Menulislah, Seolah-olah Besok Kamu akan Melupakannya

Sunday, October 8, 2017

Tidak Sesuai Harapan

Suatu sore, aku berjalan jauh memutar, melingkari setiap sudut kota yang biasa aku lewati setiap pulang kerja, lalu berkelok menyasar menembus jalanan lain. Sengaja menghindar, menjauh dari keramaian, memilih berjalan sendiri, memilih lorong yang sepi. Sekiranya di lorong sepi aku merasa sendiri, namun nyatanya aku tak sendiri. Dari kejauhan aku melihat senja yang bertopang dagu sendiri. Melebarkan senyum simpulnya, mengharapkan balas jasa atas setiap keindahannya. Tapi terkadang hanya pertanyaan sama yang jadi balasannya, “Mampukah aku bertahan?”

Ada seorang laki-laki tua, terduduk sendiri di pojokan jalan, yang perlahan menyepi berkawan sepi. Kedua tangan tuanya, begitu lincah menari di atas lembar putih kertasnya. Menggambar sesuatu untuk hadiah perpisahan anak kecilnya, menggambar keindahan senja yang terakhir katanya, senja terakhir sebelum waktu penghakiman tiba. Penghakiman atas kesalahan yang tidak pernah dilakukannya.
Tapi apa harus begitu?. Kenapa tetap menerimanya?” begitu tanyaku.
Mungkin alam semesta sedang berbaik hati pada saya, memberi keringanan hukuman atas rasa sakit yang saya alami selama ini.” Begitu jawabnya.
Rasa sakit apa? Aku tak mengerti, dia pun hanya tersenyum penuh arti.


Tanpa terasa hari telah berganti malam, dan langkah kakiku seketika tersuruk terhenti di kedai kopi di tengah kota, tanpa ragu, aku melangkah masuk dan memesan secangkir kopi hitam tanpa gula. Kulihat kondisi di dalamnya hampir sama seperti kedai kopi pada umumnya, yang menjadi pembeda adalah meja pojok di dekat jendela. Ada seorang lelaki muda yang duduk sendirian. Secangkir kopi panas tersaji di mejanya, belum disentuhnya. Dibiarkan mengepul, dibiarkan aromanya menguar ke udara, menambah syahdu, seperti tatapan matanya, yang selalu tertuju ke arah jalan raya, seolah menanti seseorang yang tak kunjung datang, menemuinya.

Tak berapa lama, lonceng pintu berbunyi, tanda ada pengunjung yang masuk ke kedai kopi. Seorang wanita muda berkacamata, dengan rambut lurus sedada, berkemeja merah muda, dengan rok span sebatas paha, seperti sehabis pulang kerja. Matanya menyebar ke segala penjuru kedai kopi, seolah mencari sesuatu, dan ketika ketemu apa yang dia cari, seketika terulas senyum manis di wajahnya. Tatapan matanya berbinar-binar seperti bentuk keindahan lainnya. Seolah ingin menandingi keindahan yang ditawarkan senyumannya.

Dalam beberapa detik saja, dia kini sudah berada di depan lelaki muda di kursi pojok dekat jendela. Sang lelaki tidak menyadari keberadaannya, matanya tetap terpaku pada jalan raya. Sekali tepuk pundaknya, dia terlonjak kaget seperti disadarkan dari tidurnya. Seolah tidak menyangka bahwa dia bertemu dengan wanitanya tatkala dia sedang menanti kekasih yang lainnya. Tanpa diminta, dikecupnya pipi kiri oleh sang wanita. Tanpa membalas, hanya tersenyum getir tak percaya, bahwa dirinya bertemu dengan sang wanita, di tempat biasa dia berkencan dengan kekasih yang lainnya.

Tak berselang lama, sang wanita pamit sebentar ke kamar mandi, mau merias ulang make-up, katanya. Ah apakah wanita pada umumnya seperti itu? sudah cantik pun tetap saja merias mukanya dengan beraneka rupa kosmetik yang tak pernah aku mengerti. Dan benar saja, ketika sang wanita sedang di kamar mandi, Kekasih lainnya datang dan dia langsung main peluk saja, cium pipi kanan cium pipi kiri, seolah sudah lama tak bertemu dengan sang lelaki. Raut muka sang lelaki terlihat berbeda sekali dibanding saat dia bertemu dengan Sang Wanita sebelumnya. Lebih berbinar, lebih nampak hidup, terlihat seperti telaga yang terkena sinar matahari pertama. Kecemerlangannya begitu terlihat. Bajingan yang beruntung! Sialan betul!

Wah bakalan ada perang dunia ketiga, begitu pikirku.

Lalu seketika mereka terlibat obrolan yang mengasyikkan, dengan sesekali diselingi canda tawa, pelukan, ciuman di pipi, kadang menyasar ke bibir. Wah sialan betul, bercumbu di depan umum, untung cuma aku saja yang lihat. Lumayan hiburan. Bebas bermesraan sebelum kena tamparan, aduhai indah nian. Dan mungkin, semesta sedang menggelapkan pikiran si Lelaki, dia seolah terlupa perihal keberadaan sang wanitanya yang sedang di kamar mandi. Entah kenapa dia tidak segera pergi dari tempat itu, dan memilih melanjutkan obrolan penuh pelukan mesra dengan wanita yang satunya. Muka terlihat ala kadarnya, tapi selera wanitanya berkelas semua. Aduhai betul.

Dan benar saja, seperti yang sudah aku duga, apakah perang dunia ketiga akhirnya akan tercipta juga. Dimulai dari teguran halus, seolah-olah menawarkan daftar menu, sang wanita kini telah kembali di meja sang lelaki, dengan tatapan penuh dengan tidak percaya, namun uniknya di bibirnya terselip senyuman aneh, yang aku sendiri tak tahu artinya. Dan reaksi sang lelaki, seperti yang kalian duga, jumpalitan kesana kemari, menghapus bekas lipstik di pipi kiri, seperti adegan komedi, kekasih lainnya buru-buru membereskan diri, seolah-olah bertingkah seperti sales marketing produk khusus lelaki, bersalaman erat, lalu pamit undur diri.


Setelah tahu bagaimana akhir sebuah drama yang ada di depan mata, yang ternyata tidak sesuai dengan apa yang aku harapan. Aku lebih memilih beranjak pergi. Tanpa pernah tahu apa yang akan dilakukan Sang Wanita itu kepada Si Lelaki. Entah akan menampar lelakinya atau mengejar selingkuhan lelakinya, sungguh aku tidak peduli.

Karawang, 7 Oktober 2017.

23 comments:

  1. Duh, kasihan itu perempuan yang pertama

    ReplyDelete
  2. Aduh tanggung ceritanya maunya si laki2 itu ditabok endingnya, memainkan wanita seenaknya. Tapi kelihatannya si selingkuhannya cukup sadar diri posisinya sbgai apa

    ReplyDelete
  3. Kalo aku gk suka dinanti2 penyelesaian maslahny,wanita yg k2 gk aku biarin pergi,pokoknya mlam itu juga hrus selesai.

    ReplyDelete
  4. Hmm, aku anaknya lebih suka menyelesaikan sesuatu yg langsung kelar, biar gak bertele2. Jadi menyesalkan kepergian dari wanita yang kedua. Hiks.

    ReplyDelete
  5. hahahaa....
    bikin ngikik ih lelaki macam itu

    aku kira tidak sesuai harapan tentang apa
    eh ternyataaa, dugaan yang salah sehingga si tokoh ngerasa kurang seru
    hahaha

    ReplyDelete
  6. Aduh nanggung ih ceritanya. Si perempuan kedua kok bodoh ya mau dengan lelaki yang sudah ada pasangannya 😌 *kusebel

    ReplyDelete
  7. Malah jadi kepo baca paragraf terakhir. Aku pengen tau! hehe..

    ReplyDelete
  8. dari ceritanya si perempuan kedua tahu dong kalau si pria sudah punya pasangan, masih aja mau nempal nempal, ga tahu diri amat, aku yang baca aja jadi emosi

    ReplyDelete
  9. Ingin membuat plot twist kalau sang wanita juga sudah jengah dengan sang lelaki, menatap penuh syukur dengan pada akhirnya hubungan mereka berakhir. Bhak XD

    ReplyDelete
  10. Lelaki yang bikin geregetan
    Kalau aku sudah aku iket di pohon trembesi

    ReplyDelete
  11. mungkin si perempuan satu lagi di dalam kamar mandi asyik WA dgn pria lain
    hahahaha
    kejadian spt ini mmg ada di dunia nyata
    selingkuh..diselingkuhi :(

    ReplyDelete
  12. Penasaran iihhhh, gimana kelanjutannya? Kagok ah

    ReplyDelete
  13. laki lakinya pasti cakep atau kaya nih. soalnya seleranya wanita berkelas. jaman now semua bisa kejadian ye. terus setelah melihat mereka berasyik masyuk mas nya ngapain? mengejar wanita kedua?

    ReplyDelete
  14. Kukasih ending deh
    Ternyata ada wanita lain lagi yang datang. Mereka bertiga akhirnya marah sama si lelaki dan meninggalkannya sendiri

    Udah, jd cewek gak perlu nangis2 di depan cwok yg selingkuh

    #MaapEmosi

    ReplyDelete
  15. Kukasih ending deh
    Ternyata ada wanita lain lagi yang datang. Mereka bertiga akhirnya marah sama si lelaki dan meninggalkannya sendiri

    Udah, jd cewek gak perlu nangis2 di depan cwok yg selingkuh

    #MaapEmosi

    ReplyDelete
  16. Emosi bacanya. Selingkuh & selingkuhan kok dipelihara.

    ReplyDelete
  17. Aah ... lagi-lagi ngegantung ceritanya...(kayak jemuran hihihi)
    Setiap mampir di sini, pasti penasaran dengan akhir ceritanya.
    Di akhir tulisan, saya kira bakalan ada adegan cakar-cakaran. Ternyata ...

    ReplyDelete
  18. Nggantung banget sih. Huhuhu.

    Gemes banget. Kalo aku yang jadi salah satu perempuannya, nggak pake nunggu, tampar saja itu pipi dan minta penyelesaian sekarang juga. Huks

    ReplyDelete
  19. aku kesel bacanya. 😂😂

    Tapi ya, bisa jadi... Banyak plot twist sih. Hoh.



    Di kamar mandi juga bisa jadi ngapa2in.

    Dasar cah insekyur.

    ReplyDelete
  20. Memang di dunia ini tak ada yang sempurna, hingga satu wanita saja tak kan cukup bagimu...

    Heuu~~

    ReplyDelete
  21. Berengzek. Kirain twist-nya si cewek yg dari toilet datang terus mencumbu si cewek yg baru datang. Karena ternyata mereka bertiga pasangan threesome.

    Tenyata lebih lagi dengan memutuskan si pencerita pulang sebelum klimaks.. Tae

    ReplyDelete