Tulisan Akhir Tahun

Ada hari dimana mulai kehilangan keyakinan akan kemampuan diri sendiri. Seberapa kuat berusaha, hasilnya akan sama saja; tidak ada hasilnya. Gelisah, terus saja menghantui, perlahan mulai menyusup jauh ke dalam sisi relung yang bahkan belum terpetakan sebelumnya. Ketika bercermin pun yang tampak bukanlah diri sendiri, melainkan orang asing. Orang asing dengan tampilan berantakan dan tak terjelaskan. Orang asing yang tampak sedang berusaha melarikan dari kenyataan.

Hari baru dimulai lagi, tapi tidak di rumah ini. Semuanya masih tampak sama, dan tidak ada bedanya. Menghamburkan kata, menghamburkan doa, menghamburkan asa, seolah sudah tidak ada nilainya, tidak ada gunanya. Mencoba untuk tetap sabar, dan tenang menghadapi semuanya, nyatanya malah membuat semua menjadi tidak terkendali. Ada hari dimana segalanya tampak kabur, dan memudar. Lalu melebur menjadi sesuatu yang tidak jelas dan tidak terjelaskan.

Semua bermula ketika ada orang tua yang memberi nasehat lewat botol yang menjadi wadahnya, tertampung di dalam gelas, sebelum meluncur ke dalam jiwa, melalui tubuh yang tak kasat mata. Suaranya begitu jelas, bahkan di dalam kepala, suaranya masih menggema seolah dia terjebak disana.

Beliau berkata:
Adakalanya jiwamu merasa Lelah, adakalanya harapanmu patah, adakalanya mulutmu mengucap sumpah serapah, adakalanya semua usahamu dianggap sampah, adakalanya dirimu begitu marah, marah pada dunia yang dipenuhi para bedebah. Adakalanya dirimu merasa begitu sakit, bahkan untuk mendengarkanku saja dirimu semakin bertambah sakit. Tidak apa-apa nak, saya mengerti penderitaanmu.

Tapi ingatlah nak, apapun masalahmu, masih ada musik yang akan menemanimu. Apapun deritamu masih ada puisi yang bisa kau gubah dengan rasa sakitmu itu. Betapa menyedihkan hidupmu masih ada buku-buku yang menjadi kawanmu, kawan yang menawarkan berbagai cerita yang kadang membuatmu lupa akan kehidupanmu. Dan, ketika semuanya menghilang dari duniamu, ingatlah nak, masih ada Dia. Dia, yang selalu menerima segala keluh kesahmu.

Ingatlah itu nak. Hidup adalah perjuangan…

Terbangun dengan sakit kepala yang tak biasa, bangkit dan tersadarkan seketika, ketika kaki tak sengaja menendang jatuh gelas kaca sampai pecah. Beberapa pecahannya terinjak oleh kaki, dan meninggalkan jejak darah yang tak seberapa. Tak seberapa bila dibandingkan dengan jiwa yang berdarah-darah oleh berbagai hantaman kenyataan yang tidak ada habisnya. Hidup adalah perjuangan, begitu kata orang tua yang terdengar, sebelum suara itu hilang, akibat terbangun mendadak.

Tak sadar kaki menendang sesuatu, yang ternyata adalah botol bening bergambar orang tua. Orang Tua yang telah ditemui ketika tidak sadarkan diri. Bergeming dari kenyataan membuat lupa bahwa ada hari baru yang siap menyambut dengan sesuatu yang baru. Menghadap ke cermin, dan melihat seseorang yang sedang tersenyum disana. Menimbulkan derak langkah kaki penuh semangat di dalam kepala. Peduli setan dengan seberapa banyak usaha yang berakhir sia-sia, persetan dengan berbagai macam hal yang bisa ditawarkan oleh kenyataan, semua menjadi tidak ada bedanya, jika diam saja tanpa berusaha. Jika pun pada akhirnya akan menghasilkan kegagalan, toh setidaknya sudah ada usaha dan perjuangan untuk mengusahakan semuanya.

Pulang dengan remuk redam, badan masih rapi, tapi jiwa sudah pergi. Pergi entah kemana lagi. Terjatuh di atas tempat tidur yang empuk, ternyata masih saja membuat remuk. Lemah resah dan gelisah, menjadi hal-hal yang ditawarkan oleh penantian. Penantian yang tak berkesudahan akan segala hasil dari berbagai percobaan. Percobaan mengubah nasib, percobaan mengubah peruntungan. Andai saja waktu bisa diputar, atau setidaknya dipelintir kembali ke beberapa waktu yang lalu, mungkin semuanya akan berakhir beda cerita.

Ya tapi itu seumpama saja, karena suka tidak suka, kenyataannya waktu telah mengutuk kita semua untuk tunduk pada mengikuti apa yang diinginkan oleh waktu. Barangkali waktu pun sebenarnya memiliki banyak dimensi, hanya saja yang diketahui hanya satu waktu, waktu yang terus berjalan maju. Andai saja bisa kembali ke masa lalu dan mengubahnya, mungkin masa depan akan berbeda. Atau sekiranya, andai saja waktu bisa diajak bekerja sama untuk diam atau sejenak meloncati satu waktu, mungkin akan lucu juga, tapi semua hanya angan-angan saja. Diam-diam waktu sudah berjalan begitu cepat, dan tanpa terasa sudah sampai di akhir tahun.

Di akhir tahun, segala sesuatunya sudah dilakukan demi semuanya, demi keluarga, jika pun pada akhirnya tidak ada hasilnya, ya sudah tidak apa-apa. Hidup memang begitulah adanya. Terkadang hidup menawarkan rencana di luar rencana, yang mana seringkali bisa membuat tertawa sekaligus menangis akibat ulahnya. Tapi memang begitulah hidup, tidak bisa ditebak maunya apa. Suka tidak suka, memang begitulah adanya.

Sekali lagi, suara orang tua terdengar lagi di dalam kepala:

Hidup adalah perjuangan… Ingatlah itu nak!

Semoga saja di tahun yang baru, segala keinginan dan impian menjadi nyata. Aamiin.

Comments

  1. tulisannya luar biasa mengetuk hati, hidup itu memang perjuangan sehingga kita butuh kerja keras untuk mencapai kebahagiaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak, hidup memang perjuangan. Selamat tahun baru.

      Delete
  2. Proses hidup bisa dikatakan sebagai salah satu misteri terbesar dalam berkehidupan itu sendiri.

    Dalam proses merencanakannya, berbagai “kejutan” yang gak disangka mungkin datang dalam hidup. Ada kalanya kejutan sesuai dengan ekspektasi , tapi tak jarang juga sebaliknya. Tak jarang itu memunculkan dilema dalam diri , seperti harus memilih jalan dalam suatu persimpangan.

    Semua diuji! Keluarga, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, cinta sampai keimanan yang kita miliki!

    “Duh, capek banget gue ngejalanin rutinitas ini.” Tapi dari situ, tersadar, “Sebenarnya, apa sih yang menjadi tujuan hidup gue selama ini?”

    Well met menyongsong tahun baru lagi, yang kadang bukan awal dari sesuatu, hanya melanjutkan yang sudah ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, betul sekali itu mbak. Masa depan adalah salah satu misteri ilahi sampai kini, yang tidak seorang pun dapat menebaknya.

      Ujian akan datang terus menerus, namanya juga hidup. Hidup adalah perjuangan. Terima kasih mbak. Selamat Tahun Baru

      Delete
  3. Jangan berhenti berjuang, tentu mudah didengungkan oleh mereka yang 'hanya' sibuk menonton tanpa pernah mau terlibat lebih dalam pada proses perjuangan itu.

    Dan benar memang, tugas kita berjuang dan terus berjuang seraya menyerahkan segala hasilnya kepada Sang Kuasa.

    Berserah, bukan menyerah.

    Semoga 2022 menjadi awal kebangkitan kita semua menggapai mimpi demi mimpi.

    ReplyDelete
  4. what an awesome writing!!! love it.
    seperti membaca prosam berirama. menceritakan duka lara melalui prosa. penggalan kalimat, " ada musik yang akan menemanimu. Apapun deritamu masih ada puisi yang bisa kau gubah dengan rasa sakitmu " bahkan mengingatkan saya pada quote nya seorang musisi favorite saya, KURT COBAIN yang kerap berkata, " tragedy, thanks for the art". maksudnya hampir sama, duka lara tak selamanya lara. karena lewat duka, puisi tercipta, prosa terurai dan sebuah karya lahir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasihh kak...

      Ya terkadang memaang begitulah adanya, dibalik setiap cerita, baik suka dan duka, pasti ada hikmah yang bisa diambil oleh kita semua. Bahkan dijadikan sebagai pelecut untuk berkreasi dan menciptakan sesuatu dari hal tu. seperti halnya yang sudah dilakukan Adele dan Taylor Swift.

      Delete
  5. Iya dong, namanya juga hidup
    Pasti butuh perjuangan
    Bahkan, bisa dibilang perjuangan adalah nafas bagi kehidupan

    ReplyDelete
  6. Tetap selalu jalani aktivitas / kegiatan setiap harinya, lalu amati pola serta lika-liku yang dialami. Dan yang terpenting tidak mengeluh, dan selalu percaya pada diri sendiri bahwa aku, kita semua bisa melewatinya dengan baik. Semoga tahun baru yang tinggal beberapa jam saja ini bisa dimulai dengan sesuatu yang baru dan istimewa.

    ReplyDelete
  7. Aamiin. Semoga kita semua ga putus harapan dan tetap semangat dalam setiap keadaan. Semoga Dia selalu menuntun kita di jalan-Nya. Dunia ini berliku memang. Saya pun merasakannya, tapi benar bahwa hidup itu perjuangan sampai akhir

    ReplyDelete
  8. Aamiij, tersentuh dengan kalimat terakhir "hidup adalah perjuangan" yaakk benar sekali. Karena kita yang dapat memilih untuk jalan kita sendiri, mau berdiam diri, atau berjuang untuk hidup. Meski berat yaa mau gak mau harus dijalani.

    ReplyDelete
  9. Bener sih. Setidaknya masih ada yang menemani kita kala yang "hidup" ga ada untuk kita.

    ReplyDelete
  10. Yah... Hidup memanglah sebuah perjuangan. Berjuang bagaimana melalui hidup dengan baik. Mempersiapkan masa depan yang terbaik.

    ReplyDelete
  11. hidup penuh perjuangan dan lika-liku, itu memang benar adanya.
    Sekarang tinggal kitanya saja yang tahu cara menyikapinya.
    Selamat Tahun Baru

    ReplyDelete
  12. Dari tulisan di atas, aku belajr menerima apapun kondisi yg dilalui hari dan hati kita saat ini, hadapi saja. Karena hidup adalah perjuangan kan...

    ReplyDelete
  13. Tetap semangat menjalani hidup kak. Hidup emg butuh perjuangan. Tetap disyukuri apa yang kita dapat dan selalu berusaha lagi selagi bisa. Jangan lupa bersedekah biar rezeki kita terus mengalir.

    ReplyDelete
  14. Hidup ini memang misteri, makanya banyak sekali hal yang harus diperjuangkan dalam hidup ini

    hidup penuh dengan lika liku, makanya sangat perlu untuk menguatkan mental kita untuk menghadapinya

    ReplyDelete
  15. Tidak ada yang pasti dalam hidup ini ya kak
    Hidup memang penuh misteri
    Tapi meski begitu, tetap harus semangat untuk dijalani dengan baik
    Semangat, semoga di tahun 2022 bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi

    ReplyDelete
  16. salam kenal mas
    bagus banget tulisannya
    ringan tapi bisa memainkan suasana hati
    memang berat tahun-tahun belakangan ini
    kadang kita malah jadi orang lain akibat kekhawatiran kita sendiri
    semoga 2022 kita bisa lebih semangat ya.

    ReplyDelete
  17. Semangat buat melangkah di tahun ini ya kak. Meski terkadang ada saja hal yg buat kita kecewa dan tidak bisa memilih apapun. Walau hidup itu tak bisa ditebak tapi begitulah adanya dan semuanya itu butuh banget perjuangan ya kak

    ReplyDelete
  18. Tulisannya bagus. Walau paragrafnya panjang masih bisa dipahami dan nggak bikin bosan. Pesannya juga bagus tentang kehidupan ini yang penuh dengan perjuangan

    ReplyDelete
  19. SUngguh kata yang sarat akan makna. Sederhana namun memiliki dampak taks esederhana sususnan kata itu, Hidup adalah perjuangan." Kata penyemangat yang akan membuat kita bangkit saat terpuruk.

    ReplyDelete
  20. Hidup adalah perjuangan, lika liku setiap perjalanan hidup itu yang jadi seni penggemblengan diri kita jadi apa ya mas, aku ngerasain banget up and downnya hidup, sampe ngerasa terjatuh sedalam-dalamnya, tapi ya harus terus melangkah, tanpa disadari we could be stronger than before

    ReplyDelete
  21. Yes hidup adalah perjuangan..
    Setiap orang pasti punya cerita perjuangan dalam hidup siapapun ituu...:)

    ReplyDelete
  22. Tulisan yang maknanya bisa jadi bahan renungan. Dan meski kita udah menjalani kehidupan, rencana bisa saja meleset. Anak manusia itu bagian merencanakan dan menjalani, keputusan akhir berada di tanganNYA.

    Semangat terus untuk menuliskan karya yang memberikan pencerahan seperti ini.

    ReplyDelete
  23. kadang memang kenyataan yang terjadi sangat jauh dari harapan, namun disinilah kita belajar bahwa tidak semua yang kita inginkan itu bisa kita dapatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget, mbak. Dalam hidup ini memang penuh lika liku ya. Kadang senang kadang sedih. Tentunya selama kita masih hidup kita tetap harus berjuang untuk kehidupan yang lebih baik

      Delete
  24. Saya membaca tulisan ini seperti membaca sajak panjang tentang perjuangan hidup.

    Sempat juga saya mencari-cari subyek di setiap kalimatnya, tapi ah sudahlah, bukankah sajak memang begitu?

    Makasih sudah diingatkan. Apa yang ditulis dengan hati, pesannya akan sampai ke dalam hati juga. Selamat tahun baru.

    ReplyDelete
  25. Ada perasaan rindu terselip kapada Bapak rahimahullah ketika sedang merasa kesulitan. Hidup memang Allah limpahkan segala nikmat beserta kesulitannya.
    Tapi semoga semua itu bisa ada titik terang dan jalan keluar yang terbaik.

    ReplyDelete
  26. Jadi inget lagunya Dewa (?) kalo ga kliru. Liriknya:
    "Hidup adalah perjuangan tanpa henti henti...."

    Sungguh relatable dgn kita semua ya :D

    ReplyDelete
  27. Kalau ingat akhir tahun, ingat kalau umur yang bertambah tua, waktu yang sudah terlewat, apakah sudah maksimal dengan baik atau belum, belum lagi kalau ingat maut.

    ReplyDelete
  28. Hidup adalah perjuangan. Seberat dan seharus itulah perjuangan kau lakukan. Dekatkan diri pada-Nya. Sadari bahwa dunia memang tempat untuk berlelah-lelah.

    ReplyDelete
  29. Dan ada kalanya harapan tinggallah harapan. Meninggalkan luka yang membekas begitu dalam di hati, tapi kita tetap harus kuat.

    Tak perlu begitu gigih untuk mengobatinya, karena semakin terobati, luka kian menggores.

    Yang perlu dilakukan ialah berjalan, terus berjalan menuju sesuatu yang diimpikan, entah berapa kalipun terjatuh. Karena hidup adalah perjuangan.

    ReplyDelete
  30. Tulisan yang sangat berkesan, bahwa hidup adalah sebuah perjuangan panjang dan kita harus selalu belajar dari setiap kejadian-kejadian yang sudah terjadi agar kedepannya menjadi pribadi yang lebih baik.

    ReplyDelete
  31. Jujur saya agak “heavy” dengan kalimat hidup adalah perjuangan, bagaimana jika ada pilihan dalam hidup yang tidak perlu berdarah-darah, pilihan hidup mudah, hehe ini hanya sudut pandang saya ya, tulisannya bagus

    ReplyDelete
  32. Paragraf pertama sangat relate dengan saya akhir-akhir ini. Sulit menentukan fokus hingga akhirnya semuanya tiada hasil atau hanya setengah2 saja. Ambisi, ego, dan realita kemampuan kita memang sudah saatnya disinkronkan. Agar semuanya bisa berjalan seimbang & beriringan.

    ReplyDelete
  33. Aku pun gitu, Kak. Ya merasa sudah berjuang di tahun-tahun lalu tapi rasanya hasil belum sesuai harapan. Namun ingat, di luar apa yang kita rencanakan yang mungkin berujung kegagalan, ternyata banyak hal-hal baik yang terjadi walau tidak masuk dalam rencana. Intinya, ayo berjuang karena hidup jadi lebih nikmat dengan perjuangan. Apalah arti kesuksesan kalau tak diraih dengan perjuangan.

    ReplyDelete
  34. jadi inget lagunya dewa 19 mas.. hidup adalah perjuangan tanpa henti-hentinya. Usah kau menangisi hari kemarin tak ada yang jatuh dari langit
    Dengan cuma-cuma Semua usaha dan doa

    ReplyDelete
  35. Rencana di luar rencana tidak apa-apa karena bisa jadi rencana dari-Nya jauh lebih baik daripada rencana manusia. Hidup memang sebuah perjuangan dan ketika lelah jangan berhenti, istirahat sebentar untuk kemudian mengatur strategi di masa depan.

    ReplyDelete
  36. memang, setiap tahun perlu perjuangan, dan perjuangan tiap orang berbeda, kita harus tetap berjuang mengejar "sesuatu" yang diinginkan, entah karier, kebahagiaan, ketenangan, nilai, nasi, karya, dihargai orang, utk sehat, semua tetap diperjuangkan. kalau ngga, sama aja kt ngga ada guna ya utk hidup krn hidup selalu perjuangan dalam lini masa masing2 orang2. berbeda target, keinginan, pencapaian.

    ReplyDelete
  37. Hidup yang sebenar-benarnya itu memang sesulit itu. Kita berharapnya apa, eh hasilnya gimana. Hidup memang perjuangan dan belajar tanpa henti

    ReplyDelete
  38. Hehe kadang aku jg merasa aktivitas gini2 doank, udah mulai putus asa, tp gmn caranya supaya tetep waras nih. Mengeluh sesekali wajar tp emang kyknya namanya hidup tu ada masa capek banget ada masa seneng banget. Saat lagi down paling cuma bisa berusaha lagi sekuat tenaga dan berharap Tuhan nolongin keluar dr kesusahan.

    ReplyDelete
  39. Ketika berharap dengan keadaan, namun kenyataan tidak sesuai harapan. Yaudah gimana lagi. Ujung2nya pasrah dan terima jalannya. Yg jadi rencana hanya jadi wacana,. Tapi namanya hidup, yg setiap hari hingga ke hari berikutnya adalah perjuangan. Dan Dia, satu2nya yg bisa jadi pegangan, supaya bisa lebih legowo dg apa yg sudah diterima dlm hidup, baik yg udah atau belum diusahakan.

    ReplyDelete
  40. Aku selalu menanamkan pada diriku sendiri bahwa apa yang aku lakukan sebaik yang aku mampu pasti akan ada masanya untuk panen, hanya saja kita tidak tahu kapan masa panen itu akan datang, yang penting ikhlasin aja dulu karena ada yang maha mengatur segalanya...

    Selamat berjuang walau terasa berat, yakinlah... tak ada yang sia sia...

    ReplyDelete
  41. Benar yaa..semua di dunia ini sudah sepaket.
    Susah-senang, sedih-gembira begitupun dengan terjatuh, pasti harus ada bangkit agar tidak lupa bagaimana caranya "hidup".

    ReplyDelete
  42. Jarene urip iku urup. Hidup itu harus bisa menjadi suar bagi yang lain meskipun saat itu sedang jatuh. Dengan pemahaman itulah biasanya saya ga lama terpuruknya. Tapi mungkin tidak mengurangi jumlahnya karena hidup ya seperti itu. Sepaket komplit susah senang yang kan selalu menjegal atau melengkapi. Yang mana yang benar maka jawabannya sesuai pemahaman kita pada masalah tersebt.

    ReplyDelete
  43. Baca ini aku berasa ingin kembali jadi anak2 atau saat remaja saja. Rasanya masalah saat itu ga ada apa-apa nya dibanding masalah saat dewasa. Harus mikir banyak hal. Enggak hanya mikir diri sendiri bahkan. Apalagi kalau ada keluarga, ada anak, dll. Hmm, tapi begitulah hidup. Tempat nya capek. Klau ga mau berjuang, ga mau capek, y nanti di akhirat

    ReplyDelete
  44. Bener banget hidup adalah perjuangan kalau kamu merasa lelah dengan semuanya tidak ada salahnya untuk istirahat sejenak dan bernafas dengan tenang.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Twitter Kena Suspend? Jangan Khawatir

Pada Akhirnya, Manusia Hanya Bisa Berencana