Posts

Showing posts from March, 2014

Surat Untuk Ibu

Untuk Ibuku tersayang,
Sejak aku diajari menulis ABC, aku sudah membayangkan untuk menulis surat untukmu. Aku sudah menulis banyak sekali surat untuk ibu dalam setiap imajinasiku, dalam setiap anganku, dan dalam setiap mimpiku yang ku impikan adalah sosok dirimu, sosok seorang ibu. Aku membayangkan kalau ibu telah membaca setiap surat-surat yang aku kirimkan padamu, dan engkau akan terharu membaca setiap suratku, setiap kata-kataku, dan setiap bait rindu yang aku tulis semuanya dalam suratku, dan khusus hanya untukmu, Ibu. Dalam tidur aku membayangkanmu akan menangis tersedu setiap engkau membaca suratku yang telah aku kirim kepadamu. Dan melalui alunan lagu yang ku mainkan dengan sangat indah, aku yakin surat-surat itu telah memanggil ibu untuk kembali ke tempat ini, tempat penampungan anak ini. Tempat dimana engkau meninggalkanku dulu.
Pernahkah diriku terlintas di benakmu? Layaknya aku yang selalu memikirkan dan merindukan akan kehadiranmu, Ibu. Mungkin tatapan mataku ini akan men…

Fenomena Deja Vu

Image
Selamat malam pembaca. Pernahkah kalian mengalami perasaan pernah melakukan kegiatan yang sama persis sebelumnya atau merasakan pernah berkunjung ke suatu tempat tapi entah kapan dan dimana? Hal ini memang terkadang sangat membingungkan karena pada saat itu pula kita tidak mampu mengingat kapan dan dimana pernah melakukan kegiatan tersebut. Hal tersebut seolah-olah ada dalam mimpi namun kenapa bisa benar-benar terjadi. Inilah misteri yang biasa disebut orang dengan Deja Vu.
Deja vu berasal dari kata Perancis yang berarti "telah melihat". Kata ini mempunyai beberapa turunan dan variasi seperti deja vecu (telah mengalami), deja senti (telah memikirkan) dan deja visite (telah mengunjungi). Nama Deja Vu ini pertama kali digunakan oleh seorang ilmuwan Perancis bernama Emile Boirac yang mempelajari fenomena ini tahun pada 1876.

Fenomena Artis Dalam Pemilu Calon Legislatif

Psikologi Politik merupakan satu kajian ilmu yang memadukan antara ilmu politik dengan ilmu psikologi. Psikologi Politik adalah ilmu yang mempelajari perilaku aktor politik. Kajian utama dari hubungan antara Psikologi dan Politik adalah berkaitan dengan pikiran, emosi, dan perilaku manusia dalam politik. Contoh aspek yang diteliti dalam psikologi politik adalah, pemerintahan, aktor pengambil keputusan, organisasi internasional dan partai - partai politik. 
Penggabungan antara konsep dan teori ilmu Psikologi dengan ilmu Politik merupakan hal yang sangat mengesankan. Perspektif Psikologi Politik dapat memberikan satu bentuk analisa yang lebih komprehensif terhadap sebuah fenomena politik. Politik tidak lepas dari seorang aktor politik, entitas politik dan tata pemerintahan politik. Setiap aspek tersebut sangat berkaitan erat dengan individu (manusia) sebagai pelaksana politik. Psikologi politik akan sangat berguna dalam menganalisis sebuah fenomena politik yang sedang terjadi. Misal, f…

Jokowi Jadi Capres, Tepat atau Tidak?

Selamat hari minggu, pembaca. Selamat hari meteorologi. Ketemu lagi dengan saya calon sarjana, iya baru calon. Ngomongin soal calon, di tahun 2014 banyak orang yang bilang tahun sepakbola gara-gara adanya piala dunia di brazil. Lain bola, lain pula politik. Banyak orang bilang tahun 2014 adalah tahun politik. Di tahun 2014 banyak sekali yang namanya pemilu, mulai dari pemilihan legislatif sampai pemilihan presiden dan wakil presiden.
Ngomongin soal pemilihan presiden memang tak lepas dari yang namanya Jokowi. Iya jokowi, gubernur jakarta saat ini yang mencalonkan diri menjadi presiden. Soal pantas atau tidaknya Jokowi menjadi presiden tetap menjadi sebuah polemik. Ada yang bilang, majunya Jokowi jadi capres memberi dampak positif bagi indonesia, namun ada pula yang menolak Jokowi maju sebagai capres 2014. Seperti yang dibilang Tempo, majunya Jokowi jadi capres itu memberikan dampak positif bagi indonesia, khususnya efek positif di bidang ekonomi. Seperti diketahui, pengumuman Jokowi …

Beasiswa Bidik Misi

Beasiswa bidik misi Adalah sesuatu yang istimewa untuk saya. Dengan beasiswa tersebut, saya tidak perlu membayar uang semesteran, saya juga mendapat bantuan biaya hidup setiap bulan. Seringkali uang tersebut saya gunakan untuk berbagai keperluan. Kadang untuk keperluan kuliah, lebih sering untuk bertahan hidup atau bahkan saya gunakan untuk kesenangan saya sendiri. Saya ingin meminta maaf jika saya menggunakan uang beasiswa tersebut dengan tidak seharusnya. Mungkin di luar sana masih banyak yang lebih pantas menerima beasiswa tersebut daripada saya. Namun, saya belum bisa memberikan yang terbaik untuk membuktikan bahwa saya pantas menerima beasiswa tersebut. Tapi saya benar-benar berterimakasih karena beasiswa bidik misi ini sangat meringankan beban keluarga saya. Beasiswa bidik misi sangat berharga untuk saya.
Karena kita masih muda, kita masih bisa melakukan banyak hal. Karena kita adalah Generasi Indonesia. Generasi yang tumbuh di era teknologi digital yang terus berkembang. Banyak…

Unit Link Terbaik di Indonesia Commonwealth Life Investra Link

Asuransi, suatu hal yang masih sering dianggap sepele oleh sebagian orang. Padahal asuransi walaupun terdengar sepele ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa kita ambil dari ikut dalam asuransi. Misal asuransi menyediakan jaminan kesehatan ketika kita sakit, asuransi menyediakan jaminan pendidikan untuk pendidikan anak, atau ada pula jaminan kecelakaan ketika kita kecelakaan.
Asuransi sangat penting bagi kita agar nantinya di masa yang akan datang memiliki jaminan ketika terjadi suatu hal yang mendesak, seperti adanya kecelakaan, membutuhkan perawatan kesehatan, atau kebutuhan untuk pendidikan anak. Adanya asuransi akan memudahkannya untuk mengatasi semua masalah yang akan kita hadapi di masa mendatang.
Adik saya adalah salah satu anggota yang terdaftar dalam asuransi pendidikan di Asuransi Bumi Putera. Asuransi pendidikan menjadi sangat penting buat pendidikan adik saya, karena dengan cukup membayar iuran tiap tiga bulan sekali senilai Rp. 138.000,- pendidikan adik saya terjamin…

Pengemis, Antara Iba dan Tipu Daya

Pengemis, setiap kali bertemu kesan pertama kali yang muncul adalah kasihan, rasa iba lebih mendominasi di atas logika. Kasihan dengan rela (meskipun terpaksa) memberi mereka benda yang mereka sebut "uang recehan". Logika seolah terkubur dalam oleh rasa iba yang lebih mendominasi alam bawah sadar.
Setiap hari, tidak di jalan, di depan toko, di pinggir jalan, di pertigaan lampu lalu lintas, bahkan sampai ke kampus-kampus pengemis itu selalu ada. Dengan bermodal tampang memelas, baju kumal, ratapan memohon, mereka meng-eksploitasi rasa iba yang kita punya. Satu dua kali kita memberi ke pengemis mungkin masih wajar, tapi kalo berulang kali dan lebih sering kali terjadi yang ada justru membuat saya berpikir, itu orang pekerjaan hariannya ngemis-ngemis kali ya? Kok tiap hari minta mulu. Bukan maksud untuk pelit ataupun enggan berbagi tapi seyogyanya dilihat dari tampilan mereka yang relatif lebih segar bugar dibanding saya yang bermata kuyu akibat keseringan begadang kenapa tida…

Menulis Blog, Untuk Apa ?

Image
Menulis blog? Hmm sebagian orang mungkin merupakan hal yang tabu. Begitu pula dengan saya, awalnya aku punya blog bukanlah karena hobi, tapi karena terpaksa. Ya, terpaksa. Gara-garanya ada tugas kuliah yang harus aku kirim lewat blog, dan terpaksa mau dan mau aku pun membuat blog. Ya, meskipun awalnya yang aku posting di blog itu cuma tugas-tugas super penting (baca: tugas kuliah). Jadi, ya maklum kalo di awal-awal berdirinya blogku masih sepi jarang ada pengunjung.
Menulis blog? Masih dalam pemikiran yang sama, aku menulis blog untuk apa? Untuk jadi tempat curhat? Untuk jadi tempat informasi atau tempat pacaran? Eh tunggu, aku belum punya pacar. -_- Jadi, untuk apa aku menulis blog? Awalnya aku pikir, blogku akan ku jadikan tempat untuk menyebarkan informasi dan berbagai fenomena yang ada. Mulailah aku nyari data, ambil sana ambil sini demi postingan blog. Dan, sampai tiba yang namanya BLUNDER BESAR (lengkapnya baca disini).
"Menulis blog? Untuk apa? Buang-buang waktu saja"…

Questions Of Life

Image
Malam ini Purwokerto kembali diguyur hujan, alhasil cuaca pun mendukung buat yang namanya nyepik mantan tidur. Tapi berhubung aku punya kebiasaan buruk doyan begadang, jadi nggak bisa buat tidur awal. Jadi rencananya sih, daripada bengong kayak superman mending blogwalking. 
Blogwalking dingin dingin kayak gini emang cocok, apalagi dengan tambahan pelukan hangat pacar orang secangkir kopi hangat, blogwalking merupakan pilihan yang tepat. Dan Malem malem kayak gini tuh enaknya blogwalking. Yang jadi korban blogwalking pertama malam ini adalah blognya si Mas Reyza Hamzah , pas lagi iseng-iseng nyari ikan *dikira empang* nyari bahan bacaan, eh nemu postingan unik judulnya Questions Of Life (Terinspirasi dari postingannya Kevin Anggara) yang ternyata pas aku bongkar pake linggis ternyata isinya pertanyaan-pertanyaan interaktif, yang aku harepin dapet hadiah eh taunya kagak. oke ini ngaco -_-

Dan pertanyaan-pertanyaannya adalah :
Questions Of Life

Begadang

Tak ada asap kalo tak ada api, begitu pula kebiasaan. Kata orang sih kebiasaan itu tercipta karena adanya perilaku sama yang dilakukan secara berulang-ulang dan rutin dilakukan, sehingga akan menciptakan sesuatu hal yang rasanya akan kurang jika “kebiasaan” tersebut belum dilakukan. Entah itu kebiasaan baik atau kebiasaan buruk, tetap saja menjadi kebiasaan.
Namun sayang, bukan kebiasaan baik yang aku punya tapi kebiasaan buruk. Dan, malam ini kebiasaanku burukku terus berlanjut. Kebiasaan burukku adalah Begadang. Bergadang karena tak bisa tidur atau istilah gaulnya sih “insomnia”. Eh insomnia itu bukannya penyakit kekurangan darah?
Begadang setiap malam buat stalking mantan ngetik yang namanya revisian skripsi. Kata Rhoma Irama, “Begadang jangan begadang, kalo tidak ada artinya” tapi, untuk kasusku ini mungkin bisa dimaklumi. Ya terserah saya.
Entah sejak kapan aku mulai doyan dan kecanduan sama yang namanya Begadang. Padahal dulu pas waktu SD, asal nyium aroma bantal saja dijamin bakal…

Motivasi Menulis Buku

5 Motivasi untuk Mulai Menulis Buku by @KancutKeblenger

Sejak dari jaman batu sampai jaman twitter, mengawali sebuah hal baru emang selalu sulit untuk dilakukan. Sebagian orang cenderung lebih suka jadi pengikut dibanding menjadi pioner akan suatu hal baru. 
Dulu mungkin tak ada yang menyangka jika sebuah blog bisa dijadikan buku, iya kan? Saya juga berpikiran begitu. Namun perspektif itu berubah, dikala seorang Raditya Dika dengan modal postingan blog ala kadarnya anak muda dijadikan buku. Saya masih ingat dulu ketika membaca buku pertama Raditya Dika yang berjudul “Kambing Jantan” yang ternyata hampir mayoritas bahannya diambil dari rutinitas sehari-hari yang dia posting di blog pribadinya yang bernama kambingjantan.com. Hebatnya, buku Kambing Jantan, laku keras di pasaran. Bahkan sampai perlu dicetak ulang dan sampai dijadikan sebuah film layar tancep lebar dengan judul yang sama. Hebat bukan? Tertarik mencoba? *mikir* -_-
Memang menulis bagi masyarakat indonesia masih menjadi hal …

Hidup Untuk Mati

Ada awal pasti ada akhir, begitu pula hidup pasti ada akhir. Tak ada yang bisa menebak kapan itu datang. Hidup mati adalah sebuah takdir. Takdir yang bermula ketika waktu tak lagi berdentang.
Kematian itu hanyalah sebuah awal. Awal menuju keabadian yang tak berbatas. Tak ada yang bisa menghalangi, menghalangi datangnya ajal.
Dunia telah berubah jadi tidak nyata
Namun, kematian tetaplah menjadi takdir yang nyata

Romansa Di Bulan Maret

Demi kenangan hari yang berlalu
Dalam kesepianku, Kau menggodaku
Dengan kenangan, yang tak pernah mati
Aku terduduk, Merasa hilang harapan

Tak ada satu pun yang bisa begitu muram
Kesedihan di mana-mana
Aku duduk dan terpana ...
Merasakan betapa lemah dan sia-sianya
Perasaan yang aku punya ...

Selamat Ulang Tahun

Image
Hari ini hari yang aku tunggu. Hari tepat bertambah usiaku, bertambah satu tahun. Bahagialah selalu. Tak ada perayaan yang berarti di hari ulang tahunku, hanya sebuah ucapan syukur dan doa.
Hari ini hari, hari yang spesial buatku. Karena tepat hari ini usiaku bertambah, dan harapanku di usiaku sekarang adalah segera wisuda dan bergelar sarjana.
Hari ulang tahun yang diawali dengan erupsi kecil Gunung Slamet, Gunung terbesar di jawa tengah. Gunung yang tepat di atas kota Purwokerto. Harapanku semoga Gunung Slamet tetap Slamet sesuai dengan namanya.
Hari ini tepat di hari ini, usiaku telah bertambah jadi 21 tahun. Sebuah usia emas untuk terus mengasah kemampuan dan keahlian agar terus berkembang. Semoga ... semoga... dan semoga.... Selamat Ulang Tahun, Fandhy!

Selamat Ulang Tahun, Semoga panjang umur!

Sebelas Maret

Image
Tak Terasa bulan Maret 2014 sudah berjalan 10 hari. Tak terasa besok sudah tanggal 11 Maret, tanggal yang memiliki arti besar bagi saya dan bagi negara saya tercinta, INDONESIA. 
Tanggal 11 Maret 1993, tepat di hari itu seorang anak laki-laki telah lahir di dunia ini, dan anak itu bernama Fandhy Achmad Romadhon, pemilik warung akun blog ini. Tak terasa sudah hampir 21 tahun saya ada di dunia ini. Sudah banyak pengalaman yang saya alami, namun masih kalah banyak dibandingkan dengan pengalaman negeri saya tercinta ini. Tanggal 11 Maret, seolah tak bisa dilepaskan dengan sejarah negeri ini.
Tanggal 11 Maret 1966, tanggal dimana dulu tepat 48 tahun lalu terjadi suatu kejadian yang menggoncangkan Indonesia. Lewat sebuah surat perintah dari Presiden Soekarno kepada Letnan Jenderal Soeharto, yang mana isinya menginstruksikan Panglima Komando Operasi Keamanan dan Ketertiban (Pangkopkamtib) dan sekaligus Menteri Panglima Angkatan Darat yang dijabat oleh Letjen. Soeharto untuk mengambil tindak…

(KOMIK) Aku si "B"

Image
"Aku sih golongan darahnya apa ya?"
Sejak jaman kapan pun, tahu golongan darah sendiri itu penting. Golongan darah itu penting, kayak apa yang diomongin sama PMI pas ngajakin orang buat donor darah "Setetes darahmu sangat berharga bagi orang lain, maka donor darahlah" seingatku sih begitu slogannya. -_- Dan bodohnya lagi, sejak jaman SD sampe awal kuliah aku gak tahu golongan darahku itu apa? Entah itu Golongan darah A, B, AB, dan O. Yang pasti aku bukan termasuk Golongan Putih (Golput) dan, setelah dicek ke kantor KUA ternyata golongan darahku itu B. Golongan Darahku B! B! 
"Golongan darahku B. Apa golongan darah kalian?"
Tengah malem kayak gini emang enaknya itu blogwalking. Lha pas lagi blogwalking aku nemu sama postingan blog orang yang isinya bahas tentang Karakter Orang Menurut Golongan Darahnya, dan untuk selengkapnya kalian bisa baca sumbernya disini. Sejujurnya aku tak begitu percaya sama hal begituan. Buktinya banyak dari karakter tersebut justru…

Sebuah Cerita Dari Tanah Jerman (Piala Dunia 2006)

Image
Selamat malam para pembaca blog saya, apa kabar kalian semua? :)) Ketemu lagi dengan saya, sang blogger idaman sepanjang jaman. *kemudian digampar pembaca* Tak terasa sudah tanggal 6 Maret 2014, dan artinya 5 hari ada hari yang sangat spesial buat saya. Hari apa itu van? Ada apa emang? Ada deh, saranku sih mulai sekarang kumpulin duit saja buat beli kado. (biar kesannya misterius kalo bentar lagi hari ulang tahunku) Yah malah ngasih tau -____- 
Ngomongin soal hari, tak terasa bentar lagi kira-kira 98 hari lagi gelaran Piala Dunia 2014 akan di mulai, dengan Indonesia Brazil sebagai tuan rumahnya. 98 hari bukannya lama ya? Kok dia ngomongnya sebentar sih? Entahlah -_- Btw kalian menjagokan negara mana buat jadi juara dunia? Kalo aku sih Indonesia *ditabok pembaca* Terserah kalian sajalah mau menjagokan negara mana #pasrah -_-
Ngomong-ngomong soal Piala Dunia, aku punya cerita nih seputar Piala Dunia. .......

Olahraga Simpel di Tempat Kerja

Image
Selamat malam wahai para pembaca blog, ketemu lagi dengan saya Fandhy Achmad, seorang atlet sok gaul volly. -_- Berhubung saya termasuk atlet sok gaul volly, alangkah bijaknya jika saya membagikan ilmu-ilmu seputar olah raga yang saya dapat kepada para pembaca blog, khususnya bagi mereka yang tak punya sedikit waktu untuk sekedar berolahraga.
Olahraga itu penting bagi tubuh kita, selain menyehatkan badan olahraga juga memberikan ajang refreshing bagi orang-orang yang dilanda kesibukan luar biasa akibat kerja sepanjang waktu, dan khususnya bagi pekerja kantoran yang sibuk, dan tak mempunyai waktu untuk online sekedar melemaskan otot-otot perut dan bagi mereka yang ingin olahraga tanpa meninggalkan kerjanya alangkah baiknya untuk melakukan beberapa jenis olahraga yang cocok sama kondisi maupun tempat kerja.
Tak hanya pria, para wanita pun harus cukup olahraga untuk mengurangi lemak sekaligus mengurangi ketegangan akibat beban pekerjaan. Untuk meringankannya dapat dilakukan dengan ber-o…

Aku Heran Part 2

Selamat datang bulan Maret. Bulan penuh dengan kebahagiaan (semoga). Bulan Maret, bulan dimana sang empu blog ini akan berulang tahun. Iya, ulang tahun yang ke 15 21. Nggak nyangka ternyata sudah tua kebagian tanggal ulang tahun juga. Yaelah -___-
Moment ulang tahun itu momen yang ditunggu oleh semua orang, baik itu Anak muda, anak tua, Anak tua yang mengaku anak muda, ABG, sampai Anak SD. Secara ulang tahun, terjadi setahun sekali. Ulang Tahun bakal jadi moment spesial bagi semua orang, bagi teman-temannya orang yang lagi ulang tahun, dan tak terkecuali bagi yang lagi ulang tahun itu sendiri. Bagi mereka (termasuk saya) yang cerdas jadi anak kost, momen ulang tahun dijadikan ajang untuk perbaikan gizi. Kesempatan makan enak! Ditraktir makan makan -___- Pas gantian ditanya mana kado-nya eh pada diem. Mau nya enak doang hahaha #kelakuan
Ulang Tahun, saya heran kenapa mesti ada acara makan makan. Haha Siapa sih yang pertama kali ngadain acara makan makan pas ulang tahun sampai sampai j…

Cinta itu ...

Image
Cinta itu ............
Cinta itu kadang seperti missed call. Cuma berani menunjukkan kedatangan tanpa berani ngasih tahu apa yang mau diungkapkan.
Cinta itu kadang seperti oksigen. Kalau bereaksi dengan benar dia bisa jadi O2, menghidupkan. Tapi kalau salah, dia bisa jadi O3, mematikan.
Cinta itu ibarat hukum kekekalan energi. Dia tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Dia hanya dapat bereaksi ke lain hati.
Cinta itu butuh pengorbanan. Berkorbanlah untuk cinta, tapi bukan jadi korban cinta.
Cinta itu ibarat permainan. Jadilah pemain, dan bukan jadi mainan.
Cinta itu kadang seperti pistol. Saat ditembakkan, kamu enggak tahu pasti itu peluru terakhir atau bukan.
Cinta itu kadang seperti jemuran. Kalau kelamaan digantung, wanginya bisa menguap, warnanya bisa memudar. ------------------------------------------------------------------------------------------------ Cinta itu kadang seperti magnet. Mampu menarik segala sesuatu yang baik dan buruk tanpa ada akhirnya.
Cinta itu seperti tana…