Apa Salahnya Menjadi Berbeda ?

Perbedaan, kata orang perbedaan itu beda dari yang lain, beda dari biasanya, beda itu unik. Karena adanya perbedaan inilah kita mampu melihat, adanya cahaya yang beda dari tiap manusia. Cahaya bukan dalam arti harfiah, tapi cahaya dalam arti penerjemah. Penerjemah, yang mampu membedakan antara yang satu dengan yang lain.

Perbedaan, kata mereka berbeda itu pilihan, memilih menjadi kelabu atau memilih menjadi kelambu, semua itu pilihan. Pilihan, yang mana dalam hidup kita akan dihadapkan pada pilihan-pilihan yang berbeda namun tujuan akhirnya sama saja, demi kenyamanan. Kenyamanan hidup, kebahagiaan hidup. Kebahagiaan hidup yang dimulai dengan sebuah perbedaan. Perbedaan jenis kelamin, perbedaan rasa, perbedaan pola pikir, namun itu untuk apa? Perbedaan tercipta untuk apa? Untuk kita, untuk semua, dan untuk alam semesta. Kalo tak ada perbedaan, yang hanya akan Cuma kesamaan. Kesamaan, yang mana mereka paksakan demi kesamaan yang nyatanya hanya akan menghasilkan suatu kekacauan.

Perbedaan itu soal kenyamanan, kenyamanan dalam menjalani hidup kita sendiri. Jalan hidup masing-masing dari kita pasti berbeda. Dan pasti, dalam menjalaninya pasti dengan cara yang berbeda-beda pula. Kamu mau itu, saya mau ini. Mereka minta jingga, aku minta merah muda. Kita punya cara berbeda-beda dalam mengisi hidupnya masing-masing. Kamu pilih abstraksi, aku pilih konstruksi. Jadi apa masalahnya ? Apa Salahnya Menjadi Berbeda ?

Berbeda bukan menjadi sebuah masalah, justru berbeda akan menyelesaikan masalah. Menyelesaikan masalah dengan sebuah toleransi, toleransi saling menghormati antar sesama. Antar sesama manusia yang berbeda suku, gender, agama, pola pikir, maupun soal selera hidup. Perbedaan itu diciptakan untuk menyatukan, menyatukan segala perbedaan dalam sebuah tujuan, tujuan kita bersama. Hidup dalam sebuah kesatuan. Kesatuan umat manusia yang saling toleransi, dan saling menghormati. Hidup akan terasa indah jikalau kita tahu cara bagaimana menghargainya. Menghargai perbedaan yang ada. Jadi, Apa Salahnya Menjadi Berbeda ? :)

https://aryasetta.files.wordpress.com/2013/03/kata1.jpg

Comments

  1. Perbedaan itu kalau menurut saya sih sebetulnya bukan masalah benar-salah, tapi berawal dari nyaman-tidak nyaman. Karena sebagian besar orang berpihak pada hal yang nyaman, maka hal yang tidak nyaman ditinggalkan. Lambat laun, yang ditinggalkan itu diartikan sebagai kesalahan karena orang2 ga ada yg mau milih itu. Gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju dengan Mas Mawis. Selama apa yang kita pilih masih merupakan hal baik dan benar, tak mengapa. :))

      Delete
    2. Iya bener banget kak wikan :))
      Perbedaan itu bukan masalah salah atau tidak, tapi masalah nyaman atau tidak nyaman :))

      Delete
    3. Saya setuju juga dengan Mas Wikan. Perbedaan bukan masalah benar-salah, tapi nyaman-tidak.

      Delete
  2. Kalau semuanya pada seragam, hidup kayak gitu pasti membosankan....

    ReplyDelete
  3. Betul, gak ada salahnya menjadi berbeda,....kan emang kita harus menghargai pilihan masing2 orang kan Fandhy ya...hehehe

    ReplyDelete
  4. sama sekali ga ada yang salah sama beda buktinya klo mo pacaran kita pasti nyari yang beda, khususnya beda kelamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kalo ini sih aku setuju banget pak HAHAHA

      Delete
  5. Perbedaan memang tidak bisa menyatu, Tapi bisa berdampingan layaknya air dan minyak. Dengan senyum, kata-kata dan pelukan yang hangat, Menyatukan perbedaan dalam lingup kebersamaan .. #Eh ini iklan indomie yah :D ups

    ReplyDelete
  6. Tapi kalau menurut saya, apabila kita selalu beda dari orang-orang sekitar kita kan lucu juga, misalnya disekolah hari ini semua orang disekolah memakai baju putih abu-abu , kita sendiri memakai baju batik, kan lucu banget tuh perbedaannya hehehe :D

    ReplyDelete
  7. Tampil beda boleh, tapi harus ikuti aturan..

    ReplyDelete
  8. berbeda itu seharusnya bisa menjadi anugerah, coba baayangkan di dunia ini semua yang kita temui itu sama., dari lahir sampai sekarang semuanya sama akan membuat kita bosan sebagai manusia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha jadi, berbeda itu keindahan ya? Keindahan yang membuat dunia semakin berwarna :)))

      Delete
  9. kayak iklan mi instan :p

    berani beda itu baik, karena manusia diciptakan berbeda untuk dunia yang lebi berwarna. #tsaaahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupp bener banget, perbedaan membuat dunia jadi berwarna

      Delete
  10. Ada yang mengatakan kalau mau sukses tidak mesti menjadi yang terbaik. Karena jika kita tidak bisa menjadi yang terbaik, maka buatlah diri kita berbeda dari kebanyakan orang. Sukses dengan cara kita sendiri *ngomong apa gue?* -_-

    ReplyDelete
  11. kita hidup di masyarakat komunal sih. pandangan yang dianggap berbeda dari masyarakat kebanyakan, pasti ditolak. padahal katanya be yourself.

    ReplyDelete
  12. mereka yang menolak perbedaan salah satunya adalah mereka yang mengaku orang Indonesia tapi tidak tau Indonesia secara keseluruhan. Bhinneka Tunggal Ika!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bukannya karena adanya perbedaan itu menyatukan semua elemen masyarakat indonesia

      Delete
  13. sering orang berkata bahwa perbedaan adlh penyebab utama pertikaian.. tp sebenarnya, kalau setiap orang berkepribadian sama.. apa jadinya dunia ini? flatttt bgt-_- jd nggak usah takut untuk mjd berbeda asalkan masih dlm jalur yg positif:)

    gantian mampir ke blogku ya, mohon komentarnya!^^ http://magicalsalma.blogspot.com/2014/07/sharing-your-moment-with-twiries-apa.html?showComment=1409174382315#c1599439122929341390

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget kak, kalo semua sama nggak ada bagusnya -__-

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Politik Kekerabatan : Studi Kasus Politik Dinasti di Indonesia