Fenomena Lidi-lidian

Setiap tren baru akan cepat mudah menyebar jika dihubungkan dengan anak muda. Tak peduli itu gaya hidup, game, makanan, tempat hits yang instagram-able, ataupun tentang sebutan-sebutan khas anak muda. Semua akan menyebar dengan begitu cepatnya.
  
https://onsizzle.com/i/ni-antic-ghelmyyah-pokoke-move-on-go-kiriman-helmy-1506889

Untuk urusan aplikasi permainan, game Pokemon GO lagi menjadi tren anak muda jaman sekarang. Tak peduli usia, tak peduli kalangan tua muda semuanya lagi heboh mendownload dan memainkannya. Tak peduli meski di Indonesia belum ada secara resmi, tapi banyak juga penggunanya. Bisa dilihat dimana-mana banyak orang yang sibuk mondar-mandir kesana kemari dan terpaku menatap layar gadgetnya, demi mencari monster pokemon. Tapi tulisan ini bukan membahas tentang Pokemon GO, tapi bahasan yang lain.


Perihal sebutan khas anak muda, istilah-istilah asing banyak bermunculan. Belum juga habis dengan fenomena cabe-cabean dan terong-terongan, anak muda jaman sekarang mulai dihebohkan dengan fenomena lidi-lidian. Jika kalian mengira lidi-lidian itu sejenis makanan, maka kalian tak sendiri, aku pun awalnya mengira makanan juga. Lidi-lidian makanan jaman SD yang berbentuk lidi dengan rasa yang beraneka rupa. Tapi ternyata bukan.

Fenomena lidi-lidian adalah fenomena yang melanda anak muda, khususnya di kalangan para remaja wanita jaman sekarang. Fenomena yang mana setiap remaja wanita memiliki obsesi untuk memiliki tubuh yang kurus, meskipun sejatinya sudah kurus namun tetap saja menginginkan tubuh yang lebih kurus lagi. Hal ini dilakukan agar terlihat langsing, dan menarik, karena menurut mereka salah satu kriteria untuk terlihat menarik dan cantik adalah memiliki tubuh yang langsing dan kurus.

Seperti yang saya kutip dari situs Liputan6.com, Istilah ini ramai diperbincangkan di facebooknya Meme Comic Indonesia. Pada suatu waktu yang lalu, MCI mengunggah sebuah gambar meme yang menjelaskan apa itu lidi-lidian. Meme tersebut berbentuk tanya jawab. Dalam meme yang diunggah itu menyebutkan, "Udah gak jaman cabe-cabean, sekarang jamannga lidi-lidian. Dimana seorang cewek obsesi punya badan kurus padahal menurut gue tuh badan dia udah kayak lidi iqra tapi masih diet ketat dan ggep, “ih berat gue 40 kg gendut tau” dan akhirnya dia tetap berusaha bikin badannya sekecil lidi. lidi-lidian. – Vivien.” (Liputan6.com).

http://kabarini.com/citizen6/read/2561515/lidi-lidian-gaya-hidup-abg-yang-kekinian

Fenomena lidi-lidian menurut saya itu sama saja menyiksa diri sendiri. Demi memiliki tubuh kurus sekurus lidi (sesuai keinginan mereka), mereka rela menderita. Berat badan memang menjadi masalah bagi setiap remaja wanita. Mereka begitu khawatir dengan berat badannya, sampai-sampai ada yang rela berpuasa dan melakukan diet dengan cara yang tak biasa agar memiliki berat badan yang mereka kira itu ideal (kurus dan langsing). Tak jarang, demi menjaga berat badan, banyak yang rela kelaparan, menahan makan. Dan jika tak sanggup merasakan perihnya menahan lapar, banyak yang memilih jalan pintas, jika mereka punya uang berlebih maka akan lebih memilih untuk melakukan sedot lemak, dan bagi mereka yang tak punya uang memilih mengkonsumsi obat-obat diet, baik yang legal ataupun ilegal. Seolah tak peduli lagi akan efek samping dari setiap obat-obatan diet yang mereka konsumsi.

Menurut saya, fenomena lidi-lidian (hampir) tak beda jauh dengan anoreksia yang mana para remaja wanita tersebut memiliki standar tubuh (yang menurutnya) ideal, biasanya langsing dan kurus. Namun cenderung kelewat ekstrim dalam menentukan standar tubuh. Bagi kalian yang menganggap tubuhnya terlalu gemuk padahal aslinya kurus dan mengabaikan kesehatan diri kalian, harap hati-hati karena itu bisa saja gejala awal anoreksia.

Seperti yang saya kutip dari dokter.id, “Anoreksia adalah penyakit kronis ketiga paling umum yang terjadi pada remaja. Pada masa puber di saat inilah seorang remaja pada umumnya mulai menetapkan standar tubuh ideal mereka sendiri, biasanya langsing dan cenderung kurus. Anoreksia adalah gangguan makan dimana seseorang memiliki rasa takut yang berlebih akan kenaikan berat badan. Hal ini bukan sekedar masalah dengan makanan, karena cenderung membuat seseorang berpikir atau membatasi makanan yang akan dikonsumsi meskipun badan mereka sudah kurus.” (dokter.id) 
http://www.hercampus.com/health/mental-health/open-letter-body-i-destroyed-through-anorexia

Menjadi cantik memang idaman setiap wanita, namun memiliki tubuh yang kurus langsing seolah tetap jadi yang utama. Terkadang banyak pula yang rela menghalalkan segala cara untuk menjadi cantik dan memiliki tubuh kurus langsing. Sekiranya ujar-ujar “Beauty is pain” itu seolah menjadi nyata. Demi menjadi cantik mereka rela melakukan segalanya. Mimpi dari setiap wanita di dunia adalah memiliki tubuh yang tetap langsing meskipun makan makanan dengan porsi setan.

Bagi kalangan remaja wanita saat ini, Fenonema Lidi-lidian seolah menjadi gaya hidup. Bagi mereka menjadi cantik itu tak hanya soal wajah cantik, namun juga memiliki tubuh kurus langsing. Tidak jarang, terkadang banyak yang terlalu langsing dan cenderung kurus. Hal itu sebenarnya justru akan membuat para lelaki (seperti saya) beranggapan bahwa wanita itu kurang bahagia, dan kurang makan. Memiliki tubuh kurus seperti lidi niatnya untuk menarik hati para lelaki, yang ada malah membuat lelaki kehilangan rasa untuk mendekatinya.

Dan, saran saya untuk para remaja wanita alangkah baiknya memiliki prinsip dan pemikiran terbuka perihal gaya hidup yang akan kalian jalani. Jangan mudah terpengaruh gaya hidup teman ataupun pacar. Sekiranya jika gaya hidup yang menyiksamu buat apa kamu ikuti selalu, buat apa punya tubuh langsing kurus tapi tidak bahagia?

https://www.tumblr.com/search/wanita%20bahagia

Jika tujuan utama memiliki tubuh kurus langsing seperti lidi hanya untuk menarik mata lelaki, sebaiknya harap dipikirkan kembali. Karena menurut saya, wanita yang cenderung kurus akan jarang dipilih lelaki, kenapa? Karena lelaki akan lebih memilih wanita yang memiliki tubuh proporsional, sedikit gemuk, dan montok. Tubuh proporsional dan sedikit gemuk akan mencerminkan bahwa wanita itu sehat dan bahagia. Jujur saja, saya pun akan lebih memilih wanita yang memiliki tubuh yang sedikit gemuk dan montok, dibandingkan memilih wanita yang memiliki tubuh langsing tapi kurus kering. 
Tentu akan lebih menyenangkan punya kekasih yang sedikit gemuk, yang nyaman untuk dipeluk dan empuk, daripada punya kekasih sekurus lidi yang ketika dipeluk malah takut tulangnya akan remuk.
Sesungguhnya, kalian para wanita jauh lebih menarik memiliki tubuh yang proposional dan sedikit berisi dibandingkan memiliki tubuh yang kurus bagaikan lidi. Jadilah wanita yang sehat dan bahagia, jangan biarkan gaya hidup membuatmu menderita. Sesungguhnya, Sang Pencipta tidak suka kepada orang yang suka menyiksa dirinya.

http://www.adamjoyopranoto.com/2015/12/rahasia-wanita-bahagia.html

Jadi, Syukuri apa yang kamu punya, dan jangan lupa berbahagia.

Tulisan ini cuma sebatas opini pribadi, jangan diambil hati apalagi diambil jadi suami, kalau bisa perkenalan dulu, urusan jadian atau tidak itu soal waktu. 

Sumber Referensi:

Comments

  1. Ya ampun. Fenomena lidi lidian? terus aku apa kabar nih hahaha . kadang merasa agak gimana gitu klo foto ama lidi lidian :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha ya kalo lidi-lidian yang kamu maksud itu "lidi-lidian" pake tanda kutip sih gak masalah bang, kan bisa juga buat temen wisata kulineran biar agak gemukan haha

      Delete
  2. Hhaha jujur saya baru tahu tantang fenomena baru ini yaitu lidi-lidian yang mana wanita mendambakan tubuh sekurus-kurusnya :D hhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. maka berbahagialah telah membaca tulisan ini mas hahaha

      Delete
  3. Hahahaa... Jadi inget pas hari kemaren nih Bro.
    Kemaren ada yg jualan alat kesehatan yg konon berguna buat ngurusin badan datang ke tempat kerjaku... harganya kalau tidak salah satu setengah jutaan.
    wow, tidak ada satu jam, itu alat laku 13 !!!!!!
    cash bro!

    ReplyDelete
    Replies
    1. luar biasa, dalam sekejap laku 13 buah.
      emang ya kalo soal urusan berat badan, para wanita rela membeli alat kesehatan yang harganya mahal :')

      Delete
  4. kirain lidi jajanan SD ternyata...
    tapi iya si, perempuan sekarang seakan berlomba untuk selalu terlihat kurus, kalo gendut kayanya aib banget, gatau deh, mungkin kelak akan datang masanya perempuan berlombba-lomba gemuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha ya semoga saja tidak ada juga dib gaya hidup yg kayak gitu..
      Tapi di negara Mauritania dan Ethiopia di Afrika sana, kriteria wanita cantik justru mereka yang memiliki badan gendut, katanya sebagai bentuk kesuburan hahaha

      Delete
  5. saya kira lidi apaan ini tadi mas

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. bukan hahahaa kalo lidi-lidian mah makanan andalan jaman SD :D

      Delete
  7. Aku ngerasa nyessss pas baca cowok suka sama cewek yang badannya montok. Aku nggak montok :((((

    Hmm. Fenomena ini meresahkan sih. Sama menyebalkan juga. Ada tuh temenku yang koar-koar pengen kurus, katanya mau kurus kayak aku. Tapi aku mikirnya dia itu nggak beneran pengen, tapi sarkas. Sebenarnya sedih deh punya badan kurus itu. Beneran. Trust me, it works.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ya diperbanyak makan makanan yang bergizi lagi cha, biar makin sehat dan bahagia..
      Haha yg penting punya badan proposional, gak gendut dan gak kurus..

      Delete
  8. Aku merasa tersindir :(((
    Waktu SMP, aku pernah kayak diolok gitu punya badan bongsor padahal tubuh aku proporsional, cuman kalo pake kayak rumus gitu, badan aku mendekati gemuk. Akhirnya aku diet ringan aja.
    Nggak, aku bukan lidi-lidian. Masih proporsional :(
    Iya ih tau, banyak tau orang yang kurus mau gemuk eh yang gemuk maunya kurus huaaaa .-.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ya dipertahanin aja tuh badan yg proposional wkwkw
      Iya betul, jaman sekarang memang aneh ya, bagi seorang wanita memiliki tubuh langsing adalah idaman. Namun memiliki tubuh yang tetap langsing meskipun makannya banyak itu mimpi bagi setiap wanita..

      Sebenarnya gak usah kuatir punya badan "agak" gemuk, asalkan sehat dan bahagia, maka semua baik baik saja :))))

      Delete
  9. Yang kurus kayak gue aja maunya gemuk, lho. Lah mereka yang udah cukup malah pengen kekurangan (kurus). Tapi nggak papalah, yang penting bahagia. Bisa selap-selip di antrean.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi tetep aja jika hanya untuk menyiksa diri kita, apa gunanya rob hahaha
      Tapi entah kenapa mereka rela rela saja, demi gaya hidup katanya

      Delete
  10. Hahaha. Pengen ketawa geli aja. Ternyata gue kudet banget. Gue kira malah bahas makanan. Atau foilosofi lidi gitu. GUE ZONK!!!

    Owalah... Sekarang kok makin aneh2 aja ya. Udah kurus masih pengen kurus. Kalo kek gue udah gemuk pengen kurus. Wajar.. Soalnya mulai susah nyari ukuran baju. :'(

    ReplyDelete
  11. Hati-hati, liat jalan... kalo gak nanti kecemplung got kek spupu gue... >_< Eew...

    ReplyDelete
  12. Owh.. Gue kira ini hampir sama dengan fenomena cabe-cabean.

    ReplyDelete
  13. duh, saya malah pingin gemukan :"D
    itu beneran ada fenomena lidi-lidian? baru pertama kali denger. hihihi

    ReplyDelete
  14. ah, jangan sampai menyiksa diri dong. yang seimbang aja ya

    ReplyDelete
  15. Nah iya nih gue juga baru denger soal lidi-lidian, ada aja yee bahasa yang jadi nge-bumming gitu. Untungan badan gue udah kurus malah pingin gue gedein dikit, terlalu kurus juga gak bagus kayak ngidap penyakit busung, kurus isinya tulang doang ihhh seremmm >.<

    willynana.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. Hmmm, bener nih. Banyak banget meme tentang lidi-lidian. Awalnya bingung sama istilah yang satu itu, kirain lidi apaan ternyata oh ternyata cewek-cewek yang terobsesi jadi langsing sampe hampir kering. Aku pengen gendut, yang lain malah nyiksa diri pengen kurus. Hadeh :'(

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Salahnya Memilih Diam ?

Sebuah Cerita, Tentang Secangkir Kopi

Politik Kekerabatan : Studi Kasus Politik Dinasti di Indonesia