Marketing Melalui Blog

Di jaman yang semakin modern, kemajuan teknologi yang makin pesat semakin membuat kehidupan manusia menjadi semakin mudah. Menjamurnya gadget modern yang menyediakan berbagai macam aplikasi yang menunjang segala kehidupan menjadikan masyarakat jaman sekarang menjadi masyarakat internet (Netizen). Kehidupan seolah tak bisa lepas dari apa yang namanya internet, mulai dari pakaian, makanan, keperluan rumah tangga, sampai jasa pengantaran barang ataupun jasa antar jemput penumpang semua tersedia dalam aplikasi yang berbasis internet.
Di jaman sekarang, media sosial menjadi sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Berbagai macam jenisnya, mulai dari twitter, facebook, email, youtube, instagram, path, sampai blog menjadi penting, dan wajib dimiliki oleh tiap orang, tiap orang yang tentunya sudah melek teknologi. Well, bagi mereka yang belum melek teknologi pun akan menjadi tertarik dan kemudian belajar menggunakan media sosial tersebut. Media sosial sudah menjadi dimensi baru dalam masyarakat. Dimensi baru yang menjadikan interaksi dan sosialisasi menjadi semakin semarak tanpa perlu temu muka dan tatap mata. Cukup bermodal koneksi internet ataupun pulsa berbayar, orang-orang sudah bisa saling bercakap-cakap, baik melalui chatting, sms, telpon atau video call, sosialisasi menjadi sangat mudah. Dan pada akhirnya internet menjadi sebuah candu yang membuat penggunanya semakin ketagihan untuk mengaksesnya lagi, lagi, dan lagi.


Besarnya pengaruh internet dalam kehidupan masyarakat membuat banyak perusahaan-perusahaan mulai mengarahkan perhatiannya pada internet. Semakin banyak perusahaan yang melebarkan sayapnya dan menyasar para pengguna internet untuk menawarkan produknya. Banyak perusahaan yang menggunakan media sosial sebagai media marketingnya. Banyak media sosial yang bisa digunakan dalam marketing, namun dalam tulisan ini saya hanya akan membahas tentang Blog, khususnya membahas tentang “Bagaimana seharusnya konten marketing yang baik dari sebuah blog post”.

Marketing menurut Philip Kotler merupakan sebuah kegiatan dimana sekelompok individu atau sebuah perusahaan membuat suatu produk tertentu yang mana kemudian menukarkannya dengan nominal tertentu kepada pihak lain (konsumen). Jadi, dalam sebuah konten marketing, menarik atau tidaknya cara marketing sebuah produk akan menentukan dalam penjualan sebuah produk. Terkadang semakin unik cara marketing sebuah produk biasanya membuat para konsumen akan penasaran dengan produknya, dan kemudian akan berlanjut dengan membeli produknya. Semakin bagus kemasan marketing suatu produk akan berkorelasi positif dalam banyak penjualan yang diperoleh suatu perusahaan akan produknya, dan tentunya akan meningkatkan pemasukan secara keseluruhan. Dan di jaman sekarang marketing tak lagi mengandalkan cara konvensional, namun sudah berkembang dalam konteks yang luas dan bersifat global. Tak hanya melalui baliho, media massa, iklan televisi, ataupun radio, di jaman sekarang banyak perusahaan yang mulai menyasar media sosial sebagai media marketingnya, tak terkecuali dengan Blog.

Di jaman sekarang, perkembangan Blog mulai bergerak cepat, walaupun pergerakannya tak secepat facebook atau twitter. Namun tetap saja Blog seakan menjadi dunia baru, khususnya bagi mereka yang sudah mulai jenuh dan bosan dengan facebook ataupun twitter. Blog seakan menjadi primadona baru, hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya blogger-blogger yang bermunculan laksana cendawan di musim penghujan. Semakin banyaknya orang yang menggunakan blog, membuat banyak perusahaan yang tertarik untuk menjadikannya sebagai media marketing untuk produknya. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk memasarkan produknya lewat blog dan bekerja sama para blogger, baik dengan menggunakan Pay per Click (PPC), Google AdsenseBuzzer, Review Produk, Iklan Bergambar, ataupun dengan Penempelan Gambar Produk layaknya pemasaran dalam koran atau majalah. Namun semua itu kembali lagi pada “Bagaimana seharusnya konten marketing yang baik dari sebuah blog post.

Menurut saya, dalam menuliskan sesuatu harus diolah terlebih dahulu, apalagi ini tentang sebuah produk yang akan kita pasarkan. Semakin kuat ciri khas penulisan kita yang terlihat dalam sebuah tulisan tentang produk yang dipasarkan akan membuat terlihat menarik sekaligus unik, dan tentunya akan membuat banyak perusahaan yang tertarik menggunakan kita sebagai agen marketing akan produk mereka. Dan tentunya akan menambah pemasukan kita sebagai seorang blogger. Namun harus pula digarisbawahi, bahwasanya semua harus ada prioritas dan batasnyahal ini dilakukan untuk menjaga kredibilitas kita sebagai seorang blogger. Misalnya kita punya perjanjian dengan Sams*** dan menjadikan blog kita sebagai agen marketing produknya, khususnya gadget-gadget Sams***, maka alangkah baiknya untuk tidak menerima tawaran dari App** atau So** untuk sementara waktu, karena kita tahu Sams*** dan App** / So** adalah kompetitor yang saling bersaing, khusus untuk produk gadget. Hal ini dilakukan untuk mencegah tercorengnya kredibilitas kita sebagai seorang blogger professional, dan kalau pun mau menerima tawaran dari kompetitor yang lain alangkah baiknya untuk menunggu masa kontrak berakhir.
Pada prakteknya, nilai sebuah konten dan marketing menjadi penting. Apalagi dengan cara kita dalam menuliskannya, karena kita tahu setiap orang punya gaya penulisan yang berbeda. Penulisan tentang bagaimana kita menjual brand tersebut lewat pengalaman kita terhadap produk yang kita promosikan, dengan cerita kita, cerita kita yang menarik tentunya, dan menggunakan sudut pandang kita terhadap produk yang sedang kita promosikan. Karena kita tahu promosi yang terlalu kaku dan konvensional sudah terlalu membosankan, jadi oleh sebab itu kita menggunakan pengalaman dan cerita kita untuk mempromosikannya. Dan seperti kata Mbak Eva dalam Bloggercamp 2015 kemarin, akan menjadi menarik apabila kita mampu mempromosikan suatu brand lewat tulisan yang memuat cerita kita tentang pengalaman kita seputar brand yang kita promosikan, dan memberikan efek yang besar kepada para pembacanya sampai-sampai mereka tidak sadar bahwa yang mereka baca adalah tulisan tentang promosi sebuah brand.
Pada akhirnya konten dan marketing yang baik dalam sebuah blog post adalah tentang bagaimana kita mampu memberikan perspektif akan sebuah produk kepada pembaca lewat suatu cerita akan pengalaman dengan produk yang kita promosikan. Lewat cerita kita, membuat para pembaca tak lagi terfokus pada soal brand ataupun produk, tapi tentang bagaimana cerita kita, bagaimana pengalaman kita akan sebuah produk. Tulisan yang mengena langsung ke alam bawah sadar pembaca, dan memberi efek yang mana membuat pembaca tak sadar bahwa itu sedang promosi. Kita mampu membayangkan dan memposisikan kita sebagai pembaca blog kita, dan melihat lewat perspektif pembaca. Semakin kreatif dan unik dalam menuliskan pengalaman kita, semua akan membuatnya semakin menarik untuk dibaca, dan membuat para pembaca tertarik dan secara tidak sadar menjadi penasaran terhadap suatu brand yang kita promosikan.

Either write something worth reading or do something worth writing. ~ Benjamin Franklin


Sekian dari saya, Terima Kasih.

Comments

  1. Hmm, tulisannya menarik nih, Fan. Gue juga selalu menghargai klien atau orang yang ngajak gue bekerja sama. Gue semaksimal mungkin nulis dan promosinya biar klien ataupun pembaca nggak kecewa. :)

    Btw, tulisan baru gue udah bikin pembaca nggak sadar belum? (malah promosi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak tulisanmu yang terkadang justru menyerang jauh di alam bawah sadar yog, seketika mengaktifkan sakelar kesadaran diri, dan menjadikannya sadar haha

      Delete
  2. Berarti kalo mau review produk itu apakah harus menghubungi dulu si pemilik produk ya mas? #kurangpaham #newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, biar kita kerjanya gak sia-sia hehe ya sekiranya kalopun tak dibayar, kita punya prospek yang lumayan

      Delete
  3. Semoga menang ya lombanya...sukses selalu

    ReplyDelete
  4. Tulisan ini pas banget buat aku yang lagi belajar nulis blog dengan konten yang baik. Sekarang sih aku nulis blog masih dalam tahap "suka" belum sampai ada yang namanya "pay review" tapi siapa tau ya semakin bagus konten blog aku jadi ada brand yang ngelirik, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya betul, terkadang kita mesti melatih menulis sedari dini

      Delete
  5. Asyik, nih. Bisa belajar dari postingan ini. Kebetulan aku baru sekali sih dapet job review. Hiks. Mau lagi. Semoga ada yang Ngasih, dan semoga kualitas tulisanku udah lebih baik. Aamiin.

    Makasih ilmunya, kaaak. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah belum pernah dapat job review sama sekali hahahaa

      Delete
  6. Belum serius belajar review produk nih. Terima kasih ulasannya bermanfaat.

    ReplyDelete
  7. Blog sekarang sudah sejajar dengan media mainstream lain nya macam majalah, koran, televisi. Jd sudah ngak bisa di pandang sebelah mata kekuatan para blogger dan aku bangga jadi blogger #Halah

    Jangan lupa berkunjung ke www.cumilebay.com #NumpangIklan #Marketing

    ReplyDelete
  8. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Politik Kekerabatan : Studi Kasus Politik Dinasti di Indonesia