Menulislah, Seolah-olah Besok Kamu akan Melupakannya

Friday, November 17, 2023

128 Tahun Bank BRI Tumbuh Hebat dan Kuat Bersama Masyarakat Indonesia

Tidak terasa sudah hampir 128 tahun, Bank BRI hadir di Indonesia, dan memberikan pelayanan perbankan untuk masyarakat Indonesia. Kehadirannya yang begitu dekat dengan masyarakat, menjadikan Bank BRI tidak bisa dilepaskan dalam segala aspek kehidupan.

Berbagai layanan, inovasi, dan program yang ditawarkan Bank BRI menjadikannya sebagai Lembaga perbankan yang begitu dipercaya oleh masyarakat Indonesia secara luas. Selama 128 tahun, Bank BRI tumbuh hebat dan kuat.

 

Sejarah singkat perkembangan Bank BRI

Pada tahun 1895, 128 tahun yang lalu, Raden Bei Aria Wirjaatmadja mendirikan Bank BRI yang dulu pertama kali berdiri bernama "De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden", yang didirikan dengan maksud dan tujuan untuk membantu masyarakat desa dan pedesaan di kota Purwokerto, Jawa Tengah.


Sempat berhenti beroperasi selama beberapa waktu pada masa perang kemerdekaan di tahun 1948. Kemudian aktif kembali di tahun 1949 dan berganti nama menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat. Bank BRI memegang peran penting dalam pembangunan infrastruktur, Perkebunan, dan Industri di banyak wilayah di Indonesia. Dan, menjadi bank pertama di Indonesia yang mendapatkan status Bank Umum pada 1959.


Selama bertahun-tahun, BRI telah berkembang menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia dengan jaringan yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia.


Melalui kemitraan yang terjalin dengan berbagai pihak, Bank BRI melahirkan program-program khusus yang ditujukan untuk mendukung pemerintah dalam mengatasi masalah sosial ekonomi terkait pembiayaan. Beberapa program yang dimiliki oleh BRI antara lain, Program Pembiayaan Pendidikan, Program Pembiayaan Rumah, Program Pembiayaan untuk pengembangan desa, dan program-program lainnya yang bertujuan membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya.

https://twitter.com/BANKBRI_ID/status/1717847019665150363

Sumber Foto: BRI


Program & Inovasi dalam Digitalisasi BRI

Tidak hanya melahirkan program dan kemitraan, Bank BRI terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, dengan mengembangkan berbagai inovasi untuk memudahkan nasabah, dengan melahirkan inovasi yang bertransformasi melalui proses Digitalisasi BRI melalui aplikasi BRImo, BRILink, dan BRISPOT.

 

Aplikasi BRImo menjadi andalan BRI dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada nasabahnya. Tercatat hingga akhir Desember 2022, BRImo telah digunakan oleh lebih 23,85 juta pengguna dengan pertumbuhan tahunan mencapai 68%. Sejalan dengan pertumbuhan penggunanya, volume transaksi melalui BRImo menjadi peningkatan yang signifikan.


Selain BRImo, menghadirkan inovasi digitalisasi terbaiknya lewat Agen BRILink yang sudah tersebar ke seantero Nusantara. Tercatat sampai akhir Desember 2022, BRI telah memiliki 627 ribu Agen BRILink di seluruh Indonesia. (Sumber: Liputan 6)


Keberadaannya yang sangat dekat dengan masyarakat, memberikan impak positif dan memberi kemudahan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan perbankan dan melakukan transaksi finansial secara cepat.


Inovasi BRI Untuk Indonesia yang selanjutnya adalah BRIspot, sebuah aplikasi yang memberikan layanan untuk mempercepat waktu pemrosesan kredit yang sebelumnya bisa memakan waktu dua minggu, dengan keberadaan BRIspot, proses kredit bisa dipercepat menjadi dua hari. Bahkan pada beberapa kasus, asalkan seluruh dokumen yang dibutuhkan sudah dilengkapi nasabah, proses kredit bisa diselesaikan dalam beberapa jam.


Inovasi terbaru dari Bank BRI adalah QLOLA. Platform QLOLA oleh BRI bisa menjadi solusi untuk mengintegrasikan berbagai kebutuhan layanan perbankan nasabah wholeshale dan mengkombinasikan dengan UMKM, dan Pahlawan UMKM yang bisa menjangkau secara luas. QLOLA menawarkan kemudahan dan keunggulan bagi nasabah untuk mengakses berbagai fitur perbankan melalui mekanisme single sign on. Adapun berbagai fitur yang ditawarkan antara lain: Cash Management, Trade Finance, Bank Guarantee, Supply Chain Management, Foreign Exchange, dan Financial Dashboard.

 

128 tahun BRI Tumbuh Hebat dan Kuat

Selama 128 tahun, Bank BRI secara konsisten memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Indonesia. Dengan berbagai inovasi yang selaras akan perkembangan zaman dan teknologi, kehadiran Bank BRI Untuk Indonesia menjadikannya tidak sebatas lembaga keuangan namun sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Semoga di usia yang ke 128 tahun BRI Tumbuh Hebat dan Kuat.


Selama 128 tahun terakhir, Bank BRI tidak pernah berhenti dan selalu komitmen dalam menjadi agen-agen yang menawarkan bantuan untuk masyarakat Indonesia. Semoga dengan bertambahnya usia, Bank BRI tetap konsisten dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia.


Selamat Ulang Tahun Bank BRI, semoga di usia yang ke 128 tahun BRI Tumbuh Hebat dan Kuat.

 

 

Sumber Referensi Angka: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5186101/impactful-ragam-program-inovasi-bri-ini-mampu-jawab-tantangan-zaman?page=3)

 

0 comments:

Post a Comment