HOW TO MAKE A OUTLINE ?

HOW TO MAKE A OUTLINE ?
(Fandhy Achmad Romadhon)
            Membuat Outline sebenarnya itu mudah, asalkan kita tau sistematika akan kerangka outline itu sendiri dijamin kita akan semakin mudah dalam membuat outline tersebut baik itu outline kuantitatif maupun kualitatif. Outline umumnya berisi metode 5W IH (what, who, where, when, why, how). Outline alangkah baiknya itu Cuma 3-4 lembar, nggak lebih. Untuk lebih mudahnya saya akan member contoh sistematika outline yang benar menurut Miss Ana :

Outline
1.      Tema
a.       Tema Umum : ……. (berisi tema umum) (misal: Marketing Politik)
b.      Tema Khusus : …… (berisi tema khusus, tema khusus didapat dari penyempitan bahasan tema umum) (misal : kampanye politik) (kampanye politik dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur) di dalam tema khusus sangat dilarang untuk menyebutkan MERK (baik itu nama calon, daerah pemilihan (DKI JAKARTA) pencantuman MERK sangat dilarang disini, pencantumannya dimasukin nanti di bagian Topik.

2.      SOP (Statement of Purpose) (Tujuan penulisan)
Paragraph pertama berisi (opening) :
Saya ingin meneliti tentang ……(tema umum) …. (dilanjutkan pada penyebutan tema khusus) ….. (dalam paragraph ini boleh disebutkan merk) (lebih lengkapnya liat contoh outline di bawah) (paragraph pertama berisi 4 W (what, who, where, when) (what = apa yg jadi tema bahasan, who = siapa yg jadi bahasan, where = lokasi tempat yg akan diteliti, when = kapan? Waktunya?
Paragraf kedua berisi (discussion) :
Alasan saya ingin meneliti tentang ….. karena … (berisi alasan mengapa mengambil tema penelitian , bisa berisi kalimat eksplanasi, argumentasi, dan berisi hasil ekstraksi dari paragraph pertama serta didukung data yg up to date serta teori konsep, kalimat penutup dengan redaksional yang menyakini bahwa penelitian ini penting dilakukan) (why = mengapa melakukan penelitian tersebut)….
Paragraf terakhir berisi (Closing) :
Penelitian yang akan saya lakukan ….. (pada bagian ini, peneliti menyebutkan akan menggunakan metode apa dalam meneliti tema yg akan diteliti) (berisi HOW = bagaimana? Bagaimana cara menelitinya? Bagaimana cara memperoleh datanya?

3.      Topik
………………. Berisi judul utama … (WARNING !!! = Jika salah dalam pembuatan judul/topic ini maka akan dipastikan untuk keseluruhan akan salah semua… jadi hati-hatilah) umumnya berisi 10-22 kata, nggak boleh lebih, tak boleh ada kata kata singkatan/disingkat)

4.      Daftar pustaka / Referensi
Berisi minimal 3 buku : (Buku tentang metode yang digunakan, buku tentang konsep besar yang akan ditulis, dan jurnal, bisa juga ditambahkan sedikit dari internet, tapi jangan lupa dikasih nama situs / link secara lengkap guna menghindari plagiarism.

Untuk lebih lengkapnya bisa melihat contoh Outline di bawah tapi dibawah adalah Outline Kualitatif, kalian tinggal mengedit plus mengkreasikan ulang tentang penelitian yang akan dibuat…

SELAMAT MEMBUAT OUTLINE !!!
Contoh Outline :

Outline (Study Kasus)
 (Studi kasus akan kalian temui di MPP2 ) semester 5

1.    Tema
a.    Tema Umum       : Marketing Politik
b.    Tema Khusus     : Kampanye Politik dalam Pemilihan Gubernur dan
Wakil Gubernur (tanpa sebut MERK)

2.    Maksud Penelitian (Statement of Purpose)
Saya ingin meneliti tentang Kampanye Politik dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Dalam hal ini kampanye politik yang dimaksud adalah Kampanye Politik dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Kampanye politik Pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012.
Alasan saya melakukan penelitian tentang Kampanye Politik adalah karena kampanye politik merupakan hal yang jamak terjadi menjelang Pemilihan Umum. Kampanye politik merupakan segala upaya yang terorganisir dan memiliki tujuan untuk mempengaruhi proses pengambilan keputusan para pemilih dalam Pemilihan Umum. Kampanye politik menggabungkan partisipasi aktif yang melakukan kampanye dan pemberian suara. Kampanye politik melalui media  internet, khususnya melalui media jejaring sosial merupakan hal yang baru di Indonesia. Kampanye politik melalui media jejaring sosial pertama kali dilakukan oleh Pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012.
Di Media Internet, khususnya media jejaring sosial (Facebook, Twitter, YouTube, dan sebagainya), masyarakat khususnya masyarakat Jakarta akan dengan mudah membicarakan Pasangan Joko Widodo – Basuki Tjahaja Purnama. Di media jejaring sosial ini, masyarakat semakin banyak yang membicarakan Pasangan Jokowi-Ahok, khususnya membicarakan tentang baju kotak-kotak yang menjadi trademark pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012. Selain itu, ada pula program Jakarta Baru yang diusung Pasangan Jokowi-Ahok sampai peluncuran video parodi lagu milik One Direction yang kemudian diplesetkan menjadi lagu kampanye pasangan Jokowi. Peluncuran video parodi tersebuat membuat nama pasangan Jokowi-Ahok ini semakin melambung di kalangan masyarakat, khususnya masyarakat Jakarta.
Metode Penelitian yang saya gunakan dalam penelitian tentang Kampanye Politik adalah Metode Penelitian Kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Pendekatan yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Studi Kasus. Pendekatan Studi Kasus adalah studi pengujian secara rinci terhadap latar, subjek, atau satu tempat penyimpanan dokumen-dokumen tentang suatu peristiwa tertentu. Metode dan pendekatan penelitian ini digunakan untuk meneliti mengenai Kampanye Politik Pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama Melalui Media Jejaring Sosial di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012.

3.    Topik
Kampanye Politik Pasangan Jokowi-Ahok Melalui Media Jejaring Sosial dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di DKI Jakarta tahun 2012



Daftar Pustaka
Ariane, L. (2010). Komunikasi Politik. Bandung: Widya Padjajaran.
Budiardjo, P. M. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Cangara, H. (2009). Komunikasi Politik (Konsep, Teori, dan Strategi). Jakarta: Rajawali Pers.
Moleong, L. J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabet.


Fandhy Achmad Romadhon / F1D010046

Comments

  1. Nice share kang, sangat membantu saya yg masih sering salah dalam pembuatan outline, khususnya buat tugas miss Ana :v

    ReplyDelete
  2. haha iya iya sama sama mas #ehm ini bener kan mas mas? bukan mba? :)

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Hahahaa iyaa panel makasih :D tolong disebarkan ke anak-anak politik yg lain, biar nggak kesulitan bikin outline

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Politik Kekerabatan : Studi Kasus Politik Dinasti di Indonesia