Malam Minggu

Malam minggu bagi sebagian orang adalah malam yang sakral. Banyak orang rela menunggu berhari-hari demi yang namanya malam minggu. Banyak orang yang bilang malam minggu itu waktunya anak muda, waktunya yang muda yang bergelora rasa cintanya, dan bagi yang tak punya kekasih tercinta diharap minggir, ah begitulah kata mereka. Sialan memang, bagi mereka orang yang tak punya kekasih tercinta hanya memenuhi jalanan protokol, dan lebih baik jaga rumah saja. Bah, macam mana pula bisa begitu?! Mentang mentang punya pacar, bisa seenaknya saja! *jomblo marah* Fine!

http://3.bp.blogspot.com/-MtHwcBV9IOU/U0y7YekJNqI/AAAAAAAALrc/X0XPF9KY3G4/s1600/kata+malam+minggu3.jpg

Malam minggu, malam yang enak untuk melepas rindu. Rindu akan kekasih, rindu akan orang yang terpilih. Terpilih untuk menjadi seorang kekasih. Kekasih jiwa, kekasih hati, kekasih cinta, ah begitulah cinta, suka membutakan semua mata. Malam minggu bagi mereka tak lengkap rasanya bila tak bertemu dan bertamu ke rumah kekasihnya. Ya istilahnya “ngapel, apel, wakuncar” atau apalah istilah mereka. Ya, saya pun pernah mengalaminya dan menikmati bagaimana rasanya wakuncar dulu. Iya, dulu sebelum Belanda datang menjajah Indonesia. Dan saya mencoba maklum melihat tingkah polah anak muda yang sedang dimabuk cinta, di malam minggu, malam penuh cinta.

Malam minggu bisa menjadi mimpi buruk bagi mereka yang sedang bersusah hati, bersepi hati, dan tentunya tak memiliki pacar untuk sekedar berbagi menghabiskan uang gaji. Malam minggu terkadang bisa menjadi bensin dalam api, api hati yang membara karena tak kunjung mendua, tetap satu sendirian. Haha pertanyaan simpel “Malam minggu kemana?” bisa menjadi letusan pertama pemulai perang, perang sindir, perang nyinyir. Dan apesnya, kaum jomblo yang jadi korbannya. Eh enggak juga, adalagi ternyata itu kaum LDR. Kaum LDR, kaum pacaran rasa jomblo. Pacaran hanya bisa berjumpa lewat suara, lewat kata-kata chat, lewat tatap muka via snapchat. Entah mana yang lebih sakit, menjadi sendiri atau mencoba bersama tapi sendirian? Untuk kaum LDR saya cuma ingin bilang, “Cemunguuuddd eaaaa qaqa!

http://www.gambardpbbm.info/wp-content/uploads/2015/02/Galau-lucu-kata-kata-galau-di-malam-minggu.jpg

Malam minggu, bagi mereka yang pacaran tentu jadi waktu yang tepat untuk mengencangkan pelukan. Waktu yang tepat untuk mengosongkan beban pikiran dengan bermesra-mesraan. Laksana pengantin baru yang masih baru-barunya, dunia seolah terasa bagai milik berdua, yang lain sekedar numpang, sekedar ngontrak. Bah macam mana pulak?! Kata orang yang sedang kasmaran, malam minggu adalah malam yang singkat. Dan tentunya kata para jomblo, Malam minggu adalah malam yang panjang. Hidup Jomblo!

Lha terus, bagaimana dengan dirimu? Malam minggu kemana?
Ini bukan malam minggu, tapi sabtu malam. Ah begitulah reaksi pertama yang diberikan tatkala jomblo ditanya soal malam minggu. Tapi itu memang benar, malam minggu itu semacam momen biasa yang mana nilai besar atau tidaknya tak perlu pakai rumus statistika atau aritmatika, semua kembali kepada perspektif kita untuk menilainya. Untuk soal malam minggu atau sabtu malam, semua benar semua senang, kecuali bagi mereka yang tak punya pasangan. Alamak!

Malam minggu, menurut saya adalah malam yang sama seperti malam-malam sebelumnya. Tak ada yang bedanya, tak ada nilainya, dan tetaplah sama, sama sama sedihnya. Bagi saya malam minggu itu seperti buah simalakama, penuh dilema. Semua jadi serba salah, mau bergerak ke kanan kiri penuh jebakan dilema. Menjadi satu dilema ketika, pergi nonton di malam minggu sendirian tentunya akan menjadi fokus pembicaraan orang-orang “Malam minggu nonton bioskop sendirian, mungkin dia jomblo. Haha” atau “Malam minggu di rumah saja, mungkin dia jomblo. Huahaha!” *ketawa sampai Monas pindah ke Sumatra*

http://gambarkata.co/gambar-kata-kata-lucu-malam-minggu.html

Sebenarnya ada solusi yang pas buat saya, Ya kalian benar! Jalan bareng teman. Tapi teman macam mana yang perlu saya ajak jalan? Hampir sebagian besar teman-teman saya sudah punya pacar, ada yang sudah lamaran, adapula yang sudah nikahan. Tentunya mereka sudah ada agenda soal malam minggu, tentunya dengan pasangan masing-masing. Dan tentu akan menjadi sesuatu yang tak bijaksana apabila saya memaksa ikut untuk bergabung dengan mereka yang lagi bermesraan berduaan. Lha masa iya lagi nonton berdua, saya ikutan nyempil di tengah-tengah mereka. Seketika saya jadi pihak ketiga. Saya tak sehina itu kakak!
Lha terus nasib saya bijimana? Ya sendirian lah ya. *Ketawa sampai Rumah Makan Padang buka di Puncak Monas*

http://gambarkata.co/gambar-kata-kata-lucu-malam-minggu.html

Malam minggu memang menyenangkan apabila dilalui bersama orang-orang tersayang, entah itu dengan pasangan, kawan sepermaian, keluarga, mantan, selingkuhan, gebetan, sampai mantan gebetan. Rasa enggan pulang dari rumah pacar, rasa enggan bubar dari tempat tongkrongan, sampai rasa enggan untuk bayar ketika ngedate bareng mantan, semua ada sensasi yang berbeda. Rasa yang berbeda layaknya porsi nasi padang yang berbeda tatkala makan di tempat atau dibawa pulang. Itu terasa berbeda. Dan semua sensasi itu saya pernah merasakannya. Ah rasa-rasanya saya pernah mengalaminya. Dulu, iya duluuuuuuu....

Malam Minggu?
Malam minggu, dan masih berstatus jomblo itulah saya, tetap begitu sejak akhir tahun 2014 dulu. Status sama, rasa berbeda. Dulu mahasiswa, sekarang sarjana. Orang yang sama, hati yang berbeda. Terasa begitu lama, namun rasa sakitnya masih terasa sama. Rasa sakit yang akan terasa sakit ketika saya memaksa untuk mengingatnya lagi, dan entah kenapa semua seakan merubah perspektif saya tentang cinta. Cinta bukanlah sekadar ungkapan “Aku Cinta Kamu, Kamu Cinta Aku” Cinta bagi saya adalah sesuatu rasa yang membuat kita berani melangkah maju, maju menuju perubahaan, menjadi dewasa dan bijaksana. Ah begitulah Cinta.

http://www.gambardpbbm.info/wp-content/uploads/2015/02/Galau-lucu-kata-kata-galau-di-malam-minggu.jpg

Terkadang cinta yang sebenarnya itu adalah ketika kamu ikhlas untuk melepasnya, meskipun hati ini terasa berat untuk merelakannya. Dan saya tahu bagaimana rasanya mereka-mereka yang pernah merasakan yang namanya patah hati di malam tahun baru. Tak ada yang lebih hebat sensasi jatuh cinta sampai sejatuh-jatuhnya, namun tak ada rasa yang lebih hebat daripada rasa patah hati di bawah deru letusan kembang api tahun baru, kembang api penanda awal baru, penanda status baru. Ah sudahlah biarkan saja itu berlalu, karena sudah tak ada waktu untuk mengharapkan semua kembali seperti itu. Ah memang benar ujar-ujar kata Pak Dirman dulu, “Pengalaman adalah guru yang kejam, karena memberi ujian terlebih dahulu, sesudah itu baru pelajaran.

Dan saya mengerti apa maksud dari materi pelajaran yang diberikan oleh pengalaman. Pelajaran yang membuat saya sadar, yang akan membuat saya dewasa, dan tentunya yang membuat saya siap untuk menghadapi ujian selanjutnya. Ah ujian selanjutnya semoga saya siap, toh saya sudah punya kisi-kisi soal bocorannya. Ah entah kenapa, status boleh sarjana tapi jiwa siswa SMA tetaplah ada.

Dan perihal jawaban untuk soal malam minggu, sampai saat ini saya masih belum dapat bocoran soalnya. Maybe Someday? Yeah Someday, Someday I’ll Be Saturday Night!


Sekian dan Terima kasih.
Purwokerto, Malam Minggu, 17 Oktober 2015.


Kata Kunci : Malam Minggu, Jomblo, Pacaran, LDR, Sendiri, Anak Muda.

Comments

  1. Warbiyasak ya filosofi malam minggunya. :)))
    Kalau saya mah bersyukur ketemu malam minggu lagi, akhirnya bisa kencan bareng laptop-ngeblog. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa iya dulu sih, aku malam minggu biasa diisi dengan acara latihan voli. Berhubung sedang tak punya klub, latihan pun sudah tak lagi rutin X)

      Delete
  2. Yah malam minggu gue biasa aja bro, cuman depan laptop aja sambil minum kopi dan bermesraan dengan skripsi. Haduh hambar banget yah rasanya deh
    masalah jomblo gak nya gak mesti dilihat di malam minggu nya, itu cuman statement anak kecil yang ngebet banget pengen punya pacar. Pacar tuk gak selamanya
    Jomblo itu ibadah bro, beda yang paaran tuh bid'ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suka sama statement anda bagian ini "masalah jomblo gak nya gak mesti dilihat di malam minggu nya, itu cuman statement anak kecil yang ngebet banget pengen punya pacar. Pacar tuk gak selamanya" hahaa

      Soal malam minggu bersama skripsi saya pernah mengalaminya dulu, dan alhamdulillah saya sudah jadi sarjana jadi tak perlu mikirin skripsi lagi haha

      Delete
  3. Yang saya bingung, kenapa mereka (yang ngakunya teman) yang tau kita jomblo itu malah ngetawain, bukannya ngebantuin nyari jodoh.. Ntar giliran mereka ada susahnya, giliran mereka putus, baru deh sok sok ngebaik-baikin dan pengen maen lagi sama kita.. Hah, susah emang ya kalo punya teman kelakuannya kayak ketombe tuyul.. Hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha betul itu mbak, mereka hanya butuh kita ketika sedang bersusah hati. Ketika sedang bersenang hati mereka lupa akan kita. Ah biarlah mbak, namanya juga ketombe tuyul haha

      Delete
  4. Sebagai blogger yang merangkap pekerja keras, malam minggu adalah keadaan untuk bisa berlama lama memanjakan blog :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha malam minggu bagi para blogger bisa jadi malam penuh ide dan inspirasi :))

      Delete
  5. Malam minggu sih biasanya buat ngerjain tugas-tugas SMA yang seabrek.. Semenjak SMA, tugas bergentayangan sana-sini

    ReplyDelete
  6. Ngga ada itu "malem Minggu", adanya "Sabtu malem". Pokokeee ..
    *pasang tampang galak* :D

    #BerbagiLewatKata | www.noerazhka.com

    ReplyDelete
  7. Malam minggu oh malam minggu.
    Gue itu seneng nya cuma satu saat malam minggu, ngelihat cewek cowok yang pakek baju sama tapi bertengkar.... Iya seneng....... :)

    ReplyDelete
  8. entah kenapa gue juga heran, malam minggu dan jomblo udah lengket banget, apalagi yang jalan berdua waktu malam minggu. punya pacar aja jadi sebuah keharusan, supaya bisa jalan dimalam minggu wkwk. Supaya gak dibilang jomblo trus punya pacar, apalagi itu..

    hari gini yang minta status gitu kebanyakan cewek, gue yakin!
    gue lebih salut yang ngabisin waktunya untuk jalan bareng rame-rame daripada harus berdua, bukan karena kata nenek berbahaya sih! karena yang masih inget temen waktu punya pacar itu gue lebih respect. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya kalo yang minta status emang kebanyakan cewek, karena pada dasarnya cewek kan minta kepastian dan kejelasan akan status hubungannya. Biar katanya "gak jadi PHP", Ah begitulah jawaban mereka :)))

      Delete
  9. kalo gue malem minggu di depan rumah sambil maenin hp (baca sms dari operator kalo engga sekedar muter muter di menu)

    ReplyDelete
  10. kalo saya mah malam minggu sama malam lainnya sama aja kayanya, bukan karena jomlo sih hehe, tapi ya karena status LDR, tapi kalo di pikir buat apa malam mingguan, mending di pake kumpul bareng aja sama keluarga di rumah

    ReplyDelete
  11. gak begitu ngebet sama malam minggu sih.. karena kesibukan saya fleksible bisa libur kapan aja, tapi tetap gak boleh kepanjangan juga liburnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya malam minggu atau bukan tetap sama saja, sama sama sendiri X)

      Delete
  12. hihihih, ada lagu yang liriknya "malam minggu malam yang panjang"
    Padahal gak juga, hahahha

    ReplyDelete
  13. Malam minggu menjadi dimana hari wajib apel bagi orang yang punya pacar, nah lho kalau yang jomblo menghadapi malam minggu itu berasa horor banget (kayaknya) :D

    ReplyDelete
  14. Jangan menghina kaum jomblo, doa orang teraniaya cepet dikabulkan loh..#eeh

    Mending dirumah daripada sama pacar orang?? Aku sih sama siapa saja yang penting heppi #eeh..

    Sebelum janur melengkung milik bersama hahaha

    ReplyDelete
  15. Semangat kaaak. Masih banyak bidadari di kahyangan. Errrr... sorry garing :))

    ReplyDelete
  16. Malam Minggu selalu kutunggu coz bisa mesra-mesraan sama laptop atau mesra-mesraan sama cucian kakak :D bisa bebas berexpresi soalnya besok agak nyantai si bocah libur

    ReplyDelete
  17. yoi... komblo yang elit itu punya tujuan: dirumah nggak kemana-mana. daripada jalan-jalan, tapi tujuannya nggak tentu. froza jomblooo! keep the jomblo flag flying high!

    ReplyDelete
  18. saya malah jaman maish pacaran nyaris gak pernah malam mingguan :D

    ReplyDelete
  19. hohoh malam minggu bagi saya malam yang pas buat download film
    mumpung libur, jadi bisa download sepuasnya sambil begadang kan enak tuh

    ReplyDelete
  20. Quote-quote-nya keren tuh. Semangat, Kakak :)

    ReplyDelete
  21. Malam minggu atau sabtu malam atau apalah namanya, bagi jomblo adalah momen yang tepat untuk bersemayam di goa.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Politik Kekerabatan : Studi Kasus Politik Dinasti di Indonesia