirnya belajar bikin blog. Sewaktu lulus kuliah saya pingin lepas dari web hosting universitas dan beli web hosting dan domain pribadi yang tetap saya gunakan sampai sekarang. Sistem blog yang saat ini saya gunakan itu adalah hasil evolusi pembelajaran sewaktu jaman saya kuliah dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh iya kah,?? aku malah baru ngeblog rutin awal tahun 2014 kemaren... dulu2nya aku ngeblog cuma buat kepentingan tugas doang hehe

      Delete
    2. lama-lama jadi candu, soalnya bisa sekalian melatih bahasa, baik itu bahasa pemrograman maupun bahasa Indonesia, hahaha. :D

      Delete
    3. iyaa bener banget mas.. kalo nggak update blog rasanya ada yg kurang :)) terus jg menulis blog itu manfaat buat penulisan skripsiku jg bermanfaat bgt, jadi bisa mengolah kata2 yg baik dan benar :)

      Delete
  3. entar lama2 juga jadi duit kok blognya...hihihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iyaa bu aamiin :D ibu nih yang udah pengalaman dapet duit dari hasil blog

      Delete
  4. yah, kalo bagi saya, yang penting bisa nyalurin hobi, itu aja udah cukup :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya mas, dulu aku bikin blog juga gara2 tugas kuliah haha

      Delete
  5. klo ane sih.. nge-blog lebih ke nambah wawasan aj..karena semua blog teman2 ..hebat2..yg blom pernah di baca jd tau...like this UR Blog ..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh menambah wawasan efek blogwalking , jadi saya rasa itu itu nomer 2.. jadi blogger :))

      Delete
  6. Kalo saya lebih untuk menyalurkan hobi dan melatih menulis. Untuk menambah temen juga sih. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ya sama mbak, aku juga gitu... itung2 dari nyari temen syukur2 jadi demen. haha

      Delete
  7. Hahaha belum pernah kepikiran nyari uang lewat blog malahan. Soalnya saya punya blog murni karena memang ingin berbagi lewat tulisan :))
    Salam kenal yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha aku malah pengin nyari uang lewat blog, tapi belum juga kesampaian sampai skrg :D
      iya salam kenal jg

      Delete
  8. Saya pribadi ngeblog cuma bwt iseng dan seru2an aj

    ReplyDelete
  9. Hai Fandhy :)
    Mudah2an blog nya bisa segera menghasilkan uang yaaah...
    rajin rajin lah menulis review, biar ada brand yang ngelirik :)

    Kalo aku mah nge blog asli buat curhat lho...curhat emak emak gitu lah...hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iyaa mbak, ini juga lagi belajar nyari duit dari blog hehe
      oh iya juga ya? ngeblog ttg review brand tertentu hehe saran bagus mbak, makasih sarannya :))

      haha iya gpp mbak, blog kan udah kayak diary, bedanya ini elektronik :)

      Delete
  10. Hai hai, awalnya aku buat blog karena tugas sekolah pas jaman SMA, trus pas tamat aku sepintas kepikiran sama blog aku dan berniat pengen kembali. Ternyata setelah kembali dan mencoba menulis, ternyata menulis itu asik,cuma malas masih sering datang :( apalgi kalau sibuk kuliah dari pagi ampe sore

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha aku malah jaman SMA sama sekali tak mengenal yg namanya internet.. aku kenal facebook dan email sejak abis UN :)) iya mbak, emg mbak, malas itu sifat manusiawi...
      selamat datang di blog saya :))

      Delete
  11. Ngeblog ya?
    Haha..
    Blog gue aja d buatin sm mantan thun 2012, dan itu gunanya ya cuma buat ngedumel pas lagi berantem ..
    Ntar dia baca trus bles postingan gue d blog dy, saling posting lah intinya...

    Eh..
    Udah putus jadi sarana nulis curhatan maksimal bang..
    Haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kyaaahahahaha malah blognya dibikinin sama mantan :D haha
      iya nggak papa, namanya juga blog tempatnya buat curhat

      Delete
  12. menulis blog untuk terapi, jika lelah ngeblog deh hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya kah mbak? aku malah baru tau kalo blog itu buat terapi ...

      Delete
  13. Dulu pas awal ngeblog belum ngerti guna ngeblog. Tapi lama kelamaan memang terasa sih manfaatnya. Bisa untuk berbagi juga:)

    ReplyDelete
  14. Ah, aku salah satu blogger pemula, Kak. Dan yang kepikiran pas buat blog ya, itu, mengasah kemampuan menulis. Meskipun belum jelas, artikel jenis apa yang mau aku tulis. Semoga blogku bisa serame blog ini, deh. Seneng lihatnya. B)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga blogger pemula mbak, saya juga lagi belajar kemampuan menulis ya meskipun dalam hal ini agak mendingan dibanding sebelum aku ngeblog hehe.. sebenarnya gampang kok, tulis apapun yang ingin kamu tulis di blog, dan biarkan para pembaca yang menilai blog kamu :)) terus juga kalo ingin makin rame perbanyak melakukan blogwalking alias jalan-jalan ke blog orang lain dan ngasih komentar yg baik :)) Terima kasih

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Politik Kekerabatan : Studi Kasus Politik Dinasti di Indonesia