Menulislah, Seolah-olah Besok Kamu akan Melupakannya

Wednesday, May 29, 2024

Efek Berendam Air Panas untuk Kesehatan

Bagi sebagian orang, berendam di air panas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk merileksasi tubuh sekaligus melepas penat dan stres beban pikiran setelah bekerja seharian. Tidak hanya memberi efek positif pada kesehatan tubuh, berendam di air panas bisa menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan. Di beberapa negara, berendam air hangat bahkan sudah menjadi kebiasaan bagi warganya setelah seharian bekerja dan menjadikannya salah satu bisnis dengan prospek yang bagus mengingat tingginya minat pasar.


Berendam di air panas memiliki banyak sekali manfaat, seperti membantu mengatasi rasa sakit serta pegal-pegal pada tubuh. Bagi orang tua, khususnya lansia, rutinitas berendam di air panas bisa menjadi terapi untuk mengatasi masalah terkait persendian dan otot. Tidak hanya memberi manfaat secara fisik, berendam di air panas juga juga memberi manfaat pada kesehatan mental.

Apabila dilakukan dalam kurun waktu tertentu, berendam di air panas bisa meredakan ketegangan dan kekakuan pada tubuh, menciptakan ketenangan, sekaligus melepas lelah dan mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Namun, sebagaimana yin dan yang, berendam di air panas tidak hanya memberikan efek positif tapi juga efek negatif. Dan, pada tulisan ini akan dijelaskan apa saja efek positif dan efek negatif yang diperoleh ketika berendam di air panas.


Efek Positif Berendam Air Panas

Tidak hanya diperlukan untuk membersihkan badan dan menghangatkan badan saat dingin, air panas juga mempunyai banyak efek positif yang baik bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah efek positifnya? Berikut efek positif yang akan kita peroleh saat berendam di air panas:

           1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bagi kesehatan jantung, berendam di air panas memberi manfaat dan efek yang baik. Tidak hanya menurunkan tekanan darah, berendam di air panas juga membantu untuk melebarkan pembuluh darah dan memberi sensasi detak jantung selayaknya sedang berolahraga. Terjadinya pelebaran pembuluh darah, turut membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga bisa meminimalkan terjadinya resiko penyakit khususnya yang berkaitan dengan jantung.

           2. Mengurangi Stres

Stres bisa dipicu oleh karena banyaknya beban pikiran atau beban pekerjaan. Berendam di air panas bisa membantu mengatasi semuanya, apalagi bisa dilakukan dalam porsi yang tepat, segala kekakuan, ketegangan otot, bisa menjadi rileks, serta segala stres dan penat pekerjaan bisa sejenak terlupa dan tergantikan oleh kenikmatan berendam di air panas. Hormon oksitosin yang dilepaskan tubuh ketika sedang berendam di air panas, memberi perintah tubuh untuk beristirahat sejenak

Tidak hanya mengurangi stres, manfaat berendam di air panas, menurut peneliti, bisa membantu untuk mengatur emosi pada seseorang yang sedang depresi. Hal ini disebabkan ketika sedang berendam di air panas, tercipta keseimbangan dalam kadar serotonin dan penurunan hormon stress sehingga membantu mengelola pikiran dan perasaan seseorang.

           3. Mengurangi Ketegangan Otot

Berendam di air panas bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasi ketegangan otot pada tubuh yang terjadi karena lelah dengan aktivitas seharian. Air panas bisa membuat otot yang tegang menjadi rileks juga mendorong aliran darah ke area yang kaku. Berendam atau mandi dibawah pancuran air hangat bisa mengurangi rasa nyeri pada tubuh, terutama pada bagian punggung, leher, dan bahu.

           4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Efek positif yang diperoleh ketika berendam air panas salah satunya adalah membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Sebab, setelah berendam air hangat, suhu tubuh akan turun lebih lambat, sehingga membuatmu menjadi lebih rileks. Tubuh yang rileks akan memudahkan untuk tidur juga akan membuat tidur lebih nyenyak.

           5. Melancarkan Aliran Darah

Efek positif lain saat berendam air panas juga membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Sebab, air hangat bisa melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah akan lebih lancar. Jika aliran darah tetap lancar, sel dan jaringan bisa memperoleh cadangan oksigen dan nutrisi yang cukup, sehingga kamu akan terhindar dari risiko terkena penyakit penyumbatan pembuluh darah. Sementara itu, manfaat ini juga bisa dirasakan untuk wajah, yang akan mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah.

 

Berendam dan mandi dengan air panas dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan turut menurunkan tekanan darah serta melebarkan pembuluh darah. Hal ini juga membantu melancarkan sirkulasi darah yang dapat mencegah risiko penyakit khususnya pada jantung. Selain itu, berendam air panas juga dapat mengurangi stres dengan meregangkan otot pada tubuh sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan tenang.

Berendam juga bisa membantu mengatur emosi pada depresi dengan menurunkan hormon stres dan mengelola pikiran dan perasaan. Manfaat lainnya adalah mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan kualitas tidur. Air panas juga dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi penyumbatan pembuluh darah serta mencegah penuaan dini pada kulit wajah.

Apalagi jika berendam air hangat dengan menggunakan pemanas air heat pump sebagai penyedia air panasnya. Apalagi dengan keunggulannya yang memberi kebebasan kepadamu untuk mengatur suhu air sesuai dengan keinginan. Dengan menggunakan pemanas air heat pump, kegiatan berendam di air panas bisa menjadi lebih menyenangkan.

 

Efek Terlalu Lama Berendam Air Panas

Berendam di air panas dengan waktu yang terlalu lama dan menggunakan air yang terlalu panas bisa memberikan berbagai macam efek negatif pada tubuh. Perubahan fisiologis dalam tubuh tersebut juga bisa menghasilkan risiko serius. Berikut ini adalah beberapa efek negatif terlalu lama berendam air panas:

           1. Kulit Menjadi Kering dan Pecah-Pecah

Meskipun membuat kamu merasa nyaman dan rileks, kulit bisa saja menjadi kering apabila terlalu lama berendam di air panas. Kejadian ini akan terlihat beberapa waktu setelah kamu selesai mandi. Kenapa begitu? Air panas dapat mengganggu fungsi dari kelenjar minyak di kulit. Serupa dengan yang kamu ketahui, kelenjar minyak pada kulit berfungsi untuk melembabkan kulit. Fungsi kelenjar minyak yang terganggu inilah yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan akan terlihat seperti pecah-pecah

           2. Kulit Terasa Terbakar dan Iritasi

Sebenarnya, kamu akan mengetahui berapa suhu air panas yang bisa ditoleransi oleh tubuh. Pada saat terkena air panas, reseptor di kulit akan cepat mendorong sinyal ke otak agar bisa segera melakukan gerakan refleks menghindari air panas tersebut. Hal ini akan menyebabkan kulit anda terasa terbakar ketika anda sedang berendam air panas.

           3. Tekanan Darah Tiba-Tiba Turun

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya, pembuluh darah dapat melebar karena suhu yang panas. Hal ini akan menyebabkan aliran darah semakin deras. Tetapi, jika suhunya berlebih dan juga durasinya terlalu lama, pembuluh darah di seluruh tubuh akan mengalami pelebaran yang semakin parah dan menyebabkan penurunan tekanan darah. Untuk menghindari hal tersebut, jantung akan memompa lebih cepat dan lebih keras lagi.

Jika kamu sedang mengalami tekanan darah rendah, sebaiknya berhati-hati karena kamu dapat mengalami pusing hingga hilangnya kesadaran. Apabila pelebaran pembuluh darah terjadi pada bagian kepala, kamu bisa saja merasa sangat pusing, kehilangan keseimbangan, bahkan kehilangan kesadaran. Jatuh di kamar mandi juga merupakan hal yang ditakuti sebab mempunyai risiko yang mungkin bisa fatal, misalnya membentur lantai, tembok, bak mandi, dan toilet.

 

Berendam terlalu lama dan air panas dapat memiliki efek negatif pada tubuh. Kulit dapat menjadi kering dan pecah-pecah karena air panas mengganggu fungsi kelenjar minyak, yang membuat kulit kehilangan kelembapan alami. Selain itu, kulit juga dapat terasa terbakar dan iritasi saat terpapar suhu air panas yang tidak dapat ditoleransi. Dalam beberapa kasus, tekanan darah dapat turun tiba-tiba karena pelebaran pembuluh darah akibat suhu yang panas. Ini dapat menyebabkan pusing hingga kehilangan kesadaran, bahkan jatuh di kamar mandi dapat berisiko fatal. Oleh karena itu, berendam air panas dengan waktu yang terlalu lama dan suhu yang terlalu panas perlu dihindari.

Memang benar adanya ya, bila segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. Jadi ya dilakukannya secukupnya saja, begitu pula dengan kegiatan berendam di air panas. Pengin mencoba sensasi kenikmatan berendam air panas namun malas untuk memanaskan air terlebih dahulu? Tenang saja! Pakai saja heat pump Elterra Water Heater sebagai penyedia air panasnya. Apalagi sekarang lagi ada penawaran terbaik untuk setiap pembelian pemanas air heatpump dari Elterra. 

Ayo tunggu apalagi! Langsung saja, pesan segera Elterra Water Heater!

 

3 comments:

  1. Memang enak berendam air panas, bikin relaksasi pada tubuh lebih segar. Apalagi kalo ada aroma terapinya

    ReplyDelete
  2. Impian banget di rumah pasang water heater.
    Pingin juga nih kalau ada rekomendasi heat pump Elterra Water Heater yang bisa bikin kita lebih nyaman saat akan mandi. Dan memang kerasa banget akutu kalau mulai berat kepalanya, kuncinya adalah mandi pakai air hangat.
    MashaAllaa~

    ReplyDelete
  3. berendam di air panas atau hangat bener bener bikin tubuh jadi rileks, enak gitu
    cuman aku memang ga lama-lama kalau berendam ataupun mandi dengan menggunakan air hangat, jadi secukupnya aja. Kalau dirasa udah cukup, segera mengakhiri acara berendam atau mandinya :D

    ReplyDelete