Ujian Nasional? Siapa Takut

Selamat malam wahai para pembaca, selamat berjumpa lagi dengan saya setelah sekian lama tak jumpa. Akhir-akhir ini saya sedang disibukkan dengan sesuatu pekerjaan yang tak penting, kayak stalking timeline mantan revisian, pacaran dengan buku-buku perpustakaan dan sebagainya. Oiyaa tak terasa besok itu tanggal 13 April 2014. Emang ada apa? Besok itu UJIAN NASIONAL. 

Ngomongin soal mantan #eh maksudnya soal UJIAN NASIONAL emang tak bisa dilepaskan dengan yang namanya momen ketar ketir, momen was-was kayak mau nembak gebetan. Ujian Nasional itu Momen krusial, yang mana masa sekolah 3 tahun itu ditentukan dalam waktu 4 hari. Sungguh tidak adil memang, masa sekolah 3 tahun cuma ditentukan dalam waktu 4 hari. Andaikata Ki Hajar Dewantara masih hidup, niscaya beliau akan terharu melihat anak-anak didiknya tertekan gara-gara mau Ujian Nasional.

Slow sajalah, Ujian Nasional itu Datang, Kerjakan, dan Lupakan! Yeahhh! Tapi ya gitu, untuk bisa mengerjakan soal-soal UN ya butuh persiapan panjang nan membosankan. Salah satunya baca timeline mantan #eh keceplosan. Maksudnya baca-baca buku pelajaran. Saya tahu betapa guru-guru "memaksa" otak kita untuk menyerap segala materi pelajaran. Saya paham betapa bosannya kita mendengar saran guru buat banyak membaca buku-buku pelajaran. Jangankan suruh membaca buku pelajaran, suruh baca daftar absen saja saya mengantuk. Apalagi suruh baca buku pelajaran. Entahlah.


Daripada stress mikirin Ujian Nasional, nih si Raditya Dika punya tips sukses dalam menghadapi dan mengerjakaan soal ujian nasional. Kamu siap ujian? Siap? Aku sih YES. Tau deh Mas Anang. Loh Kok? Ah sudahlah, langsung saja, ini dia tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional dari Raditya Dika :

1. Sebelum berangkat ke sekolah alangkah baiknya untuk tidak mandi. Jangan mandi, biar pengawas tidak mendekat akibat aroma dahsyat yang keluar dari tubuh kalian. Karena pengawas menjauh kan jadi gampang tuh buat nyontek. Jangan lupa pula buat menaburi meja kalian dengan garam, biar pengawas tidak berani mendekat apalagi mencegat. Cerdas!

2. Wajib sarapan pagi! Nasi is Recommended. Mengandung AA DHA dan Prebiotik. Jangan Mie! Ntar Sakit perut! Kan nggak banget tuh, lagi ujian bolak-balik ke toilet gara-gara perut melilit. Mau kongsen malah tongsen. Eh itu sih nama makanan. Laper! Jangan lupa minum tolak angin sebelum ujian dimulai, karena orang pintar selalu minum tolak angin.

3. Jangan lupa buat menyiapkan peralatan alat sholat dibayar kredit. Eh tunggu tunggu ini mau ujian apa mau lamaran? maksudnya menyiapkan peralatan ujian, kayak pensil 2B (pastikan kalo itu 2B bukan 36B) Itu kegedean, penghapus, penggaris, dan obat bius. Loh kok obat bius? Iya buat bius pengawas, kalo dia nya rewel. Sesat!

4. Jawablah soal-soal yang menurut kamu gampang lebih dulu. Kalo semua susah, tabahlah. Disaat ragu tak bisa menjawab soal-soal ujian, perhatikan huruf yang bersinar dan pilihlah itu niscaya kamu akan benar. Kamu tak bisa jawab soal ujian? Jangan kuatir dan jangan keluar keringat dingin. Santai saja, semua masih bisa dikendalikan. Kalo menyerah lambaikan tangan ke kamera. Kalo pun kalian mau menyontek jawaban temen, pastikan bahwa jawaban temenmu itu ada cap logo "HALAL" dari MUN (Majelis Ujian Nasional). Maju tak gentar menyontek yang benar. Kerjakan semampu kalian. Jika kalian tak bisa juga menjawabnya, jangan malu pake ‘Ask the Audience’. Itulah gunanya teman, teman seperjuangan. Cerdas!

5. Sebelum mengerjakan soal ujian, pastikan bahwa lembar ujian itu punya kamu dan bukan punya temenmu. Sebelum mengisi jawaban berdoalah dan optimislah. Optimis bahwa kalian bisa (bisa menyontek teman). Kalo mau nyontek tapi kamu ijin dulu ke pengawas berarti tandanya kamu itu pelajar u-mild, strong! Kalo pun kalian ketauan nyontek, segera tatap tajam mata pengawas, masuki alam bawah sadarnya jauh lebih dalam jauh lebih lelap dari sebelumnya… zzzzz *tertidur*. Simpanlah contekan kalian di tempat yang sangat ideal dan aman. Contoh: selipan pantat. Pantat sendiri ya bukan pantat pengawas.

Ingat yang dihitamkan itu lingkaran, jangan bentuk lope-lope atau bikin motif crop circle! Inget! Lingkaran jawaban itu dibuletin, bukan dicoblos!! Kamu kira ini pemilu, kalo pemilu sih ceritanya lain lagi. Baca : Cerita TPS 5

Kalo semua tips gak mempan, lakukan hal terakhir yang paling manjur. Bisa dilakukan semua umur & tidak perlu bimbingan orangtua. Yang harus dilakukan adalah… PASRAH. 

Sekian tips mengerjakan ujian nasional. Kalo ada kesulitan ketika sedang mengerjakaan soal ujian jangan sungkan untuk bertanya kepada pengawas bagaimana mengerjakannya. Tetap semangat dan tetap optimis bahwa kalian bisa mengerjakaan soal ujian nasional.

Selamat malam dan salam sukses buat kalian.

Referensi

Comments

  1. wooouuwwww,,,,,,, untung ane udah lewatttttttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh enak tuh,,, aku lagi UN ini bang. .. Ujian Nyepik gebetan #eh

      Delete
  2. untung udah lewat masanya....
    "Ingat yang dihitamkan itu lingkaran, jangan bentuk lope-lope" ini efek galau tingkat kecamatan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa abisnya lagi kasmaran eh malah ada UN

      Delete
  3. terkhusus buat adek-adek , selamat menempuh UN yaaaa

    ReplyDelete
  4. Recomended buat yang mau UN tahun depaaan. gue si udahan.. bang.

    ReplyDelete
  5. tips yang sangat membantu...dalam hal mengurangi stress menjelang ujian. hehehe, kan kalo ngerjainnya dalam keadaan stress, yg pintar pun jadi bego. Dan tersenyum membaca artikel ini bisa mengurangi stres, atau malah nambah stres..hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihahaha saya rasa mlh menambah stresss haha
      Tak apalah yg pnting trhibur

      Delete
  6. wah saya ikut UN juga.
    Note : 3 tahun lalu

    koment balik ya ?
    http://musikanegri.blogspot.com/2014/04/gunongan-bukti-cinta-sultan-kharismatik.html

    ReplyDelete
  7. ngasih tips sih oke, tapi jgn ketauan banget belum move on nya.. dikit2 mantan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Move on?
      Aku sih YES. Tau dehh mbak donita xD

      Delete
  8. "...Oiyaa tak terasa besok itu tanggal 13 April 2014.."

    Tapi tanggal postingannya kok 14 April?

    ReplyDelete
  9. Meski saya tidak lagi akan menghadapi ujian Nasional, setidaknya saya bisa share tipsnya kawan kepada adik-adik kelas :)

    ReplyDelete
  10. Tipsnya gak kuatttt

    aq malah biasanya puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha kalo puasa itu baiknya dilakukan sebelum ujian, kalo pas ujian alangkah baiknya untuk tidak berpuasa :))

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Politik Kekerabatan : Studi Kasus Politik Dinasti di Indonesia