Tentang Satu Pertanyaan

Dua minggu bukanlah waktu yang sebentar. Baginya dalam keadaan biasa, dua minggu bisa menghasilkan lima atau delapan tulisan. Namun tidak saat ini, baginya dua minggu adalah waktu yang terbuang percuma, tanpa karya, tanpa tulisan. Semua itu membuatnya gila, sampai suatu sore, aku bertanya pada dirinya “What’s Your Goal?”. Dia bingung, dia celingukan, bukannya menjawab dia malah balik bertanya “How about you? What’s Your Goal?” Kampret! Ditanya bukannya ngasih jawaban, malah ngasih pertanyaan! 
https://timemanagementninja.com/2013/03/10-questions-you-must-answer-about-your-goals/

Terkadang kehidupan jaman sekarang itu membingungkan, untuk menghadapinya perlu kesabaran ekstra. Dia itu seperti wanita pada umumnya, yang suka memberi banyak kode-kode, tanda-tanda tak jelas. Terkadang dia bicara apa adanya, namun terkadang dia bicara layaknya seorang filsuf jawa, perlu waktu ekstra untuk aku bisa mencerna apa maksudnya. Layaknya Derrida, dia selalu memberi pertanyaan balasan tatkala aku bertanya pada dirinya. Teori Dekonstruksi, dia menyebutnya dan dia tergila-gila akan teorinya Derrida, Selalu ada tanya, dibalik sebuah tanya.

Seperti halnya Sore itu di Kafe Senja, dia masih sama seperti waktu pertama kali aku berjumpa dulu, sosok wanita yang senyumannya selalu membuat aku lupa mau berkata apa. Sore itu dia nampak berbeda, dia terlihat kelimpungan, bagaikan induk ayam yang kehilangan anak-anaknya, dia kebingungan, dan aku merasa kasihan. Namun bukannya memberi sebuah pelukan, aku malah memberinya sebuah pertanyaan “What’s Your Goal?” Dia celingukan, bukannya menjawab dia malah balik bertanya “How about you? What’s Your Goal?” Kampret! Malah balik tanya?! Untungnya sayang, kalau tidak udah aku jitak sekarang!

http://www.frugalicious.net/posts/view/1762

Ditanya malah balik tanya, tanya soal “What’s Your Goal?” dibalas dengan pertanyaan yang sama. Ah dia mah emang begitu, untungnya aku paham, jadinya maklum. Jadi ya beginilah aku, setelah meneguk Cappucino pesanannya mulailah aku bercerita. Sebenarnya aku punya beberapa cita-cita yang mulia, seperti ingin menjadi Ahli Nuklir Pertama di Indonesia, ingin menjadi seorang Peraih Nobel Sastra pertama dari Indonesia, ingin berkeliling dunia, sampai ingin menghabiskan waktu berdua dengan dirinya, menjadi sebuah keluarga, beranak, lalu hidup sampai tua, berdua. muehehehehehe

Dia tertawa tatkala mendengar cita-citaku yang terakhir. Wajahnya bersemu merah, yang mana warna merahnya jika Apel Washington melihatnya dia akan merasa gagal menjadi sebuah Apel Washington yang terkenal akan merahnya. Ya ampun, dia terlihat makin cantik saja ketika lagi tertawa. Ah aku suka tawanya.

Dia masih tertawa, ketika aku memilih melanjutkan cerita akan cita-cita yang aku punya. Sedikitnya untuk beberapa tahun ke depan, aku punya beberapa cita-cita yang masih belum terkabulkan, dan mereka adalah:

Memiliki Perpustakaan Pribadi
Bagi seorang yang gemar membaca seperti aku dan dia, perpustakaan adalah tempat favorit kedua (setelah Kafe Senja) bagi kita untuk menghabiskan waktu berdua. Perpustakaan bagiku adalah sebuah surga, karena di dalamnya tersedia ratusan bahkan ribuan buku yang bisa membuatku keliling dunia dengan murahnya. Dengan membaca, tiada tempat di dunia ini yang tak bisa aku kunjungi. Mungkin, hanya surga yang nyata, tempat satu-satunya yang tak bisa aku kunjungi dengan membaca. Bagiku, membaca adalah satu obat penyembuh rasa bosan terampuh. Membaca membuatku melihat dunia tak hanya lewat satu sisi saja. Dan oleh sebab itu, sejak kuliah dulu aku mulai mengoleksi ratusan buku. Sekarang koleksi bukuku sudah hampir satu lemari penuh. Di tempat tidur pun sedikitnya masih ada beberapa koleksi buku yang tak muat dalam lemari. Dan juga, aku ingin punya tempat buku seperti ini:
http://diujungislam.blogspot.co.id/2013_05_01_archive.html

Keliling Dunia
Bagi penyuka fotografi dan juga selfie seperti aku ini, tentu akan menyenangkan rasanya bisa berselfie di banyak tempat di dunia. Mulai selfie bareng di bawah kaki Piramida, berenang berdua di Sungai Wolga, balapan adu lari dengan para banteng di Spanyol, mencicipi pedasnya Kimchi asli racikan tangan orang Korea, sampai menikmati waktu senja berdua di pinggiran Jembatan Golden Gate. Ah rasanya menyenangkan sekali bisa berkeliling dunia. Butuh perjuangan dan doa ekstra untuk mewujudkannya, dan untuk sementara hanya bisa mencapainya dengan cara membaca buku saja dan hanya bisa membayangkannya lewat pikiran saja. Doakan saja ya.
http://citizen6.liputan6.com/read/2406368/5-profesi-ini-bisa-membuatmu-keliling-dunia

Bisa Bermain Gitar
Bisa bermain gitar bagiku adalah sesuatu hal yang terlihat keren. Dengan bermandi melodi yang merontokkan jemari rasanya begitu menakjubkan melihat jari-jari Joe Satriani yang meliuk-liuk mengekploitasi gitarnya. Dan aku sangat ingin seperti dia, tapi apa daya yang aku bisa cuma genjreng-genjreng asal saja. Rasanya akan menyenangkan andaikan bisa bermain gitar. Sekiranya aku bisa mengalunkan melodi lagu favoritku To Be With You-nya MR. BIG, dan menjadi pengiring lagu favoritnya, Here For You-nya Firehouse.




MR.BIG - To Be With You (YouTube)

Firehouse - Here For You (YouTube)

Ya aku dan dia punya satu selera musik yang sama, suka musik era tahun 90-an. Dan untuk mewujudkannya, aku berlatih bermain gitar, meskipun hasil latihannya ya maaf-maaf saja, masih terdengar asal genjreng genjreng tidak karuan. Tapi ya mau gimana lagi, kalau mau ahli sesuatu ya harus berlatih dahulu. Ibarat kata peribahasa, Berenang-renang ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

Menulis Sebuah Buku
Menulis sebuah buku adalah cita-citaku sejak jaman kuliah dulu, apalagi semenjak bertemu denganmu rasanya ingin sekali aku menulis sebuah buku. Sebuah buku yang berisi namamu dan namaku, sebuah buku yang nantinya akan disahkan oleh Bapak Penghulu di KUA. Sebuah buku yang menjadi bukti, bahwa aku tak sendiri lagi. Sebuah buku yang menjadi bukti bahwa kamu sudah sah menjadi istriku. Dan aku sangat ingin menuliskan sebuah buku yang seperti itu. Apakah kamu mau? Apakah kamu mau membantuku? Dan dia speechless, dia bingung, dia tersenyum malu-malu, pipinya merah merona, dan matanya berkaca-kaca. Kepalanya mengangguk-angguk mau.
http://www.galeriundangan.com/produk/3/45/undangan-buku-nikah-hijau.html
Contoh bukunya kayak gini (Sumber)

Mimpiku tak akan pernah terwujud tanpa usaha untuk mewujudkannya. Dan aku percaya, aku bisa mewujudkan semua mimpi-mimpiku itu. Seperti kata-kata Walt Disney: 
“Semua Mimpimu Akan Terwujud Asalkan Kamu Punya Keberanian Untuk Mengejarnya.” (Walt Disney)
Salam Super! Ya ampun.

Ya mungkin begitulah jawabanku atas pertanyaan tentang “What’s Your Goal?”. Ketika aku selesai menceritakan seluruh cita-cita yang aku punya, bukannya menjawab pertanyaanku yang pertama eh dia malah menghambur tiba-tiba ke arahku, memelukku. Padahal ini kan tempat umum, Kafe Senja waktu sore kan waktu lagi ramai-ramainya, apalagi ini Hari sabtu. Ya ampun, aku kan malu dipeluk di depan umum. Apalagi di depan orang banyak kayak begini. -_- Daripada jadi tontonan banyak orang, lebih baik pulang saja. Sebelum pulang aku titipkan pesanku kepada Mas Darno, salah satu pelayan Kafe Senja.

Isi Titipan untuk Pemilik Kafe Senja:
Bu Tantri (Pemilik Kafe Senja), Maafkan saya. Saya minta maaf, atas kejadian pelukan ini, semua diluar rencana saya. Niatnya saya hanya bermaksud menghibur dia, bukan bermaksud berpelukan atau berbuat mesum di Kafe Senja milik anda. Maafkan Saya.
Tertanda, Pelanggan Setia Kafe Senja.
Sastra Ananta


(Nama kafe, nama pemilik kafe, nama pelayan kafe adalah nama samaran.)

Comments

  1. keliling dunia, semua travell blogger [asti pingin tuh. bikin buku, banyak personal blogger yang pingin juga, punya perpustakaan? waw, gue juga mau. ellite banget ya kesannya kalau puny aperpustakaan pribadi. mau brisik pun bodoamat :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa iya bukan soal elite atau tidak jev, habisnya aku doyan baca sih. Jadi punya perpustakaan pribadi itu semacam melengkapi apa yang kurang dalam diri :D

      Delete
  2. Asyik, keinginan kita hampir sama. apalagi yang punya perpustakaan pribadi, beuh, itu impian banget. Kalo keliling dunia, mungkin dinomorduakan dulu.

    Gue juga pengen bisa main gitar. Biar bisa nyanyi sambil diiringi gitar. Bagi cewek-cewek itu hal yang cool. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya by, punya perpustakaan pribadi itu impian dari kecil X)
      Kalo soal bisa jago gitar, haha i know what you mean by X)

      Delete
  3. Punya perpustakaan ? Keren bgt dah, menandakan kalau penulisnya itu cerdas. Sy sndiri jg pngin bgt punya, buat naruh buku2 koleksiku. Salam knal dan kunjungan baliknya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah punya mas, tapi ya masih kecil hehehe
      Hehe banyak membaca, banyak menulis, penulis itu wajib banyak baca..

      oke kak :D

      Delete
  4. Kalo mimin gasibuk mampir juga kemari
    Android Aplikasi
    Kumpulan Game PPSSPP Terbaru 2016
    http://www.android-aplikasi.com/2016/04/hot-kumpulan-game-ppsspp-for-android.html

    ReplyDelete
  5. kenapa ngomongin goals di kafe berdua itu jadinya manis dan romantis banget, sih...

    pingin juga punya mini kafe dan mini bookshelf gitu, bakal jadi sudut favorit deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe iya habisnya dia itu kebingungan, pas ditanya what's your goal? dia balik nanya haha
      Ya sekalian aja dibikin tulisan wkwkw
      Iya betul, mini bookshelf tuh spot favorit X)

      Delete
  6. hebat2 nih, saya masih berusaha untuk minat baca dulu, hehe...
    jangan lupa nih kunjungi web saya di disini

    ReplyDelete
  7. Semoga terwujud! Salah satu mimpi aku, punya kantor di bidang media kreatif. Entahlah itu cuma angan2 atau apa hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha semoga keinginanmu juga terkabul X)

      Delete
  8. Wuiiiihh.. Bang Fan cukup memiliki target yang menarik juga. Moga terwujud. tapi bentar, Kafe senja itu di mana Bang Fan? Jauh nggak dari kafe Fajar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kafe Senja itu nama samaran bang hahaha X)

      Delete
  9. Ahh... aku juga pengen punya perpustakaan pribadi di dalam rumah. Ya walaupun koleksi buku tak begitu banyak, pengen aja gitu. Sekarang aku lagi pengen nambah-nambahin koleksi buku untuk aku muat di perpustakaan pribadiku sendiri, di dalam kamar kost.
    Hm, kalau soal tujuan, aku ingin mendirikan sebuah startup ku sendiri. Yang benar-benar ku rintis dari 0.
    Lalu jadi penulis, sutradara dan pemain filmnya sekalian. Kayak bang Radit gitu.
    Btw... semoga keinginannya segera terkabul ya, bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya berjuang mas, jangan patah semangat... biarkan mimpimu berada 5 senti di tengah tengah matamu :D

      makasih X)

      Delete
  10. NICE ARTIKEL, salam blogger :)

    silahkan kunjungan balik ke http://pusatgameplaystation.blogspot.com :)

    ReplyDelete
  11. Keren, Fan! Gue juga pengin punya perpustakaan pribadi. Tapi sayang, gue itu baru mulai baca pas kuliah semester 2. Hahaha.

    Kalo ngomongin impian, kayaknya indah banget, ya. Thanks, Fan. Baca tulisan lu, semangat gue yang redup mulai terang lagi. Bahaha. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha terima kasih yog, tak apa hobi membaca terlambat..

      Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, tapi ya jangan terlambat 2 bulan. Bahaya

      Delete
  12. Kalo mimpi gue cuma satu, "ngebanggain orang tua". Singkat padat jelas hahaha. Btw, salam kenal ye, ditunggu post berikutnya, mampir balik juga ya hehe

    -jevonlevin.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha old but gold, iya itu bukan masuk cita2, tapi sudah masuk job desk harian :))

      Delete
  13. kalo mimpi saya banyak mas, tapi untuk mimpi yang terdekat dari sekarang itu pengin bisa kya mas-mas blogger yang jago bikin tulisan, takasi jempol dah.. :D

    ReplyDelete
  14. kalo saya sih engga muluk-muluk harus keliling dunia karena bisa keliling indonesia saja sudah bangga :D keragaman indonesia indah lho sob :)

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Kalau ditanya hal kayak di atas, aku akan jawab hal yang mirip-mirip kamu di atas.....
    dari dulu pengen punya perpustakaan pribadi, keliling dunia, dan nerbitin buku *apalagi buku nikah,,,, uhuk* dan pengen bisa main gitar .... rasanya keren aja kalau bsa gitar (pernah belajar sekali dan lupa lagi hmm)


    pengen jadi food blogger ngehits, food photographer, food stylis... dan kuliner keliling dunia serta beranak 4 akakakakaka. *maap curhat*




    salam kenaaaal!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya semoga impianmu segera tercapai ya kak :')

      Delete
  17. Gue juga pengin banget tuh punya perpustakaan pribadi. Mudah2an nanti bisa tercapai beneran. \(w)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha doa para penikmat buku selalu menyertaimu di X)

      Delete
  18. Untuk impian ketiga, kita sama tu mas.
    walaupun cewek aku pengen bget bisa gejreng-gejreng gitar dengan nada yg jelas.
    Bikin puisi, trus bacain puisi diiringi gitar dibawah terang bulan di malam hari..(ala2 cinta di AADC gt..) hahaha*apa iniii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha AADC2 aku belum nonton, jadi kagak paham kalo cerita soal begituan haha X)

      Delete
  19. Heh...gak semua cewek suka ngasih kode ya...contohnya aku. Wakakak

    Aku juga suka banget sama Here For You-nya Firehouse! Aaakkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha tapi kan rata2 cewek suka ngasih kode wkwkwk
      haha iya sama, dia juga suka lagunya firehouse yg here for you~

      Delete
  20. 2 minggu tanpa karya....:"} aku udah 6 bulan gabisa nulis fiksi wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah kamu yg sabar, dan terus berlatih kak X)

      Delete
  21. Tulisan macam apa ini? Kok nganu banget! HHAhaha
    Keren, Mas!
    aku juga punya cita-cita bikin buku nih..
    EH ini tulisan kejadian nyata ya, Mas? Kok macem romates-romantes gitu akhirannya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngahahah nganu gimana nur ? X)
      antara kejadian nyata dan kejadian fiksi itu tak jadi soal haha X)

      Delete
  22. Cita-cita aku saya tulis sendiri di blog saya, jadi berkunjung.

    ReplyDelete
  23. aaakkkk endingnya romantisss euuyy...
    smoga tercapai smua cita2nya ya gan... ^_^
    salam kenal

    ReplyDelete
  24. Kalilingdunia dan menulis buku (nikah) semoga yang ini lekasnterwujud ya

    ReplyDelete
  25. Waaaah, bagus nih mimpinya ditulis. Biar dibaca. Diaminkan banyak orng. Ntar kapan gitu, buka lg tulisan ini, ga nyangka aja satu perstu mimpi sudh tercapai!!!!


    Btw, Menulis buku (nikah) aku udah mas, aku mau nulis buku parenting sekarang. Hahh

    ReplyDelete
  26. Uhuk, asiknyaaa ngomong mimpi bersama org terkasih

    ReplyDelete
  27. Aaaakkkk, mimpi kita sama.. Aku juga pengen banget punya perpus sendiri di rumah, biar kalau anakku hobi baca :D

    ReplyDelete
  28. setiap orang pasti punya mimpi, dan harus pandai memilah mana mimpi mana ekspetasi khayala pribadi.

    well, salah satu impian sama nih punya perpus pribadi, rasanya adem lihat buku dijejerin banyak gitu berasa toko :D

    salah satu impian daku suatu hari nanti adalah punya rumah yang lantainya kaca bawahnya air *ini absurd atau khayalan semata karena suka banget sama air -_-* :D

    semangat terus mewujudkan mimpi fan, entah baca tulisan ini kok jadi inget tulisan kopi madu ya :D buat imajinasi jadi duhh romannya :D

    ReplyDelete
  29. Keliling dunia sambil bawa buku nikah ya, Fan? Hehe

    ReplyDelete
  30. Kita memiliki beberapa goals yang sama, tapi saat ini goal aku hanya bisa dapatin buku nikah.

    ReplyDelete
  31. Dan tatkala tangannya merengkuh diri, apakah fandy membalas nya?😂😂 ah aku mah baper di perumpamain romantis2 gini. Apalagi udh bawa2 mimpi masa depan.hmmm

    ReplyDelete
  32. Selain keliling dunia dan buku nikah (yang udah kecapai) sisanya sama euyy kepengennya. To be with you - Suka juga sama lagu Mr Big yang itu.

    Kafe Senja yang di purwokerto itu deket mana sih ?? Gue pernah nongkron di cofee shop yang suasanyanya lumayan di deket alun alun itu.

    ReplyDelete
  33. Shittt .. ga liat after credit nama cafe samaran --_-- ".

    Btw, beberapa kali berkunjung disini, gue suka sama diksi yang lu pake. Ga berbelit, tapi asik.

    ReplyDelete
  34. Sukaaa banget sama tulisannya! Karena beberapa wish list nya sama! Punya Perpustakaan pribadi! Traveling! Terbitin buku pribadi! :))

    Semoga semua wish list nya bisa tercapai ya! Aamiin

    ReplyDelete
  35. Ah... bikin baper banget yang menuliskan buku bersama2

    ReplyDelete
  36. Semoga kalau nanti kamu jadi keliling dunia, bukan cuma buat selfie, tapi buat memahami value di dunia itu sendiri :)

    ReplyDelete
  37. Semoga tercapai semua impiannya. Hidup tanpa impian ya bukan hidup. :-) Kalau kata Bung Karno Bermimpilah setinggi langit, kalaupun jatuh, tetap jatuh diantara bintang-bintang.

    ReplyDelete
  38. Keren-keren ib, goals ha. Semoga kecapai semua ya, kak. Dan goal yg bikin buku bareng, semoga masih dengan orang yang sama. Ahzek.

    Btw, teori Derrida itu apa, ya? 😂

    ReplyDelete
  39. Keren-keren ib, goals ha. Semoga kecapai semua ya, kak. Dan goal yg bikin buku bareng, semoga masih dengan orang yang sama. Ahzek.

    Btw, teori Derrida itu apa, ya? 😂

    ReplyDelete
  40. Emang filsuf jawa terkenal suka berputar-putar tidak langsung pada maksud dan tujuan ya? Haha :D
    Semoga goalsnya tercapai. Tapi itu beneran adegan pelukannya? Cieee... :p

    ReplyDelete
  41. enggak menulis sebuah buku nikah juga kali yaaaaa. hih

    ReplyDelete
  42. Makin mesra saja nih... makin kenal dan saling paham. Asyik... siap2 bikin buku nikah. Hahahaha.... (yg satu ini cukup bikin shock). Kupikir buku bestseller apa... gitu ternyata buku bestseller semua pasangan. Hahaha

    ReplyDelete
  43. Dan postingan ini nyadarin aku akan sesuatu, makasih kafand, you're good!

    ReplyDelete
  44. Keliling dunia & punya perpus, keren ni

    ReplyDelete
  45. Goalsnya semoga terwujud ya, fand... Kalau aku sekarang lagi pengin punya coffee shop yang di sana juga nyediain read corner, pasti asik banget.. XD

    ReplyDelete
  46. Jadi, siapakah dia itu? Hahaha.
    Btw, lucu nama kafenya; Kafe Senja :))

    ReplyDelete
  47. Semoga goalsnya kesampaian semua ya.
    Selamat udah menang :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Politik Kekerabatan : Studi Kasus Politik Dinasti di Indonesia