Twitter Kena Suspend? Jangan Khawatir

Apa kalian punya akun Twitter? Kalo punya jangan lupa follow saya @vandy_46 akun baru, akun yang dulu @vandy_ar dihack orang, passwordnya diganti. #kampretttt -_- Alhasil saya pun terpaksa menggunakan akun baru, ya meskipun sebenarnya itu akun lama yang aku buat untuk cadangan kalo ada bencana seperti sekarang, bencana akun dihack sama orang lain. Dan parahnya email yang aku pasang buat bekingan email pun sudah hangus, tak bisa dipakai. Ibarat kata pepatah sudah Jatuh tertimpa tangga pula. Terpaksa pake akun twitter baru.

Saya terpaksa merelakan dan mengikhlaskan akun lama saya dan saya ceritakan kemalangan saya dalam Cerita Malam Minggu Kelabu yang sudah saya posting tadi pagi. Tapi sayang takdir berkata lain, akun saya paswordnya diganti orang tak bertanggung jawab. Konsekuensinya saya kehilangan akun saya yang sudah saya rawat dengan kasih sayang layaknya anak sendiri, kehilangan akun saya yang sudah menemani saya selama hampir 4 tahun terakhir.  Dan akhirnya saya pake twitter baru. Saya pikir pake twitter baru akan mengurangi masalah, namun nyatanya bak bumi dan langit akun twitter baru saya malah di-Suspend sama pihak twitter. 


Pernahkah akun twitter kalian ditangguhkan alias kena Suspended?

Pernahkah akun Twitter kalian tiba-tiba saja terkena suspended? Ketika akun twitter terkena suspended atau ditangguhkan, maka akun tersebut tidak akan bisa digunakan lagi. Akun twitter kena suspend tentu saja  membuat kita kesal sekaligus khawatir karena kita tidak bisa menggunakan akun yang mungkin sudah banyak followers-nya, dan ujung-ujungnya galau. Jangan panik! Santai saja dulu, ngopi-ngopi dulu lah kan santai, lagian akun yang kena suspend masih bisa disembuhkan kok. Tapi ya mesti ada cara dan prosedur yang mesti kita lalui. Selow!

Sebelum kita membahas ke cara mengembalikan akun twitter yang kena suspend, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa penyebab mengapa akun twitter kita ditangguhkan alias Suspended. Untuk beberapa alasan, akun twitter kita memang bisa ditangguhkan oleh pihak twitter. Biasanya karena kecurangan sang pemilik akun dalam mencari followers (seperti membeli followers), atau bisa juga karena aktivitas tidak wajar dan dianggap mencurigakan yang melanggar aturan di twitter.

Apa sajakah penyebabnya? Mari kita simak bersama-sama penyebab akun Suspended menurut Jangkrik

Pertama, Mem-Follow banyak orang dalam waktu singkat (bisa ratusan, hebat ya kayak robot). Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya suspended. Biasanya sih akun yang kena suspended akibat kayak gini biasanya cuma sementara. Biasalah namanya juga twitter, jadi kagak tegaan sama yang namanya follower. Dan saya kena suspended gara-gara kebanyakan follow orang dalam waktu singkat. Bisa dibayangkan saya follow akun orang dalam 2 menit 500 orang? Haha ya pantas saja kena suspend.

Kedua, Memasukkan link atau kalimat yang salam dalam beberapa tweet yang berbeda kepada orang yang berbeda pula (biasanya sih seputar masalah promosi blog, produk, sampai akun twitter baru). Dan kembali, saya melakukan hal ini. Akibatnya bisa ditebak, banjir bandang dimana-mana #eh maksudnya twitterku kena suspended.

Ketiga, Melakukan Spam alias melakukan posting tweet yang berlebihan dalam satu waktu istilah kerennya nyampah di timeline. Biasanya sih ini sering dilakukan sama-sama akun ababil yang butuh perhatian. (kalau di komentar blog sih biasanya cuma komentar hadir pak, atau kunjungi juga ya *link* blablabla) Intinya melakukan spam itu membuat pengguna lain tak nyaman. Untuk hal ini saya tak melakukannya *anak baik*. :)

Keempat, Terlalu banyak mention orang dalam waktu singkat dan dalam satu akun (biasanya sih kasus ini terjadi di kalangan ABG seperti saya ini hehe). Saya melakukannya! Singkat padat jelas! Haha

Kelima, Diblokir banyak orang. Ah kalo kayak gini sih biasanya menyerang akun-akun twitter yang sering mengumbar aib orang lain di twitter, suka twitwar di twitter kayak si Farhat Abbas, atau akun-akun yang menyerang aktor-aktor politik seperti akun @TrioMacan2000. Dan parahnya membawa masalah SARA. (masih mending kalau cuma diblokir, tapi kalo di-report as spam bahaya tuh). Kalo masalah ini sih saya No Coment, abisnya saya tak melakukannya. *anak baik*

Untuk menghindari akun twitter kena suspended, lebih baik kita tidak melakukan hal-hal yang saya sebutkan diatas. Dan, faktor yang paling sering mengakibatkan akun kita ditangguhkan adalah mendapatkan followers dengan curang dan melakukan unfollow yang terlalu banyak serta spamming. Lha terus kalo akun twitter sudah kena suspend, apakah masih bisa diselamatkan? Oh masih bisa, bisa banget.

Ada tahap-tahap administrasi dan birokrasi yang harus kalian kalo mau bikin KTP mengembalikan akun twitter yang Suspended. Bagaimana tahap-tahapnya? Tahap-tahap penyembuhan akun twitter yang kena suspended menurut Jangkrik adalah sebagai berikut :

1. Kunjungi kantor polisi link ini ~> https://support.twitter.com/forms/general?suptopic=suspended
2. Isi formulir di bawah ini :

Regarding : Suspended Account
Subject : Account suspended
Description of problem : Dear twitter, My account is suspended. I apologize if I am wrong in using twitter. but i don't understand where is my fault that my account is suspended. I beg you to help me so that my account can be used again. Thank you very much.
Full name : Isi dengan nama akun Twitter Anda. Contoh : Fandhy Achmad R
Username : Masukkan @username twitter kamu. Contoh : @vandy_46
Email address : Email kamu. (email yang digunakan untuk mendaftar Twitter). Contoh : Juragan_Twitter@yahoo.co.id.
Ini penting dan jangan sampai lupa! buat jaga-jaga kalo nanti ada hal-hal yang tidak diinginkan menimpa twitter kalian. Misalnya dihack atau diretas oleh orang orang yang tak bertanggung jawab. Maka email-lah jadi jalan terakhir untuk menyelamatkan twitter kalian. Dan diharapkan untuk setiap bulannya email yang digunakan dalam twitter selalu dibuka agar tidak hangus. Jangan seperti saya, gara-gara jarang buka email akibatnya email jadi hangus. -_-
Phone Number : nomor handphone kamu (tidak wajib untuk diisi)

Untuk lebih lengkapnya silakan lihat pada gambar berikut:

Sumber : Jangkrik

3. Setelah selesai silahkan klik Submit (Tunggu hingga mendapat balasan melalui email dari Twitter, biasanya 1-7 hari, kalau saya sendiri hanya 1 hari sudah mendapatkan balasan). Harap bersabar untuk mendapatkan balasan dari Twitter jangan disubmit berkali kali. Sering-sering cek email kalian (biasanya masuk di Inbox/Spam email kalian). Di sana akan ada balasan apa saja kesalahan yang telah kita lakukan (tapi balasannya itu standar banget sih, soalnya akun Twitter saya yang lain balasannya juga sama).

4. Jika sudah silahkan, silahkan kalian balas atau mereply email tersebut untuk mengakui dan berhenti dari kesalahan tersebut. Jangan tunda terlalu lama karena bisa jadi mereka menganggap account twitter kalian tidak terlalu penting atau anda meremehkan email peringatan dari Twitter tersebut. Balas email tersebut dengan kalimat seperti ini: "I apologize and I promise not to repeat the bad behavior.. Thanks a lot."

Jika sudah disubmit balasan kalian, silahkan ditunggu beberapa saat, akun twitter tidak akan pulih secara instant. Ada yang butuh waktu sekitar 6 jam [bisa kurang], 1 hari, 3 hari, 2 minggu, tergantung pahala dan dosa masing-masing #eh seberapa parah kesalahan kita. Jadi harap bersabar menunggu akun kalian kembali pulih. Kalo pengalaaman saya sendiri sih membutuhkan waktu 4-5 jam sudah pulih. Dan ketika pulih biasanya akun twitter kalian akan memiliki Following : 0 dan Followers juga 0. Tapi jangan panik, jangan pula gegabah dalam mengotak-atik twitter kalian yang barusan terkena suspended. Karena twitter membutuhkan waktu untuk memperbaiki twitter kalian.

Alhamdulillah, setelah ketar-ketir seharian akhirnya twitter saya @vandy_46 kembali ke pelukan saya. Duilehhh.. Maksudnya kembali seperti semula. 

Akhir kata, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian-kalian para pembaca yang akun twitternya kena Suspended. Sekian.

Referensi :

Comments

  1. hhaha.. ane juga pernah kena suspend gan.. rasanya gak enak banget, takut pada kehilangan followers yang sudah di dapetin dengan susah payah..
    oh ya, kalau boleh gue minta tolong nih, kunjungi blog gue :
    http://nafarinm.blogspot.com/2014/03/mohon-doa-agar-sukses-uas-dan-un-

    2014.html

    bantu doa dan beri komentar aamiin ya, thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha aku malah sudah kehilangan akun gara2 diretas orang dihack -__-

      Delete
  2. Saya juga pernah , pertama disuspend , kedua link blog saya dianggap spam . Alhamdulillah , sudah teratasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha aku malah kena suspend gara2 kebanyakan mention dalam waktu singkat :D

      Delete
  3. semoga saja tidak terjadi padaku. amin. sabar ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha amin amin ... iya mbak, udah sabar banget nih

      Delete
  4. berguna nih infonya... untungnya belum prnh kena Fan ;p btw, itu bisa sampe kena hack gmn sih? amit2 kalo sampe twitterku kena...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kena hack... passwordnya diganti -__- ya syukurlah

      Delete
  5. Udah d.coba, tapi nggak bisa, bisa bantuin nggak

    ReplyDelete
  6. Wow, sip infonya.
    Ini yang kucari.
    Jangan lupa mampir di www.extraponsel.mywapblog.com gan :D

    ReplyDelete
  7. Makasih ya infonya,,, saya juga baru bkin udh di suspend.. ini sangat membantu sya :)

    ReplyDelete
  8. kalo tidak bisa buat tweet dan retweet itu knapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu namanya akun twittermu rusak, perlu disetting ulang dek :) ganti password

      Delete
    2. kalo gak ada tulisannya kene suspend gimana ya? bantuin dong?:(

      Delete
  9. Udah dicoba, bisa. Tapi suspend lagi. Udah 3 kali begitu lagi. Gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya cek email trs ganti password twitter... kalo masih juga belum bener.. bikin akun baru lagi

      Delete
    2. susah amad -_- @aryarodinal Follow ya

      Delete
  10. Kak, abis klik submit, ada keterangan dari website nya ga? Soalnya abis aku submit, langsung balik ke webpage itu lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada kolom yang belum kamu isi semuanya, coba dicek lagi dan sebisa mungkin diisi semuanya :))

      Delete
  11. twitter temen gue gabisa ngetwit , malah ada tulisan begini
    "Permintaan ini terlihat otomatis. Untuk melindungi pengguna kami dari spam dan aktivitas berbahaya lainnya, kami tidak dapat memenuhi tindakan ini. Silakan coba lagi nanti."
    itu kenapa yaa ? ada yang tau ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ada yang salah dibagian pengaturan, coba pengaturan diatur secara "Default" atau pengaturan twitter seperti pas awal mulai main twitter... :)) kalo nggak masuk ke pengaturan, terus "revoke" semua applikasi yang ter-sambung dengan si akun twitter

      Delete
  12. kenapa yah twitter gua gabisa ngetweet , retweet , ngefollow , sama ganti password gabisa , tapi di buka mah bisa ganti foto juga bisa , kenapa yah ? ada yang tau caranya ga buat ngebenerin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diedit pengaturan twitternya, coba pake pengaturan "Default" atau pengaturan otomatis darisananya... terus kalo udah ganti alamat email yg buat back up twitter...

      Delete
  13. mas cara mengatur pengaturan deflaut gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba masuk ke pengaturan setting twitter dulu mas :)

      Delete
  14. kalo ga bisa buat tweet, dm sama nge retweet itu kenapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo soal itu mungkin akun twittermu rusak mas... saran aja sih, mending bikin akun baru saja

      Delete
  15. min, mau tanya nih, kok akun twitter saya ngak bisa memfollow orang lagi..?

    mhon bantuannya

    ReplyDelete
  16. walah rusak masa akun saya. galau dah :'v

    ReplyDelete
  17. kak twitterku kok gak bisa buat retweet and ngetweet ya itu kenapa . mohon bantuannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba disetting default dulu di pengaturan... kalo ada aplikasi, coba di-revoke dulu

      Delete
  18. gan tolong bantu saya , udah mudeng sama masalah twitter -_-
    ini email saya abilrahmat2@gmail.com

    ReplyDelete
  19. udah dicoba,,https://support.twitter.com/forms/general?suptopic=suspended tp kok msh ga bisa ya pas mau isii??
    knpa??

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Politik Kekerabatan : Studi Kasus Politik Dinasti di Indonesia