Rokok Dan Anak Muda

Selamat Datang di akhir pekan, waktu yang indah untuk tidak mandi seharian. Akhir pekan, hari dimana penuh dengan keceriaan, keceriaan bagi mereka yang lagi liburan. Ngomongin soal akhir pekan memang tak bisa lepas dari yang namanya malas-malasan. Ah indahnya, akhir pekan.
Enaknya akhir pekan bahas apa ya? Bahas masalah anak muda sajalah, kan berhubung saya masih termasuk anak muda jadi akan saya bahas seputar anak muda. Berhubung saya masih muda, jadi ya saya bergaulnya sama anak muda. Namun, yang bikin saya heran dari pergaulan anak muda khusunya ABG jaman sekarang khususnya yang cowok adalah ROKOK. Iya Rokok. 

http://fahmi-onfire.blogspot.com/2013/01/lima-s-yang-membunuh-remaja-islam.html

Banyak anak muda jaman sekarang yang merokok, dan itu sudah menjadi Lifestyle anak muda jaman sekarang, khususnya bagi yang cowok. Di umur mereka yang sedang bagus-bagusnya ini alangkah baiknya kalo mereka diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi tubuh mereka, misal dengan ber-olah raga. Tapi, nyatanya bak jauh panggang dari api. Tak sesuai harapan.

Rokok seolah menjadi nilai plus di-mata anak muda jaman sekarang. Kalo nggak ngerokok nggak gaul ya mungkin. Adapula anggapan sesat dari mereka yang mengatakan kalo mereka merokok demi sebuah label KEREN, keren dimata pergaulan dan keren di mata cewek idaman mereka. Padahal setahu saya, sebagian besar cewek tak suka sama cowok yang merokok. Ada pula alasan lain kenapa anak muda jaman sekarang ikut merokok, yakni karena alasan ikut-ikutan. Ikut-ikutan sama teman sebaya dan teman sepergaulan mereka. Mereka takut jika mereka tak ikut-ikutan merokok maka mereka tak punya teman. Ah sempitnya pemikiran ABG jaman sekarang. -_- Selain itu, adapula faktor lain yang membuat anak muda jaman sekarang itu merokok, yakni coba-coba hal baru. Salah satu praktek coba-coba hal baru adalah merokok.

http://komikfisika.blogspot.com/2013/12/fenomena-perilaku-merokok-usia-muda-di.html

Tapi tahu kah mereka akan bahaya rokok? Entahlah, saya menjelaskan pun tak akan pernah digubris oleh mereka. Saya ngomong sampai mulut berbusa pun mereka tak bakal peduli. Mungkin mereka peduli kalo sudah mulai terlihat gejala kronis akibat kebiasaan merokok. Entahlah. 
Kalo yang belum tahu akan bahaya rokok, nih saya kasih tahu bahaya rokok kata iklan di tipi-tipi: Merokok bisa menyebabkan impotensi, merokok bisa menyebabkan kanker, dan merokok bisa menyebabkan gangguan pada janin. Padahal di tipi-tipi sudah dijelaskan tentang bahaya merokok, tapi anehnya oleh mereka anggap itu semua hanyalah angin lalu. Merokok lanjut terus. -_-

http://lewatmanasqu.blogspot.com/2013/03/tobat-ngrokok.html


Heran, mungkin cuma itu yang ada di benak saya melihat banyak anak muda, khususnya ABG jaman sekarang dengan mudahnya merokok di tempat umum. Rokok itu selain bahaya untuk diri mereka sendiri, rokok juga bahaya bagi mereka yang tak merokok, khususnya bahaya akan asap rokok. Banyak yang menganggap merokok itu sebagai tolak ukur KEREN tidaknya mereka di mata pergaulan itu menurut saya adalah sebuah omong kosong besar. KEREN itu seharusnya dilihat dari banyaknya karya dan prestasi yang mereka buat, bukan malah dilihat dari seberapa hebat mereka merokok. Ingatlah pesan ini : Matikan Rokok Anda Sekarang !!! Sebelum Rokok Mematikan Anda dan Orang di Sekitar Anda.

http://lewatmanasqu.blogspot.com/2013/03/tobat-ngrokok.html

Membudayakan hidup sehat harus dimulai dari sekarang dan tinggalkan rokok sebelum rokok meninggalkan kita dengan berbagai macam penyakit. Orang yang cinta terhadap keluarga dan teman-temannya pasti akan segera berhenti merokok karena kesehatan kita dan orang yang kita cintai adalah segala-galanya.

Wahai Anak Muda yang suka merokok ingatlah ini :
Matikan Rokok Anda Sekarang !!! Sebelum Rokok Mematikan Anda dan Orang di Sekitar Anda.

Matikan rokokmu sekarang juga, dan mulailah hidup sehat.
Sekian dan terima kasih.

Purwokerto, 23 Februari 2014

Referensi :
http://lewatmanasqu.blogspot.com/2013/03/tobat-ngrokok.html
http://muhammadirfanadimass.blogspot.com/2012/10/bahaya-merokok-bagi-anak-usia-sekolah.html

Comments

  1. Coba bahas penyakit-penyakit yang mungkin muncul karena merokok, kayaknya asik tuh!
    Dilengkapi sama gambar biar bikin para perokok lebih takut :)

    ReplyDelete
  2. kalo ikut-ikutan, ga banget deh. misal temennya mati karena rokok, apa dia juga mau mati karena ikut-ikutan? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mereka yg merokok karena ikut-ikutan berlindung dibalik alasan demi solidaritas, begitulah kata mereka :)

      Delete
  3. Kalau akhir pekan enaknya saya bahas film saja. Mas. Itu yg biasa saya lakukan sama teman-teman sepabrik.
    Kalau tentang rokok, rata-rata teman saya perokok nih. Kalau ngumpul, ya jadinya berbagi asap deh...

    ReplyDelete
  4. saya pernah bahas ini juga mas, pernah juga saya omongin sama yang merokok dan jawabannya adalah : merokok bikin pikiran jadi lancar, ah apalah alasannya itu tetep aja saya nggak suka :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya tuh bener, alesannya kalo mereka ngerokok itu dapet inspirasi, pikiran jadi nggak ruwet. Iya, emang sih bikin lancar, tapi apa nggak kasian sama tubuh mereka? -_-

      Delete
  5. Sudah empat tahun lebih saya dan sebagian teman-teman enggak ngerokok, karena memang tuntutan keadaan dan lingkungan seperti itu. Semoga bisa terus bertahan. Salam hangat dari tempat nan jauh.

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. alhamdulillah saya tidak merokok, saya atlet mas :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Politik Kekerabatan : Studi Kasus Politik Dinasti di Indonesia