April Mop!

*di jalan* Temen cewek : "van, kamu kok ganteng banget sih hari ini? :))"
Aku : Wah iyakah? *tersipu malu* *terbang*  XD
Temen Cewek : Tapi BOHONG! APRIL MOP! :p
Aku : -______- *jatuh seketika*

Pernahkah kalian mengalami kejadian yang seperti aku alami tadi? Kalo pernah, berarti kita senasip kalo penyanyi itu ryan d'masip. 

Oiyaaa sebelum kita lanjutkan alangkah eloknya untuk saya curhat sebentar. Saya ingin mengucapkan Selamat Datang Bulan April semoga aku cepet-cepet seminar proporsal, dan cepet wisuda. Ngomongin soal April emang tak lepas dari yang namanya awal bulan, awal bulan yang katanya orang waktu dimana rumah makan padang jauh lebih sibuk dibanding warteg sebelah. *oke ini sih sudah melenceng jalur* Maksudnya awal bulan april itu selalu melewati tanggal 1 April, dan tanggal 1 April adalah perayaan hari kamprettt sedunia #eh maksudnya perayaan APRIL MOP! Hari dimana kita bebas berbohong dan mengerjai orang dengan lelucon garing mereka.Tapi bagi saya sih tetap saja HARI KAMPRETT, ya secara aku seringnya yang jadi korban kejahilan mereka. Mereka seolah bebas mem-bully saya, orang paling tampan selautan. Tapi apalah arti tampan kalo tambatan hati saya tak punya. #garing

http://1.bp.blogspot.com/-2nqR10DAsoI/T4VULgnnWTI/AAAAAAAAAj4/ioBfEq5Lrlw/s1600/april-mop.png

Tapi, tahukah mereka akan sejarah April Mop?


April Mop hanya berlaku pada tanggal 1 April, April Mop adalah hari di mana kita boleh dan sah-sah saja menipu teman, orangtua, saudara, atau lainnya, dan sang target tidak boleh marah atau emosi ketika sadar bahwa dirinya telah menjadi sasaran April Mop. Biasanya sang target, jika sudah sadar kena April Mop, maka dirinya juga akan tertawa atau minimal mengumpat sebal, tentu saja bukan marah sungguhan. (Sumber)

Dibalik semua kegembiraan anak muda yang ikut-ikutan Ngerayain April Mop itu ada sebuah misteri besar yang mereka tak tahu dan tak pernah mereka ingin tahu. Sama seperti kasus sejarah Hari Valentine. April Mop sendiri adalah suatu perayaan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib yang dilakukan lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekadar hiburan atau keisengan belaka. Untuk sejarah lengkapnya kalian bisa baca lanjutannya disini.

Walaupun belum sepopuler perayaan tahun baru atau Valentine’s Day, budaya April Mop dalam dua dekade terakhir memperlihatkan kecenderungan yang makin akrab di masyarakat perkotaan kita. Terutama di kalangan anak muda. Bukan mustahil pula, ke depan juga akan meluas ke masyarakat yang tinggal di pedesaan. Ironisnya, masyarakat dengan mudah meniru kebudayaan Barat ini tanpa mengkritisinya terlebih dahulu, apakah budaya itu baik atau tidak, bermanfaat atau sebaliknya.

Tapi, apa mau dikata, nasi telah menjadi bubur. Yang terjadi biarlah terjadi. Tinggal tergantung dari masing-masing individu, akankah akan merayakan APRIL MOP, atau tidak.
Kalo aku sih NO, tau deh itu Mas Anang. Mas Anang gimana? *dikira indonesian idol* -__-

Referensi

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. gak ada tuntunan buat umat islam merayakan april mop. lagian sepanjang tahun sudah marak kebohongan di sekitar kita. -_-

    nice post

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mas, tapi meskipun aku nggak merayakan tetep saja aku sering kena jail temen2 -__-

      Delete
  3. Wah.. sejarahnya gitu banget :( Yang namanya bohong aja udah dosa, loh. Eh.. sejarahnya begitu pula. Tak baik, tak baik, tak baik.. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbakk... sejarahnya begitu banget emang :l

      Delete
  4. aku tertarik sama rumah makan padangnya ketimbang april mop -..-

    ReplyDelete
  5. Memang aneh dan mengherankan, mengapa berbohong diperbolehkan?! Sekalipun itu hanya gurauan. Dan mengapa "hanya" pada tanggal 1 April saja? Sayangnya kita sering meniru hal-hal yang aneh tanpa mengetahui dampak negatifnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasalah, namanya juga anak muda -___- Namun seringnya saya yang jadi korban kebohongan tersebut -__-

      Delete
  6. ga pernah mau ikutan bginian... bohongin org aja udah dosa, mana ada ceritanya diperbolehkan dlm 1 hr itu ;p.. untungnya temen2 saya dulu juga ga suka ikutan april mop begini... apalagi kalo sampe ketahuan guru agama ;p bisa2 dihukum

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Politik Kekerabatan : Studi Kasus Politik Dinasti di Indonesia