Blogger Camp, Pengalaman Pertama

Akhirnya, setelah menunggu sekian lama Kota Purwokerto mendapat jatahnya.
Ya benar, Kota Purwokerto diberi kesempatan untuk menjadi tuan rumah Acara Blogger Camp 2015. Blogger Camp 2015 merupakan acara kumpul para blogger untuk memperingati dana merayakan Hari Blogger Nasional. Blogger Camp 2015 sendiri diadakan secara serentak pada tanggal 26-27 Oktober 2015 dan serentak diselenggarakan di empat kota di Indonesia, yakni Jakarta, Purwokerto, Surabaya dan Makassar. Blogger Camp 2015 memiliki konsep acara unggulan, sharing session yang diisi dengan berbagi pengalaman antar sesama blogger dan talkshow yang membahas topik yang sedang menjadi tren saat ini. Dan, tema Blogger Camp 2015 adalah “Membangun Kredibilitas Blog”.


Purwokerto, 26-27 Oktober 2015.
Akhirnya, hari yang ditunggu-tunggu datang juga. Untuk kali pertama, Kota Purwokerto menjadi tuan rumah Blogger Camp 2015. Blogger Camp 2015 untuk wilayah Purwokerto sendiri diadakan di Wisma Putih, Desa Ketenger, Baturaden. 

Dan untuk mengisi acara di Talkshow Membangun Kredibilitas Blog” terpilihlah tiga pembicara, antara lain : Pradna, sebagai penggagas Komunitas Blogger Banyumas yang sejak tahun 2012 terlibat aktif dalam pendampingan DedemIT (Desa-desa melek IT) dan tergabung dalam gerakan membangun desa; Mira Sahid, Founder Kumpulan Emak Blogger; dan Eva Noviana, seorang Traveller Blogger.

Blogger Camp 2015, Pengalaman Pertama.
Terkadang pengalaman pertama memberimu berbagai macam rasa, rasa yang kalau diartikan dengan kata-kata bisa membuatmu tak bisa berkata-kata. Ya, sensasi rasa itulah yang saya rasakan tatkala saya resmi menjadi salah satu peserta Blogger Camp 2015. Saya sendiri datang ke Blogger Camp 2015 sebagai undangan. Surat undangan yang saya dapat dari Mbak Pungky untuk menjadi wakil dari Komunitas Blogger Purwokerto.

Pembukaan Acara oleh Mbak Pungky

Serba gugup, senang, girang, panik, sekaligus bingung tentang persiapan apa saja yang harus disiapkan, dan apa saja yang harus dibawa ke Blogger Camp. Karena ini pengalaman pertama saya begitu buta tentang segala acara-acara Blogger Camp 2015. Dengan modal nekat dan doa orang tua, saya pun bersiap untuk menghadapinya, mengikutinya, dan menikmatinya sebagai ajang pengalaman pertama. Semoga saja, semoga saja besok punya kawan yang senasib sama seperti saya, sebagai debutan di ajang Blogger Camp. Bismillah.

Hari Pertama, Awalnya saya masih tidak percaya, namun percaya tidak percaya, percayalah karena saat itu pun saya tidak percaya, bahwa saya sudah berdiri di depan Aula Wisma Putih untuk daftar ulang peserta Blogger Camp 2015. Setelah daftar ulang, saya mendapat bingkisan yang berisi buku, rundown acara, dan kaos blogger camp. Dengan diberi petunjuk dari yang maha kuasa Mas Topan, saya mendapat tenda nomer 15. Tenda yang cukup besar untuk 3 orang, namun tidak muat untuk kaki saya yang terlalu panjang, jadi kalo mau tidur yang tinggal dipilih, mau kaki yang diluar atau kepala yang diluar. Haha tapi ternyata eh ternyata teman-teman satu tenda saya tidak ada yang berangkat. Ah apes! Saya pikir cuma hati saya yang kosong, ternyata tenda pun kosong. Seorang diri, sendirian jadi debutan di Blogger Camp 2015. Alamak!

Memasuki waktu malam, setelah makan malam dengan hidangan khas Banyumas, Sroto Sokaraja, acara diisi dengan Acara Api Unggun sekaligus menjadi tempat sharing session sekaligus perkenalan diri. Ah kesempatan nih buat cari kawan. Muahahahaha Para peserta kebanyakan dari luar kota, luar daerah Banyumas, dengan latar belakang yang berbeda pula. Lewat acara sesi perkenalan itu saya kenal pula dengan Mas Bijak yang namanya sering kena tag dari anak-anak muda yang posting foto bijak, ada mas eko dan kawan-kawan dari Banjarnegara, dan yang paling unik tentu Mas Wahan, sosok lelaki dengan tubuh besar yang ternyata orang yang mengurusi ganool.com, ah ternyata yang punya situs idola mahasiswa dalam mencari film itu Mas Wahan , bisa nih besok minta stok film terbaru muahahaaha. Dan malam itu saya mendapat cukup banyak kawan baru, kawan sesama blogger.






Hari kedua, pagi hari dibuka dengan acara mengantri kamar mandi yang menjadi acara wajib di pagi hari, Panggilan alam bos! Setelah mandi, acara berikutnya diisi oleh Senam, namun nyatanya yang ada bukanlah senam, melainkan lawak. Senam yang dibawakan oleh Oky dan kawan-kawan memberi gaya senam baru, senam baru yang mengocok perut, senam harusnya sehat malah ngelawak, ya kocak. hahaha








Setelah senam pagi, saya dan para peserta yang lainnya menuju ke pendopo untuk acara inti. Acara inti yang akan membahas tema utama Blogger Camp 2015 “Membangun Kredibilitas Blog”. Apa itu kredibilitas blog? Pertama dibuka oleh Bapak Pradna dengan menjelaskan tentang tren desa-desa melek IT, kemudian dilanjutkan oleh Ibu Mira Sahid dengan bagaimana menjaga kredibilitas blog agar ciri khas blog kita tetap terjaga, dan ditutup dengan pembahasan oleh Mbak Eva Noviana yang membahas tentang bagaimana menjadi Buzzer yang baik, dengan bagaimana cara content dan marketing yang penting untuk memberi para pembaca tentang pengalaman kita akan suatu produk yang akan kita pasarkan, dengan tujuan bahwa para pembaca tidak menyadari bahwa dirinya sedang membaca cerita akan satu produk dalam net media.

Sebenarnya masih banyak lagi bahasan menarik yang dibahas, tapi apa daya kalau saya menulis semuanya mungkin akan menjadi skripsi jilid kedua, sebegitu banyak materi yang mau saya tulis tentang blogger camp. Secara lebih jauh, acara blogger camp ini sangat menarik, dan begitu menambah pengalaman baru, menambah kawan baru, dan juga  menambah ilmu baru. Dan semoga untuk tahun depan, Blogger Camp terus diadakan dan semoga saya masih berkesempatan untuk mengikutinya lagi.

Terima kasih para sponsor, Indosat Love, Hotel Tauzia, Java PR, dan para Sponsor Blogger Camp 2015.  

Selamat Hari Blogger Nasional!

Purwokerto, 27 Oktober 2015.
#bloggercampid #lovekonten #pwr

Comments

  1. gaul juga bro.. gue bahkan baru tau tentang blogger camp. yang gue tau kalau purwokerto mah... gathnas cisc.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha itu juga pengalamanku ikutan blogger camp :D

      Delete
  2. Kereen banget mas langsung ditulis. Baru juga selese acara jam4 kan hebaaat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa ini tulisankan buat lomba blog wkwkw jadi ya langsung ditulis X)

      Delete
  3. wahahaha,
    aku mbuka undangan neng email be telat mbene buka wis rampung, kan lewih hebatt,
    hahaha

    ReplyDelete
  4. Enak..yang bisa ikutan..ya....
    liat fotonya asyik banget tuh...

    ReplyDelete
  5. Lha kesiyan amat di tenta sendirian. Kurang seru dong klo tidur sendirian.

    Tapi acaranya emang seru banget ya! Ngiri euy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya seperti makan buah simalakama kalau tendanya sendirian, di satu sisi jadi dapat ruang yang luas, tapi kesepian :')

      Delete
  6. Wuiih rame euy! Semoga aja tahun depan kota gue ngadain juga :D

    ReplyDelete
  7. Hal pertama emang susah untuk dilupakan dan tak bisa diungkapkan dengan kata kata.. Hahaha..

    Seru banget acaranya... :3

    ReplyDelete
  8. AIh asyiknyaaa.
    Ketemu Pungky yaa, Saya pengen ketemu Pungky. Biasanya inbox-inboxan saja di FB.
    Ketemu Mak Mira juga belum pernah, biasanya inbox-inboxan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pungky berstand up comedy-an, gak? Dia jago lho stand up comedy :)

      Delete
  9. Ini yang acaranya Senin-Selasa, kan? Wah, di Jakarta kalo nggak salah ada juga deh (atau yang dari Jakarta juga ke Purwokerto?) Sayangnya gue nggak bisa ikut. Huhuhu. :(

    Asyek dong, Fan. Tidur sendirian. Nggak perlu sempit-sempitan. Etapi kesepian juga nggak ada temen ngobrol.:p
    Sosok yang mengurus Ganool mana fotonya? Penasaran gue. Buahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu yg acara senin-selasa yog haha di jakarta juga ada, tapi gegara yg di jakarta udah penuh, jadi rata2 lari ke purwokerto X)

      Haha ya asik tak asik, tidur jadi luas, tapi yang ada malah kagak bisa tidur
      Haha ya itu yg mas mas gendut wkwkwk

      Delete
  10. Asiknyaaa!!!
    Heuheu.. Aku malah penasaran banget loh mas kayak apa sih blogger camp ituh? Rame banget tuh beritanya! Tadinya kukira bakalan kemping dihutan sambl ngeblog atau gimana... *eh* XDDDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogger camp itu nginep dan kamping bareng sama blogger blogger, terus abis itu ada lomba blog. Lha tulisan ini salah satu lombanya :D

      Delete
  11. ternyata kitaaa nggak futu bareng yaa kakaaakkkk

    ReplyDelete
  12. Aku juga ikutan yang di Jakarta...seruuuu

    ReplyDelete
  13. wah seru ya di purwokerto ada blogger camp, di daerah saya mah ga ada, apa lagi kalo ada blogger camp kan bisa ketemu dan berkenalan dengan para blogger lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya mungkin tahun ini bisa ikutan lagi mbak :D

      Delete
  14. Kok sepertinya acara blogger campnya kurang meriah ya...apa karena diadakan di hari kerja kali ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meriah kok, iya salah satu jarangnya peserta ya gegara diadakan di hari kerja :))

      Delete
  15. AH! Semoga tahun depan saya bisa ikut setelah tahun ini saya mendaftar dan tidak dapat kabar apa pun. *baper*

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha makanya langsung follow @bloggercampid mas biar tahu kabar :D

      Delete
  16. diadakan di berbagai kota, tetapi acara blogger camp ini serunya sama dimana-mana :D nyesel banget kemarin nggak bisa ikutan~

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha mungkin tahun ini, harus ikutan mas :D

      Delete
  17. kereeen euy. di Banten kapan ada begituan yak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya kamu jadi sponsor utama saja mbak, biar di banten ada juga :D

      Delete
  18. awasmas senam sambil ketawa - ketawa bisa keselek

    ReplyDelete
  19. seru ya blogger semua yang kerjannya depan komputer gadget atau laptop semua bisa kumpul ngecamp bareng .. ada cewenya ga ya ? boleh juga kalau ada daftar nanti ikutan lagi kalau ada acara begituan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha justru mayoritas didominasi cewek cewek, kalo cowok yang ikutan mah cuma 40% dari total peserta X) iya blogger kan nggak harus di belakang layar mulu, harus kembali ke alam juga :D

      Delete
  20. huaaa pengen banget ane ikutan yang di jakarta. Sayang tahun ini ane gak bisa ngikut huhuhuhu.
    seru banget acaranya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lain kali harus ikutan mas, acaranya rame banget :D

      Delete
  21. Sayang banget aku nggak ikutan campingnya sama blogger lainnya, kan kalau ikutan jadi tambah banyak temen :')

    Selamat hari blogger nasional (duh telat) :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mungkin lain kali bisa ikutan mbak :D

      Cukup ngucapin selamat hari blogger nasional yang telat, bulan jangan X)

      Delete
  22. Aaah, rame ya ini dulu? di twitterku banyak temen blog yang ikutan ini kayaknya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha memang penyesalan selalu datangnya terakhiran :D

      Delete
  23. Aku udah niat banget ikut ini, sayang di Purwokerto yang paling dekat :-(

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Politik Kekerabatan : Studi Kasus Politik Dinasti di Indonesia