Ketika Kehabisan Ide Menulis

Bagi seorang blogger, ketersediaan sebuah ide merupakan sebuah kewajiban tak tertulis. Adanya ide merupakan jaminan adanya sebuah postingan. Entah itu postingan bagus ataupun tidak, yang penting sudah ada ide untuk ditulis dan diposting di blog pribadi. Akan sangat menyesakkan bagi seorang blogger apabila sampai suatu hari kehabisan ide untuk menulis, seperti yang saya alami saat ini. 



Saya sudah hampir sebulan tak bisa mendapatkan ide untuk menulis di blog. Sebenarnya sih saya banyak dapet ide menulis, mulai dari menulis cerpen, puisi, tulisan penting, sampai sesuatu yang tak penting sekalipun sempat terlintas di benak saya untuk ditulis di blog pribadi. Tapi seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, ide itu cuma datang sekedar melintas di pikiran. Sekedar melintas. Melintas doang, tak sempat mampir. Sebelum bisa saya tuangkan dalam lembar kosong ms word, entah kenapa tiba-tiba ide itu hilang tak berbekas. Ide yang tadi menggelora seketika lenyap bak ditelan bumi. Entah kenapa itu bisa terjadi? dan anehnya itu terjadi berulang kali.

Mungkin, skripsi menjadi penyebab utama hal ini bisa terjadi. Kenapa? karena semenjak 2 bulan terakhir ini, otak ini penuh dengan yang namanya skripsi, skripsi, dan skripsi. Kata Alitt Susanto, mungkin aku sedang terkena gejala Skripshitous. Skripshitious sendiri merupakan gangguan yang menyerang otak, khususnya otak kecil yang mengatur pola pikir. Pola pikir sangat penting bagi seorang blogger, tapi apa jadinya jika pola pikir itu terkena gangguan skripshitous? Ya hasilnya seperti aku ini. 

Kehabisan ide menulis, bagi sebagian blogger adalah sebuah mimpi buruk. Mimpi buruk yang selalu menghantui para blogger setiap harinya. Mimpi buruk yang hanya akan hilang untuk sementara waktu ketika kita menghasilkan postingan baru di blog pribadi. Mimpi buruk yang akan memunculkan rasa bersalah. Rasa bersalah dan kemudian membuat kita merenung dan berpikir "katanya blogger? kok gak pernah menulis postingan baru?". Sumpah ini jlebb banget. Bagi saya, Ujar-ujar ini seperti tamparan keras bagi saya yang mana adalah seorang blogger .... amatir.

Lalu, apa yang harus kita lakukan ketika kehabisan ide menulis ?

Ketika kita kehabisan ide untuk menulis biasanya terjadi karena pikiran kita terlalu lelah, terlalu untuk memikirkan sebuah ide. Maka untuk men-refresh kan pikiran kita banyak hal yang dapat kita lakukan, antara lain :

1. Istirahat
Maksud dari istirahat disini adalah istirahat secara menyeluruh, maksudnya istirahat dalam berpikir ataupun istirahat jasmani rohani, misalnya tidur, Banyak orang yang melewatkan fase istirahat ini, yang mana dikala mereka sudah kehabisan ide untuk menulis mereka justru semakin memaksa otak untuk terus berpikir lebih keras. Padahal ini sebenarnya kurang bijak untuk dilakukan, alangkah baiknya ketika sedang kehabisan ide menulis hal utama yang harus dilakukan adalah istirahat. Motor saja kalo sering dipacu berkendara lebih keras lagi mesin akan panas, dan ujung-ujungnya akan gagal mesin. Begitu pula dengan pikiran kita, pikiran yang terlalu keras berpikir mencari ide baru justru akan membuat buntu pikiran kita, seperti halnya motor tadi. Mesin yang ada di pikiran kita yang mana kita pacu terlalu keras untuk berpikir akan menjadi panas dan akan gagal mesin. Akibatnya, ide menulis akan semakin sulit untuk dicari. Beristirahatlah sejenak, bisa dengan cara mendengarkan musik, tidur, pijat relaksasi, ataupun berendam di sungai. Pikiran yang sehat, banyak ide yang mencuat.

http://2.bp.blogspot.com/-X10RZ40etyU/UrG85-XiF2I/AAAAAAAABCE/8C-gITMU8og/s1600/tidur-sambil-dengar-musik.jpg

2. Membaca
Membaca itu penting. Membaca selain melatih otak, juga dengan membaca mampu membuka pola pikir kita. Yang mana nantinya karena membaca pola pikir kita akan lebih kritis dan tajam dalam mengolah data-data pengetahuan yang nantinya dirubah menjadi ide-ide untuk dijadikan sebuah tulisan. Membaca dapat dilakukan dengan berbagai cara, bisa membaca buku, novel, cerpen, majalah, koran, dan segala bentuk bacaan yang bisa dibaca. Dan tentunya kita bisa menyaring bacaan apa saja yang bermanfaat tentunya. Kata orang, membaca itu jendela segala rasa. Tapi kalo kata blogger seperti saya mah, membaca itu menyelam sambil minum kopi. Maksudnya, membaca selain mendapat pengetahuan baru juga bisa mendapatkan ide untuk menulis.

http://blog.uin-malang.ac.id/keilmuan/files/2011/04/cat.jpg

3. Perbanyak Blog-Walking
Seperti membaca, blog-walking adalah cara yang tepat untuk mencari ide baru untuk menulis di blog pribadi. Selain mendapat ide baru, acara blog-walking juga sebagai ajang menjalin silaturahmi sesama blogger. Silaturahmi sesama blogger yang mana selain menambah teman, juga bisa menambah follower dan visitor di blog kita. Dan jangan lupa pula kita untuk memberi komentar pada setiap postingan yang kita baca. Anggap saja sebagai jejak bahwa kita pernah mampir di blog mereka. Logikanya simpel saja, semakin banyak kita berkunjung ke blog lain, semakin banyak pula blogger lain yang datang berkunjung balik ke blog pribadinya. Hasilnya, jumlah visitor bertambah, teman bertambah, ilmu juga bertambah.


4. Liburan
Liburan juga penting untuk dilakukan ketika sedang kehabisan ide untuk menulis. Karena apa? Liburan berfungsi sebagai ajang refreshing pikiran untuk sementara waktu. Liburan bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari jalan-jalan keliling desa, ke pantai, traveling keliling nusantara, sampai kelililing dunia juga bisa dilakukan untuk menghibur diri kita. Selain sebagai ajang refreshing, liburan juga bisa dijadikan sebagai tulisan, yang mana kita menulis kronologi ataupun tempat-tempat mana saja yang kita kunjungi selama liburan. Ini sangat bermanfaat bagi kita maupun orang lain, selain menghilangkan stress, juga bisa membantu orang lain dalam menentukan destinasi liburan.

http://palembang.tribunnews.com/foto/bank/images/menikmati-liburan.jpg


Ya mungkin itu saja dari saya. Kalo ada tambahan silahkan masukan di kolom komentar di bawah postingan ini. Jangan pernah berhenti menulis, karena sebagai seorang blogger yang dinilai itu postingannya bukan cuma sebatas seberapa keren dapat gelar blogger. 
Jadi, selamat menulis.

Comments

  1. Saya kadang juga menemukan ide baru saat blogwalking.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha bener saya juga seringnya begitu, makanya kalo sedang nggak ada ide biasanya sih blogwalking :D

      Delete
  2. Mas iklan di Anda Lapar? Kami Jawabannya terlalu besar deh ukurannya jadi agak menutupi sebagian tulisan *mungkinkah cuma saya yang merasakannya* hehe

    well, kadang menulis soal kehabisan ide itu sendiri adalah menulis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh soal masalah iklan yang diatas sih anu gara2 lagi ada masalah jadinya error gitu, tapi sekarang sih udah beneran :D

      hehe iya bener banget :)

      Delete
  3. Bener tuh point "membaca", dan itu bisa menjadi referensi ketika menulis.
    Komentar baliknya juga ya ke sini http://estolagi.blogspot.com/2014/10/tips-menulis-novel-komedi-dan-cara.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, kalo ada orang berpendapat membaca adalah jendela ilmu maka itu benar :)))
      oke tunggu saja :)))

      Delete
  4. Ada banyak yang kita lakukan saat ide itu buntu :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan salah empatnya sudah aku jelaskan di atas :D

      Delete
  5. ide gak akan habis. coba deh kamu kupas tuntas tentang skripsi kamu di sini, mulai apa yg bikin kamu eneg sampai kahirnya kamu bisa melaluinya^^

    ReplyDelete
  6. Bener tuh, kehabisan ide memang gak enak banget. Dan, baru dengar nih ada gangguan karena skripsi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mas, skripsi sukanya emang gitu merampok ide ide yang ada di otak

      Delete
  7. aku dapet ide dari kebanyakan melamun dan mengamati sekitar sih. berusaha membuat jalinan cerita. dapet deh idenya. hahaha
    sering juga dapat ide pas lagi di kamar mandi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mencari ide menulis dengan observasi? hmm boleh juga dicoba hehe

      Delete
  8. Dari dulu skripsi dijadiin kambing hitam yah, padahal skripsi itu cocoknya dibilang coretan hitam, iya coretan revisi dosen pembimbing. 3 tipsnya langsung dicoba deh, biar gak kehabisan ide.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHA bener banget, rasanya pedih ketika liat skripsi banyak coretan revisi -,-

      Delete
  9. Yang paling mujarab itu blogwalking, beneran deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, selain dapat ide menulis blogwalking juga mndapat teman baru juga B)

      Delete
  10. bener tuh kaya Novi, yang paling mujarab itu blogwalking, tapi ada lagi yang mujarab, yaitu membaca hehe

    salam dari www.tandapetik.com

    ReplyDelete
  11. Yang paling sering aku lakuin sih yang nomer 4. Liburaaaaan. Yeeeeaaayyy..

    ReplyDelete
  12. Kalau menurutku mah, kalau ada ide baru itu langsung dicatet aja di hape. Entar, kalau ada waktu luang, baru dikembangin buat jadi postingan baru. | tehseduh.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha aku males ngetiknya bang, kalo suruh ngetik di hape... aku sih seringnya ditulis di buku utk sementara... ntar kalo ada mood buat nulis, baru deh ditulis lagi

      Delete
  13. setuju banget sama tips diatas apalagi yang blogwalking atau searhing-searching apa yang sedang jadi trend pembicaraan masyarakat di dunia nyata dan maya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget pak, kalo gak itu ya searching2 nyari ide yg lagi hits

      Delete
  14. Setuju rsekali esepnya. Mungkin juga bisa tambah ini: bikin blog baru! Lho? Iya, buat tampungan ide-ide 'junk' yang tak pantas masuk blog tapi dibuang sayang (siapa tahu jika diolah malah jadi masterpiece he..he..) Pendek-pendek saja, tapi dipublish (untuk melatih attitude bertanggung jawab atas apa yang kita tulis). Tujuan utama: membiasakan ide apapun (meski sampah), bisa kita jadikan bahan (untuk contoh, bisa lihat pojok kanan bawah 'CD siap buang').

    Ok, sukses skripsinya.

    PS: blog kamus ini aslinya juga semacam blog sampah, tapi sekarang malah jadi yang relatif paling 'keurus'. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha kalo blog baru sih saya sudah punya bang... blog barunya di kedaikatak.blogspot.com haha itu isinya tulisan2 orang yg curhat tapi pada malu wkwkw

      Delete
  15. Iya benar sekali. Saya setuju berat. Terutama pada poin MEMBACA dan BERLIBUR. Dua hal itu menurut pendapat saya sangat berkaitan satu sama lainnya. Kalau sudah BERLIBUR akan FRESH pikiran jadi segar sehingga akan timbul pemikiran kreatifl Banyak MEMBACA itu bagus sekali. Bisa menambah wawasan dan menciptakan ide ide baru dalam tulisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak, berlibur bisa dilakukan dimana saja dan dengan siapa saja,.. berlibur intinya biar pikiran jadi fresh :))

      Delete
  16. nonton film jugaaa... siapa tahu bisa nulis review film :D

    ReplyDelete
  17. Nambahin mas...status temen di FB atau twitter, bisa juga tuh jadi ide tuk ngeblog, hehehe

    ReplyDelete
  18. kalau kehabisan ide saya juga istirahat, main sm anak, nonton film horor/action/religi...:)

    ReplyDelete
  19. setuju bgt sama poin2 diatas,klo sy refreshing'y paling ke mall,tpi biasa'y seplg dri mall ada aja tuh ide baru utk nulis ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya masuknya kalo itu ya jalan jalan atau refreshing

      Delete
  20. Oke. Liburan. Kayaknya aku butuh banget yaaa~

    ReplyDelete
  21. Kayaknya emang liburan itu penting banget ya.

    ReplyDelete
  22. wahh saya juga kemaren baru nulis tentang kehabisan ide tuh, gara-garanya ya itu dia; kehabisan ide :D ternyata pendapat kita mirip-mirip lah gan, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha semua blogger terkadang butuh piknik mas :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Politik Kekerabatan : Studi Kasus Politik Dinasti di Indonesia