Hidup Adalah Cobaan

Hidup adalah cobaan, ya seperti judul tulisanku hari ini, Hidup adalah cobaan. Ungkapan ini ada benarnya juga, karena selama proses kehidupan, kita tak pernah lepas dari yang namanya cobaan, cobaan hidup. Cobaan hidup datang silih berganti, ibarat kata peribahasa mati satu tumbuh seribu, ya begitulah dan ini akan terus berlangsung selama kita hidup di dunia ini.
        Kita sebagai manusia, tidak mampu menghindar dari yang namanya cobaan. Selalu saja cobaan itu datang dari arah yang tak pernah kita duga. Cobaan tak selalu berupa kesedihan, kemalangan, ataupun permasalahan, bahkan kegembiraan, kesenangan, maupun kemakmuran bisa juga disebut dengan cobaan, cobaan hidup.
        Tidak ada satu pun dari kita yang mampu menghalangi ataupun mencegah datangnya cobaan. Dalam setiap menghadapi setiap cobaan yang datang, haruslah kita memiliki kesabaran ekstra, kesabaran yang berakar kuat di dalam keyakinan, dan keimanan kepada-NYA. Kesabaran membuat kita mampu berfikir secara jernih dan menghasilkan pikiran yang positif, bukankah seperti yang banyak orang bilang di balik setiap cobaan selalu ada hikmah yang bisa kita ambil atau Selalu ada rencana Tuhan di balik setia cobaan sehingga tidak ada prasangka negatif atas segala cobaan yang datang menimpa kita. Ya meskipun terkadang kita masih saja suka untuk jengkel, marah, mengeluh, memaki, dan menggerutu ketika cobaan sedang menimpa kita. Patut kita ingat, Tuhan itu seperti sangkaan hambanya. Jika kita memiliki sangkaan baik, niscaya akan terjadi hal baik juga. Namun sebaliknya, jika kita memiliki sangkaan yang kurang baik, niscaya yang akan terjadi hal yang kurang baik juga.
        Hidup adalah rangkaian suatu perjalanan, perjalanan yang penuh liku dan penuh cobaan. Kita selalu diberi waktu untuk belajar memahami setiap masalah, setiap cobaan yang datang dan belajar untuk bagaimana menyelesaikan masalah yang datang. Agar kita kuat dalam menjalani berbagai cobaan dan permasalahan hidup, kita harus sabar. Kesabaran adalah obat paling baik untuk semua permasalahan.
        Tanpa kesabaran maka berbagai cobaan yang datang akan terasa sangat berat. Tanpa kesabaran maka suatu kehilangan, entah itu kehilangan orang yang kita sayangi, kehilangan harta benda akan terasa sangat menyakitkan. Namun, jika kita memiliki kesabaran maka ada ketenangan dalam jiwa, hati, dan pikiran kita untuk melihat berbagai permasalahan dari sisi yang lain, sisi yang positif. Bisa saja kehilangan itu adalah sebuah pertanda kita akan mendapatkan ganti yang lebih baik. Terkadang, cobaan yang datang kepada kita adalah sebuah pertanda, pertanda bahwa Tuhan memiliki rencana lain untuk kehidupan kita.

Seringkali kita sebagai manusia hanya bisa membuat rencana, rencana akan hidup kita nantinya akan sebagaimana dan sesuai dengan keinginan kita. Namun, terkadang pula kita sebagai manusia tidak pernah tahu dengan apa yang terbaik buat kita. Dan, Tuhan selalu memiliki rencana lain bagi kita. Lewat cobaan kita dapat belajar, belajar dalam memahami hidup dan belajar untuk bersabar dalam setiap menghadapi cobaan hidup. Bukan hidup namanya jika tak ada cobaan. Hidup adalah cobaan!

Comments

  1. Bagi saya, hidup adalah hidup. Tidak ada deskripsi tepat untuk menggambarkan apa itu hidup. Cobaan, perjalanan, long life education, perjuangan, adalah bagian dari hidup itu sendiri. Hidup ya hidup :)

    ReplyDelete
  2. that's life, life is an adventure #iklanbebelac :)

    ReplyDelete
  3. Ya, begitulah hidup. Semoga dibalik cobaan ada pesan yang terselip ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak :) dibalik cobaan selalu ada rencana baik yang tuhan persiapkan utk kita #bismillah :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Politik Kekerabatan : Studi Kasus Politik Dinasti di Indonesia