Olahraga Simpel di Tempat Kerja

Selamat malam wahai para pembaca blog, ketemu lagi dengan saya Fandhy Achmad, seorang atlet sok gaul volly. -_- Berhubung saya termasuk atlet sok gaul volly, alangkah bijaknya jika saya membagikan ilmu-ilmu seputar olah raga yang saya dapat kepada para pembaca blog, khususnya bagi mereka yang tak punya sedikit waktu untuk sekedar berolahraga.

Olahraga itu penting bagi tubuh kita, selain menyehatkan badan olahraga juga memberikan ajang refreshing bagi orang-orang yang dilanda kesibukan luar biasa akibat kerja sepanjang waktu, dan khususnya bagi pekerja kantoran yang sibuk, dan tak mempunyai waktu untuk online sekedar melemaskan otot-otot perut dan bagi mereka yang ingin olahraga tanpa meninggalkan kerjanya alangkah baiknya untuk melakukan beberapa jenis olahraga yang cocok sama kondisi maupun tempat kerja.

Tak hanya pria, para wanita pun harus cukup olahraga untuk mengurangi lemak sekaligus mengurangi ketegangan akibat beban pekerjaan. Untuk meringankannya dapat dilakukan dengan ber-olahraga di tempat kerja, meskipun itu olahraga simpel namun efeknya akan sangat berguna bagi tubuh.

Dan berikut adalah beberapa olahraga yang cocok dilakukan di kantor dengan kondisi waktu dan tempat yang tak memungkinkan untuk ber-olahraga, antara lain :


1) Push Up
http://warriorfitness.org/tag/push-ups/

Push Up, adalah salah satu jenis olahraga sederhana, meskipun sederhana namun efeknya sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Selain menyehatkan badan, Push-Up juga mampu membuat otot lengan menjadi berisi dan membuat dada menjadi bidang dan perut jadi tak buncit, selain itu push-up juga mampu melatih pernapasan. Push up sangat cocok bagi mereka yang ingin mengecilkan otot perut tapi tak punya waktu untuk ber-olahraga karena kesibukan bekerja. Tak hanya laki-laki, para perempuan juga bisa melakukan push-up, tapi disarankan untuk melakukan push-up sekuatnya saja, jangan dipaksakan ketika sudah tidak kuat.

Push-up sangat disarankan bagi mereka yang lembur, karena lembur selain membuat tubuh lelah juga membuat tubuh gampang stress. Dan, untuk ajang refreshing namun menyehatkan, melakukan push-up bisa jadi pilihan tepat. Manfaatkan ruang kosong di dekat meja kerja Anda untuk melakukan push up. Tak perlu banyak-banyak. Cukup 10-15 repetisi saja. Untuk menguatkan bagian paha, pinggul dan kaki Anda

Lakukanlah push-up minimal 3 porsi (1 porsi = 10X push up) per hari. Bisa dilakukan dengan cara dicicil tiap jam/menitnya. Misal 10X-Istirahat-10X-istirahat. (banyaknya porsi tergantung kekuatan tubuh masing-masing pembaca, jangan paksakan jika tak kuat push-up dengan porsi banyak) Lakukanlah secara rutin setiap hari, dan lihatlah perkembangannya.

2) Naik Turun Tangga
http://teknikdiet.com/olahraga-diet/6-tips-olahraga-walau-seharian-di-kantor

Buat para pembaca yang bekerja di kantor seharian dan ruang kerjanya di lantai 3 atau lebih. Alangkah baiknya jika memiliki waktu lebih dan tak dikejar waktu alangkah baiknya jika memilih menggunakan tangga daripada naik lift untuk sampai ke ruang kerja. Naik turun tangga, meskipun kesannya sepele namun olahraga ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, antara lain untuk membakar lemak, menambah ketahanan tubuh, sekaligus refreshing.

3) Jalan Jalan
Jalan jalan singkat bisa dijadikan pilihan bagi para pekerja kantoran ataupun yang di rumah. Saat berjalan – jalan maka tubuh anda akan lebih rileks. Tetapi jalan disini bukan berarti anda pergi keluar kantor dan pergi ketempat wisata. Anda bisa menggunakan waktu untuk berjalan atau berdiri sambil menghampiri atasan atau rekan kerja. Misalnya, Anda ingin bertanya kepada atasan tentang hasil kerja yang baru saja diselesaikan. Daripada mengirimkan nya dengan email, akan lebih baik bila anda menyerahkannya langsung sehingga anda akan lebih banyak bergerak. Atau bisa juga sambil berjalan berdiskusi dengan rekan kerja. (sumber)

4) Melakukan Olahraga Di Tempat Duduk
Untuk menhindari efek dari kebanyakan duduk anda tidak harus berlari bermil – mil. Kamu bisa berolahraga di tempat duduk, seperti : Warm Up, Side Neck Stretches, Shoulder Shrug, Chair Sit To Stand, Swimming Exercise, Back Side-Stretch, Jumping Rope, Middle Back Stretch, Back And Leg Curl, dan Leg lift. Olahraga semacam ini dapat membuat tubuh menjadi lebih fresh dan mengurangi ketegangan saraf yang ada didalam tubuh terutama pada bagian punggung, pinggang dan leher. (Kata Juragan)
Warm Up
Kamu bisa mulai olahraga di kantor dengan cara melakukan pemanasan terlebih dahulu. Caranya, sambil duduk di kursi Kamu, lakukan peregangan pada jemari Kamu, kemudian buatlah gerakan melingkar pada pergelangan tangan dan kaki, lanjutkan dengan peregangan otot leher dengan menariknya ke arah dada Kamu dengan perlahan.

Side Neck Stretches
Latihan ini berfungsi untuk meregangkan otot leher dan menghindarkan Kamu dari nyeri leher akibat duduk terlalu lama. Caranya, duduk tegak, miringkan leher ke arah pundak secara perlahan, dan tahan selama 10 detik. Lakukan dengan posisi tubuh tegak.

Shoulder Shrug
Bahu merupakan daerah yang seringkali mengalami nyeri saat Kamu melakukan aktivitas. Contoh gerakan untuk mencegah nyeri bahu adalah duduk tegak, angkat pundak ke arah atas hingga mendekati telinga, dan tahan selama 3-5 detik, turunkan kembali pundak ke posisi normal, ulangi 3-4 kali.

Chair Sit To Stand
Ini contoh olahraga di kantor yang mudah bagi Kamu. Cukup berdiri kemudian duduk, dan berdiri lagi, lakukan selama 30 menit. Gerakan ini baik untuk melatih keseimbangan tubuh Kamu.

Swimming Exercise 
Gerakan latihan ini sama dengan gerakan pada saat Kamu berenang. Dengan posisi duduk, gerakkan tangan Kamu seperti Kamu melakukan rengan dengan gaya dada ataupun gaya punggung.

Back Side-Stretch
Latihan ini dapat membantu mengurangi rasa pegal di bagian punggung akibat duduk terlalu lama. Caranya, duduk tegak lalu angkat kedua tangan lurus ke atas dengan kedua telapak tangan saling berkaitan. Miringkan tubuh ke arah kiri dan kanan secara perlahan untuk melakukan peregangan otot bagian punggung.

Jumping Rope
Kamu pernah lompat tali? Kamu dapat melakukannya di kursi Kamu. Caranya, dalam posisi duduk, angkat kaki Kamu secara bersamaan seolah-olah Kamu melakukan lompat tali. Latihan ini baik untuk melatih otot kaki.

Middle Back Stretch
Merupakan latihan yang baik untuk melatih bahu dan lengan secara bersamaan, sehingga terhindar dari kram atau kesemutan. Caranya, duduk tegak, pegang siku kiri dengan tangan kanan, lalu gerakkan dan dorong siku kiri ke arah pundak kanan. Tahan selama 5 detik dan ulangi untuk siku sebelah kanan.

Back And Leg Curl
Untuk meregangkan otot lutut dan paha Kamu bisa melakukan gerakan ini. Caranya, saat duduk di kursi, pegang kaki kanan di bagian depan betis lalu angkat kaki tersebut sembari ditekuk. Posisikan tubuh sedikit membungkuk ke arah depan dan dekatkan hidung ke arah lutut. Ulangi untuk kaki sebelah kiri.

Leg lift
Bermanfaat untuk meregangkan otot paha dan betis secara bersamaan. Caranya, duduk tegak pada bagian ujung kursi, lalu angkat kaki kanan dari permukaan lantai dan tahan hingga beberapa saat. Pastikan posisi kaki tetap lurus saat diangkat. Turunkan kaki kembali, dan ulangi gerakan dengan kaki kiri.

Nah, mudah bukan? Apapun kondisinya, Kamu tidak bisa melewatkan waktu berolahraga begitu saja, termasuk saat Kamu memiliki kesempatan untuk melakukan olahraga di kantor. Kesehatan tubuh adalah yang utama, yang hanya bisa Kamu dapatkan jika Kamu membiasakan diri untuk berolahraga di mana saja dan kapan saja. Mensana in corporisano, Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Selamat berolahraga!

http://ngenee.blogspot.com/2012/04/4-olah-raga-mengecilkan-perut-yang.html

Salam Olahraga!

Referensi
http://www.planetsports.net/manfaat-berolahraga-saat-kerja
http://www.merdeka.com/sehat/5-olahraga-ringan-yang-bisa-dilakukan-di-rumah/latihan-di-lantai.html
http://shared-files.blogspot.com/2011/11/10-olahraga-simpel-di-kantor.html

Comments

  1. Kebetulan tadi pagi udah jogging haha

    ReplyDelete
  2. Kalau kerjaanku dulu ya memang gak diem duduk aja sih, banyak bolak-balik, naik-turun tangga :D

    ReplyDelete
  3. wah, bisa sehat nih kalo sering kaya gitu. oh ya jangan lupa untuk kunjungan balik dan koment balik ya http://ane-aldi.blogspot.com/2014/03/tempat-magang-dengan-gaji-besar.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat :D

      Delete
  4. Kalau saya suka jalan2 puter2 gedung :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Politik Kekerabatan : Studi Kasus Politik Dinasti di Indonesia